Apple WatchOS 7: Dibekali Sleep Mode dan Fitur Pendeteksi Cuci Tangan

Masih dari ajang WWDC 2020, Apple juga mengumumkan kehadiran WatchOS 7, sistem operasi versi terkini yang ditujukan khusus untuk jam tangan pintar mereka, Apple Watch. Salah satu kemampuan terbaru yang dibawa oleh WatchOS 7 adalah fitur untuk memantau waktu tidur.

Fitur WatchOS 7

svg%3E

Apple menjelaskan bahwa WatchOS 7 dibekali Sleep Mode yang dapat mendeteksi waktu tidur penggunanya, lengkap dengan rangkuman informasi rutinitas tidur selama sepekan terakhir. Ketika Sleep Mode akitf, Apple Watch secara otomatis mengaktifkan mode Do Not Disturb dan menurunkan tingkat kecerahan layar menjadi lebih gelap.

Tentunya pengguna juga bisa mengatur kapan Sleep Mode aktif dan jam berapa mereka ingin bangun. Ada pula fitur alarm untuk membantu penggunanya bangun tidur tepat waktu di pagi hari. Jika baterai pada Apple Watch terdeteksi tidak mencukupi untuk membuatnya menyala hingga pagi hari, WatchOS 7 akan meminta pengguna untuk melakukan charging terlebih dahulu sebelum tidur.

svg%3E

Yang lebih menarik, seiring dengan kampanye rajin cuci tangan yang disarankan oleh WHO terkait penyebaran virus COVID-19, dengan WatchOS 7 Apple Watch dapat mendeteksi ketika pengguna sedang mencuci tangannya dan menghitung waktu selama 20 detik. Jika sebelum 20 detik pengguna sudah selesai cuci tangan, smartwatch ini akan menampilkan peringatan untuk terus melanjutkan sampai durasi yang yang disarankan.

Beralih ke fitur kebugaran, Apple Watch dengan WatchOS 7 bakal dibekali 4 jenis olahraga baru, yaitu core training, dance, functional strength training, dan cooldown. Aplikasi Activity pada iPhone kini juga berubah nama menjadi Fitness, dan dapat menampilkan beragam informasi terkait aktivitas sehari-hari yang sudah dilalui.

Fitur tambahan lainnya adalah pengguna WatchOS 7 nantinya bisa saling berbagi watch face. Fitur jalur sepeda juga ditambahkan. Tidak ketinggalan, Siri pada WatchOS 7 memungkinkan pengguna Apple Watch menerjemahkan bahasa langsung dari jam tangan mereka.

svg%3E

Tanggal rilis WatchOS 7

Menurut Apple, versi beta dari WatchOS 7 yang ditujukan untuk developer sudah dirilis mulai hari ini. Sementara versi beta untuk publik dijadwalkan meluncur bulan depan. Update WatchOS 7 dipastikan akan kompatibel dengan Apple Watch mulai dari Series 3 ke atas.

Verified by MonsterInsights