Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

5 Tripod Murah Terbaik untuk Vlogging di Bawah 2 Juta Rupiah

Last updated:

Belajar untuk membuat konten vlog bisa dicoba untuk mengusir kebosanan saat harus beraktivitas di rumah saja. Jika Anda sudah memiliki modal kamera perangkat wajib berikutnya yang wajib dimiliki adalah tripod. Dengan tripod, hasil video akan lebih tajam karena minimnya guncangan yang sering didapatkan saat menggunakan kamera atau smartphone yang dipegang tangan biasa. Tripod juga merupakan perangkat wajib bagi vlogger atau videografer yang ingin membuat video sendiri, tanpa bantuan orang lain. Suatu hal yang makin umum sejak wabah COVID19 yang melanda seluruh dunia.

Untuk itu, kami memilih 5 tripod yang cocok untuk vlogging. Kriteria pemilihan berdasarkan dimensi dan bobot yang relatif ringan, fungsionalitas yang baik, serta harga yang relatif murah. Kelima tripod yang kami rekomendasikan berikut ini harus dijual resmi di Indonesia dengan harga di bawah 2 juta rupiah.

1. Manfrotto Pixe Evo 2

Rp770.000

manfrotto pixie evo 2 1
Ringkas dan sangat ringan. Tripod multifungsi dari Manfrotto ini menawarkan kaki-kaki yang bisa diandalkan untuk vlogging sebagai handle grip. Didukung dengan ball head yang dilengkapi fitur quick release, pengguna juga bisa mengatur posisi kamera dengan mudah dan melepas pasang kamera dengan lebih cepat.

Tripod ini pun sangat kokoh untuk penggunaan di atas permukaan meja. Meski rancangannya sangat ringkas dan ringan, tripod ini sanggup menahan bobot kamera hingga sekitar 2,5 Kg. Sangat cukup untuk mirrorless dan DSLR kelas pemula dengan lensa kit.

2. SIRUI 3T-35K Table Top Tripod

Rp850.000
SIRUI 3T 35K 1
Mengusung jargon Small in size big in functionality, SIRUI 3T-35K Table Top Tripod memang menjadi salah tripod untuk vlogging yang wajib untuk dilirik.

Hadir dengan rancangan alumunium dengan bobot di bawah 1 Kg, tripod ini hadir dengan leher yang bisa dipanjangkan hingga sekitar 8.5 cm. Untuk penggunaan di atas meja, kaki-kakinya juga bisa dilebarkan agar bisa berdiri dengan kokoh.

ROG G14 728 yg

Ball head yang dibawanya mendukung pergerakan hingga 360 derajat dan secara keseluruhan rancangan tripod ini sanggup menahan bobot kamera dan lensa hingga 4Kg.

3. Joby Gorilla Pod 3K

Rp990.000
Joby Gorilla Pod 3K 1
Joby Gorilla Pod adalah tripod yang paling difavoritkan oleh para vlogger. Hadir dengan rancangan kaki-kaki yang sangat fleksibel dan dilengkapi ball head, menjadikan tripod ini bisa diatur ke beragam posisi sesuai dengan keinginan pengguna. Rancangan kaki-kakinya yang unik ini juga memungkinkan Gorilla Pod bisa berdiri dengan stabil di segala permukaan.

Joby Gorilla Pod 3K juga kompatibel dengan kamera DSLR dan mirrorless. Keunggulan lain, Dimensi dan bobotnya sangat ringkas dan ringan jadi mudah dibawa berpergian.

4. Manfrotto Compact Action Tripod

Rp1.140.000
Manfrotto Compact Action Tripod 1
Tripod ini hadir dengan desain yang ringkas. Bobotnya hanya sekitar 1,3 Kg. Jadi ideal untuk para pengguna yang sering travelling dan membuat konten vlogging tanpa memegang kamera. Walau begitu, tripod ini juga sangat cocok untuk mirrorless dan DLSR berukuran medium seperti misalnya DSLR Canon 70D atau 80D.

Fitur menarik lain, Manfrotto Compact Action Tripod telah dilengkapi dengan tongkat kendali head dengan mekanisem penguncian scroll-wheel. Head tersebut juga bisa menghasilkan pergerakan panorama 360 derajat yang mulus.

5. LEOFOTO LS-223C Ranger Series

Rp1.650.000
LEOFOTO LS 223C Ranger Series 1
Terakhir adalah tripod besutan dari pabrikan LEOFOTO yakni LS-223C Ranger Series. Kelebihan tripod ini terletak pada penggunaan bahan serat karbon yagn ringan dan kokoh. Bobotnya hanya sekitar 72 gram dan sanggup menahan bobot kamera dan lensa hingga 10 kg. Ini membuatnya bisa digunakan untuk kamera mirrorless atau DSLR dengan lensa cukup besar. Fitur menarik lain, bagian kakinya bisa dibuka lebar hingga rata dengan meja untuk penggunaan table-top dan bagian lehernya bisa dipanjangkan hingga 38 cm.

More Stories
PushBulletlogo
Pushbullet: Aplikasi Berbagi File Lengkap dengan Pendorong Notifikasi