Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

[Tips] Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker

Facebook masih menjadi salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbesar di dunia. Karena itu, tidak heran jika banyak oknum yang mencoba mencari keuntungan secara ilegal dari jutaan akun yang terdaftar di platform tersebut. Contohnya adalah hacker.

Ilustrasi hacker
image credit: Thisdata.com

Anda mungkin pernah mengalami atau setidaknya pernah mendengar kabar tentang akun Facebook seseorang yang Anda kenal diretas. Tanda-tandanya biasanya adalah akun tidak bisa diakses dan sering menampilkan unggahan yang tidak pernah Anda lakukan. Parahnya lagi, para hacker ini bisa saja berpura-pura menjadi Anda dan melakukan penipuan kepada teman atau keluarga yang terhubung di Facebook.

Lalu, adakah cara untuk melindungi akun Facebook Anda dari serangan hacker? Tentunya ada dan cukup mudah. Tidak ada yang bisa menjanjikan akun Facebook Anda akan 100 persen aman, tapi dengan melakukan tips dan trik berikut ini, hacker akan sangat kesulitan membobol akun Anda:

1. Ganti password dengan kombinasi yang rumit

Jika Anda mulai curiga akun Facebook Anda kena hack, mengganti password adalah cara paling cepat dan mudah untuk mengamakannya. Dan walaupun Anda merasa akun Anda masih aman, ada baiknya Anda tetap mengganti password dengan kombinasi yang lebih rumit.

Gunakan password dengan jumlah minimal 10 karakter. Padukan antara huruf besar dan kecil, angka, serta tanda baca apapun yang memungkinkan. Semaki rumit dan panjang password Anda, semakin sulit bagi hacker untuk melakukan pembobolan. Mengganti password secara berkala setidaknya setiap 6 bulan sekali juga menjadi cara yang amat baik untuk melindungi akun Facebook Anda.

2. Hindari menggunakan fitur ‘remember password’ di perangkat umum

Ketika Anda mengakses Facebook dari perangkat yang bukan milik Anda, misalnya di komputer kantor atau warnet, hindari mengaktifkan fitur ‘remember password’. Tapi bila tidak terlalu penting dan mendesak, akan lebih bijak jika Anda tidak melakukan login ke Facebook menggunakan perangkat asing.

ROG G14 728 yg

Facebook

3. Manfaatkan fitur ‘Peringatan Login’

Facebook memiliki fitur canggih berupa ‘Peringatan Login’, yang akan langsung memberikan notifikasi apabila akun Facebook Anda diakses dari perangkat atau browser yang tidak dikenali. Canggihnya lagi, peringatan ini akan memberi tahu perangkat apa yang mencoba login beserta lokasinya.

Cara mengaktifkannya: buka Facebook lewat browser dan klik tanda panah ke bawah di pojok kanan atas -> pilih Pengaturan & Privasi -> klik Pengaturan -> pilih Keamanan dan Info Login -> scroll ke bawah lalu klik Edit di kolom Dapatkan Peringatan Tentang Login Tidak Dikenal -> pilih Dapatkan Pemberitahuan melalui opsi yang Anda inginkan, misalnya Notifikasi, Messenger, atau Email -> Simpan Perubahan.

4. Aktifkan Two-Factor Authentication (Autentikasi Dua-Faktor)

Autentikasi Dua-Faktor adalah fitur yang akan meminta kode rahasia jika Anda ingin login dari perangkat baru. Kode rahasia tersebut akan muncul pada perangkat yang Anda percaya, misalnya smartphone pribadi Anda. Jadi selama smartphone tetap di tangan Anda, orang lain tidak akan mengetahui kode rahasia yang dikirimkan.

Cara mengaktifkannya: buka Facebook lewat browser dan klik tanda panah ke bawah di pojok kanan atas -> pilih Pengaturan & Privasi -> klik Pengaturan -> pilih Keamanan dan Info Login -> scroll ke bawah lalu klik Edit di kolom Gunakan autentikasi dua-faktor.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengamankan akun Facebook Anda dari hacker. Semoga artikel ini bermanfaat!

More Stories
blackberry 10 jam
The BlackBerry 10 Jam World Tour Jakarta: Keliling Dunia Mencari Pengembang Lokal