Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

[Hands-On] Mencoba Redmi Note 9 Pro, Smartphone 3 Jutaan dengan Snapdragon 720G dan Fast Charging 30W

Xiaomi hari ini, Selasa (9/6), meluncurkan Redmi Note 9 Pro di Indonesia. Sebagai model teratas dari duo Redmi Note 9 Series yang diperkenalkan, sama seperti pendahulunya, pada versi Pro Xiaomi menawarkan spesifikasi dan fitur yang amat menggiurkan dengan harga jual yang juga tetap kompetitif.

Menarik untuk mengulas lebih jauh seperti apa kecanggihan dari smartphone seharga 3 jutaan rupiah ini. Kabar baiknya, kami berkesempatan untuk mencoba langsung untuk mendapatkan impresi awal dari Redmi Note 9 Pro, dan melihat apa saja yang termasuk dalam paket penjualannya. Penasaran? Yuk, langsung saja simak ulasan singkat kami:

Desain Redmi Note 9 Pro

Redmi Note 9 Pro
Redmi Note 9 Pro

Salah satu perbedaan utama antara Redmi Note 9 Pro dengan Redmi Note 8 Pro adalah tampilan eksteriornya, baik di bagian depan maupun belakang. Xiaomi kali ini mengadopsi desain layar DotDisplay yang artinya memiliki lubang kecil (posisinya ada di tengah) untuk menampung kamera selfie. Selain itu, desain frame untuk kamera belakang pun lebih fresh dengan komposisi 2×2. Xiaomi menyebut desain ini stylish dan simetris.

Redmi Note 9 Pro Glacier White 6

Xiaomi juga memindahkan sensor sidik jari yang tadinya berada di cover bagian belakang ke sisi sebelah samping. Ya, Redmi Note 9 Pro menggunakan side fingerprint yang sekaligus merangkap sebagai tombol power. Build quality-nya amat baik dan terasa solid. Sekilas smartphone ini juga tampak cukup premium dengan lapisan kaca di bagian depan dan belakang.

Redmi Note 9 Pro Glacier White 7 1

 

Perlu digarisbawahi, Redmi Note 9 Pro adalah smartphone dengan dimensi yang besar. Pengoperasian dengan satu tangan masih memungkinkan, tapi lain cerita jika Anda termasuk orang dengan tangan yang kecil. Perangkat ini terasa cukup nyaman di genggam dan tidak licin. Lalu yang kami suka, pada varian Glacier White yang kami pegang, bodinya terlihat tidak mudah kotor oleh bekas jari. Satu yang menjadi catatan adalah modul kamera belakangnya yang terlalu menonjol ke luar bodi.

Redmi Note 9 Pro Glacier White 8

Xiaomi Redmi Note 9 Pro memiliki tiga slot yang terdiri dari dua untuk SIM-card dan satu khusus untuk microSD. Cocok untuk Anda yang tidak mau mengorbankan satu slot SIM-card untuk menambah memori eksternal. Port-nya juga tetap USB Type-C yang posisinya ada di bawah bersebelahan dengan lubang audio jack dan speaker.

Sedikit membahas paket penjualannya, Anda akan menemukan satu softcase, satu kabel USB Type-C, dan satu charger yang sudah mendukung fast charging 30W. Ya, Anda tidak perlu lagi membeli charger secara terpisah untuk menikmati kemampuan pengisian daya 30W di Redmi Note 9 Pro.

Redmi Note 9 Pro Glacier White 9

Kamera Redmi Note 9 Pro: 64 MP dengan sederet fitur menarik

Redmi Note 9 Pro diklaim sebagai Jawara 64 MP. Xiaomi terlihat amat percaya diri kamera dari smartphone terbarunya ini merupakan yang terdepan di kelasnya. Selain sensor utama 64 MP, ada juga 3 kamera lainnya yang terdiri dari 8 megapixel ultra-wide, 2 MP macro, dan 2 MP depth.

Sekilas kamera Redmi Note 9 Pro cukup menjanjikan. Selama kami mencobanya, pada kondisi cahaya ideal kamera ini mampu memberikan ketajaman, detil, serta reproduksi warna yang bagus. Warna yang disajikan juga tetap terlihat natural dengan saturasi warna yang tidak diangkat terlalu berlebihan. Dynamic range-nya juga terlihat cukup baik.

ROG G14 728 yg

Hasil foto Redmi Note 9 Pro (1)

Hasil foto Redmi Note 9 Pro (5)

Hasil foto Redmi Note 9 Pro (3)

Hasil foto Redmi Note 9 Pro (7)

Kami juga sempat mencoba mode Portrait. Hasilnya cukup rapi dan Anda juga bisa memodifikasi efek blur pada background dengan beberapa pilihan yang menarik. Untuk makro, asalkan cahaya ideal kamera Redmi Note 9 Pro masih mampu menghasilkan foto jarak dekat yang tajam.

Hasil foto Redmi Note 9 Pro (8)

Hasil foto makro Redmi Note 9 Pro (4)

Untuk urusan videografi Redmi Note 9 Pro bisa merekam hingga resolusi 4K di 30fps. Ada pula mode-mode menarik seperti Slow Motion 960fps, Time Lapse, dan Movie Frame. Bahkan dengan kamera selfie-nya pun Anda bisa menciptakan video slow motion dengan resolusi 720p di 120fps.

Performa Redmi Note 9 Pro: Snapdragon 720G

Xiaomi kali ini mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 720G sebagai senjata utama penunjang performa Redmi Note 9 Pro. Dikombinasi dengan RAM 6 GB atau 8 GB, serta storage internal UFS 2.1, kinerja yang disajikan terasa amat mulus. Untuk gaming pun Snapdragon 720G yang mengusung GPU Adreno 618 tergolong bisa diandalkan.

Baterai Redmi Note 9 Pro berkapasitas 5.020 mAh dan sudah mendukung 30W fast charging yang diklaim mampu mengisi ulang daya hingga 50 persen selama 30 menit. Charger 30W pun sudah termasuk dalam paket penjualan. Tidak ketinggalan, smartphone ini dibekali WiFi 802.11ac 2×2 MIMO dan Bluetooth 5.

Menarik untuk mengetahui lebih jauh bagaimana performa Redmi Note 9 Pro jika diajak untuk memainkan game-game Android masa kini yang menuntut kinerja hardware cukup berat seperti PUBG Mobile, COD Mobile, dan yang lainnya. Apalagi, Xiaomi menjanjikan meski tanpa liquid cooling seperti generasi sebelumnya, Redmi Note 9 Pro tidak akan mudah panas.

Redmi Note 9 Pro Glacier White 4

Kesimpulan awal

Dengan harga mulai dari 3,4 jutaan rupiah, tentunya wajar jika kami menyebut Redmi Note 9 Pro sebagai kandidat salah satu smartphone paling diminati di kelasnya. Hardware kencang, kamera sekilas oke dan fiturnya lumayan komplit, ada NFC, serta baterai dan kemampuan fast charging-nya masuk dalam jajaran yang terdepan. Namun untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca review Redmi Note 9 Pro kami yang lebih lengkap di artikel mendatang.

More Stories
amd ryzen apu 1
AMD Rilis Prosesor APU Berbasis Ryzen dan Vega untuk Laptop Berbodi Tipis