Review realme Band: Gelang Kebugaran Murah dengan Fitur yang Memadai untuk Gaya Hidup Sehat

3.5

Setiap pabrikan smartphone kini melebarkan sayapnya ke perangkat wearable. realme juga tidak ingin ketinggalan dengan tren ini. Buktinya, ekosistem perangkat wearable dari realme di Indonesia terus bertambah. Setelah meluncurkan realme Bud untuk bersaing di segmen earbud nirkabel, realme Band kini menjadi senjata realme untuk bertarung di segmen gelang kebugaran.

svg%3E

Gelang kebugaran perdana realme ini membawa sederetan fitur kekinian dan dijual dengan harga yang murah. Strategi yang cukup jitu untuk menarik minat konsumen di Indonesia. Apakah realme Band mampu bersaing dan layak untuk dibeli? Simak ulasannya sebagai berikut..

Desain realme Band

Desain realme Band relatif standar. Tidak ada yang istimewa, mirip seperti kebanyakan gelang kebugaran pada umumnya dari pabrikan lain. Tapi, perlu diapresiasi rancangannya ringan, serta sudah tahan air dan debu dengan rating IP68. Jadi, bisa menemani Anda olahraga di kondisi cuaca apapun dan tidak perlu repot melepasnya saat cuci tangan atau mandi.

svg%3E

realme Band membawa layar dengan ukuran 0.96 inci yang resolusinya 80 x 160 pixel. Cukup besar dan jelas untuk menampilkan waktu, semua mode yang dibawanya dan notifikasi yang masuk saat terhubung ke smartphone. Untunglah layarnya tersebut cukup sedap dipandang karena sudah berwarna.

svg%3E

Setidaknya ada dua kekurangan yang kami temukan di layarnya. Pertama, layarnya Di luar ruangan agak sulit terlihat saat kondisi pencahayaan yang sangat terang. Kekurangan kedua layarnya tersebut belum mendukung fitur sentuhan.

Tanpa fitur sentuhan navigasi realme Band mengandalkan sebuah tombol kapasitif yang ada di bagian bawah layarnya. Tombol ini cukup responsif dengan sentuhan jari. Untuk berpindah mode bisa dengan mengetuk atau Tap tombol tersebut.

Untuk masuk ke mode yang dipilih bisa dengan menekan tombolnya beberapa saat. Patut diakui tanpa dukungan layar sentuh menjadikan navigasi di realme Band ini agak kurang nyaman. Butuh waktu untuk beradaptasi agar terbiasa.

svg%3E

Beralih ke bagian strap, realme Band hadir dengan strap yang mengusung material karet silikon. Strapnya ini bisa dilepas pasang. Pilihan warna strap yang beragam menjadi salah satu keunggulannya. Walau begitu, kualitas material karet strap tersebut tergolong standar di kelas harganya. Cukup lentur dan relatif nyaman digunakan sehari-hari atau berolahraga. Bagi sebagian pengguna yang kulitnya sensitif seperti kami mungkin saja bisa merasakan sensasi gatal dan kemerahan saat menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

svg%3E

Untuk isi ulang baterai, realme Band tidak menyertakan kabel USB untuk isi ulang baterainya. Gelang kebugaran ini mengusung konsep bebas kabel. Lebih praktis dan tidak merepotkan. Untuk isi ulang baterainya, hanya perlu melepas strap bagian atas dan colok ke port USB di PC atau laptop.

Fitur realme Band

svg%3E
Sebagai gelang kebugaran realme Band membawa fitur yang cukup lengkap dan fungsional. Untuk mode olahraga realme Band menyediakan 9 mode olahraga yang terdiri dari Walking, Cycling, Workout, Cricket, Running, Trail Hike, Mountain Hike, Spinning dan Yoga. Mode Olahraga yang dibawanya memang relatif sedikit. Namun, menurut kami sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan mayoritas pengguna di Indonesia yang umumnya berolahraga jalan santai, lari, fitness, sepeda dan Yoga.

Meski membawa 9 mode olahraga, Anda hanya bisa memilih 3 mode Olahraga saja untuk ditampilkan di realme Band. Pemilihan mode olahraga yang ingin ditampilkan bisa melalui aplikasinya, realme Link. Untuk mendukung kegiatan olahraga realme Band juga telah membawa sensor pemantau detak jantung. Tapi, cukup disayangkan belum dilengkapi modul GPS. Sensor pemantau detak jantungnya bisa memantau detak jantung Anda selama 24 jam. Interval pelacakannya juga bisa diatur mulai dari per 5 menit hingga per 30 menit. Jadi, bisa menghemat penggunaan baterai.

realme Band juga menawarkan empat fungsi tambahan seperti menampilkan informasi Cuaca, kendali musik, Stop Watch dan Find Phone. Dari keempat fungsi tambahan tersebut Anda hanya bisa memilih dua fungsi yang bisa ditampilkan di realme Band.

Untuk fitur lain, realme Band mendukung fitur notifikasi dari smartphone. Notifkasi dari aplikasi Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter, TikTok, YouTube, Messenger, dan SMS yang masuk ke smartphone bisa ditampilkan oleh realme Band. realme Band juga menyediakan fitur pengingat untuk bergerak, pengingat minum air, tersedia mode Landscape untuk mengubah tampilannya dari vertikal menjadi horisontal, fitur raise to wake untuk mengaktifkan layar saat tangan digerakkan, bisa otomatis mendeteksi olahraga yang dilakukan dan mengaktifkan mode olahraga tersebut, melacak pola tidur dan tersedia lima opsi Watch Face yang bisa dipilih sesuai selera.

Performa realme Band

Selama menggunakan realme Band kami cukup puas dengan gelang kebugaran ini. Saat digunakan di tiap mode olahraganya realme Band bisa menampilkan beberapa informasi seperti jumlah langkah kaki, jarak tempuh, kalori yang terbakar dan detak jantung. Cukup memadai sebagai teman olahraga sehari-hari.

Untuk menghitung jumlah langkah kaki, seperti kebanyakan gelang kebugaran lain penghitungannya tidak terlalu akurat karena saat mengendarai motor atau mobil terkadang masih ikut terhitung. Sementara, penghitungan jarak tempuh relatif cukup akurat. Semua data aktivitas yang Anda lakukan kemudian bisa ditampilkan lewat aplikasinya, realme Link. Meski kurang akurat data-data yang dikumpulkan dan ditampilkan di realme Link sudah cukup informatif. Sangat bisa dijadikan motivasi untuk selalu aktif bergerak dan memantau perkembangan olahraga yang dilakukan.

svg%3E

realme Band juga bisa memantau pola tidur pengguna dan menginformasikan kualitas tidur Anda. Saat diajak tidur realme Band tetap akan memantau detak jantung. Walau begitu, pelacakan pola tidur di realme Band menurut kami masih kurang konsisten. Pasalnya, terkadang realme Band gagal melacak pola tidur dan menganggap pengguna tidur saat sedang diam atau tidak melakukan aktivitas apapun.

Hal lain yang menurut kami perlu ditingkatkan adalah respon realme Band yang agak lambat. Ini cukup terasa saat fitur raise to wake diaktifkan. Saat tangan sudah di angkat layarnya tidak secara otomatis aktif dan terasa ada sedikit jeda. Fitur deteksi olahraga otomatisnya juga kurang responsif. Selain itu, realme Band juga tidak bisa mendukung penggunaan aplikasi olahraga pihak ketiga yang umum digunakan seperti misalnya Strava. realme Band hanya memungkinkan untuk berbagi data ke Google Fit.
svg%3E

Satu fitur yang menurut kami wajib diacungi jempol adalah sensor detak jantungnya. Menurut realme, realme Band memang hadir dengan sensor detak jantung yang bisa memonitor secara real-time dan diklaim punya presisi tinggi. Hal ini pun kami coba buktikan dengan pembanding jam tangan pintar Apple Watch, Fitbit Versa, dan Huawei Watch GT2e yang kami miliki. realme Band terbukti bisa menampilkan informasi detak jantung dengan selisih akurasi sekitar 1 hingga 2 poin saja jika dibandingkan semua jam tangan pintar tersebut.

Baterai realme Band

Untuk asupan dayanya realme Band ditenagai baterai 90 mAh yang diklaim bisa menyala hingga 10 hari dengan sensor detak jantung aktif. Dari pengujian kami, realme Band bisa bertahan hingga sekitar 7 hari saat digunakan sehari-hari dan sesekali berolahraga. Cukup tahan lama dan tidak perlu repot isi ulang baterainya setiap hari.

Kesimpulan

realme Band memang cukup menarik di kelas harganya yang ada di kisaran 399 ribu Rupiah. Fitur yang dibawanya tergolong lengkap termasuk tahan debu dan air, sensor pemantau detak jantung dan baterai yang cukup tahan lama. Beberapa kekurangannya seperti layar yang sulit terlihat di kondisi cahaya yang sangat terang, pelacakan pola tidur yang kurang konsisten dan kinerja yang kurang responsif, menurut kami masih bisa dimaklumi mengingat ini adalah gelang kebugaran perdana dari realme. Kendati demikian, fiturnya yang lain cukup fungsional dan mode olahraga yang dibawanya juga sudah sangat cukup untuk mendukung aktivitas olahraga rata-rata orang Indonesia pada umumnya. realme Band bisa dipertimbangkan jika mengincar gelang kebugaran murah dengan fitur-fitur yang memadai untuk memulai perjalanan gaya hidup sehat Anda.

Yang canggih:
+ rancangan ringan, tahan air dan debu
+ Baterai tahan lama
+ Baterai bisa diisi ulang tanpa perlu kabel
+ Strap bisa dilepas pasang
+ Warna strap beragam
+ Fitur reminder dan notifikasi fungsional
+ Tersedia mode landscape
+ Sensor detak jantung akurat
+ Mode olahraga relatif lengkap
+ Aplikasi realme Link cukup informatif

Yang kurang:
– Kualitas material strap standar
Watch Face terbatas
– Respon agak lambat
– Pelacakan pola tidur kurang konsisten
– Layar sulit terlihat di kondisi yang sangat terang
– Belum dilengkapi layar sentuh

realme Band bisa dipertimbangkan jika mengincar gelang kebugaran murah dengan fitur-fitur yang memadai untuk memulai perjalanan gaya hidup sehat Anda.
3.5
Verified by MonsterInsights