iPadOS 14: Desain Lebih Fresh, Dibekali Scribble untuk Apple Pencil

Bersama dengan pengumuman iOS 14, melalui ajang WWDC 2020 Apple juga memperkenalkan sistem operasi terbarunya yang dirancang khusus untuk iPad, yakni iPadOS 14. Bukan cuma tampil lebih fresh, iPadOS 14 memiliki fitur baru yang amat menarik misalnya Scribble.

Fitur baru iPadOS 14

svg%3E

Menurut Apple, iPadOS 14 hadir dengan desain yang lebih padat dengan memaksimalkan ruang ekstra pada layar. Pada panggilan telepon dan FaceTime misalnya. iPadOS 14 akan menampilkannya sperti banner yang tidak memenuhi seluruh layar. Dengan begitu, pengguna akan lebih mudah menerima panggilan tersebut atau melanjutkan pekerjaannya.

iPadOS 14 memiliki kemampuan pencarian yang lebih baik. Pengguna bisa menemukan apapun yang mereka butuhkan dengan mudah, seperti aplikasi, kontak, file, maupun jawaban dari pertanyaan standar tentang seseorang atau tempat tertentu. Proses pencarian pun bisa dimulai dari mana saja. Pengguna tidak perlu meninggalkan aplikasi yang sedang mereka buka.

svg%3E

Sidebar pada iPadOS 14 juga tampil beda. Pengguna akan menemukan banyak hal di sini, termasuk Photos, Files, Notes, Calendar, dan Apple Music dengan navigasi yang lebih mudah di satu tempat. Sama seperti iOS 14, widget akan menampilkan informasi yang lebih banyak dan ukurannya juga bisa diatur.

Yang paling menggiurkan adalah Scribble yang akan memaksimalkan kemampuan Apple Pencil. Lewat fitur baru ini, pengguna bisa menulis dari mana saja dan juga bisa diubah ke dalam format teks digital, sehingga membuat pekerjaan seperti membalas pesan atau browsing dengan Safari menjadi lebih menyenangkan.

Tidak ketinggalan, iPadOS 14 dibekali ARKit 4 dengan Depth API yang memungkinkan developer untuk mengakses informasi terkait kedalaman ruang yang ditangkap LiDAR Scanner di iPar Pro dengan lebih presisi. Nanti informasi tersebut bisa digunakan untuk memaksimalkan aplikasi mereka, contohnya mengukur tinggi dan lebar tubuh seseorang.

svg%3E

Tanggal rilis iPadOS 14

Apple menjadwalkan iPadOS 14 akan dirilis bersamaan dengan iOS 14, yakni pada September 2020 mendatang. Apple memastikan tablet mereka yang kompatibel dengan OS baru ini antara lain iPad Air 2 atau yang lebih tinggi, semua model iPad Pro, iPad gen 5 atau yang lebih tinggi, dan iPad mini 4 atau yang lebih tinggi.

Verified by MonsterInsights