[Tips] Cara Mengaktifkan Samsung DeX di Galaxy S20 Series

Salah satu benefit yang bisa dinikmati oleh pengguna produk Samsung, terutama lini flagship seperti Galaxy S20 Series, adalah DeX. Bagi yang belum tahu, Samsung DeX memungkinkan Anda merasakan pengalaman penggunaan layaknya PC/desktop, hanya dengan menghubungkan smartphone Samsung Anda ke monitor. Ya, pada Galaxy S20 Series, fungsi DeX sudah tersedia secara built-in.

svg%3E

Dengan Samsung DeX, beberapa pekerjaan akan terasa lebih mudah dan nyaman untuk dilakukan. Misalnya mengerjakan tugas dengan Microsoft Word/Excel, membuat dan menampilkan presentasi, mengetik dengan keyboard dan mouse, membaca dan membalas email, memindahkan file,

Anda juga bisa menampilkan konten yang tersimpan di smartphone (misalnya video) ke monitor. Yang lebih seru, Samsung DeX memungkinkan Anda bermain games favorit seperti Vain Glory di layar yang lebih besar.

Nah, bagaimana cara mengaktifkan Samsung DeX di smartphone Galaxy S20 Series? Mudah. Yuk, simak langkah-langkahnya:

1. Pastikan Anda memiliki kabel/converter yang dibutuhkan untuk menghubungkan Galaxy S20. Jika ingin menyambungkan ke monitor, gunakan Adapter USB Type-C ke HDMI. Kalau Anda tidak tahu seperti apa adapter yang dimaksud, lihat gambarnya di bawah ini:

svg%3E

svg%3E

Jika ingin PC berbasis Windows maupun Mac, Anda bisa menggunakan kabel USB Type-C untuk Kabel C maupun USB Type-C untuk Kabel A. Samsung menyediakan semua aksesori ini dan bisa Anda beli secara terpisah.

2. Jika Anda ingin menggunakan monitor sebagai layar ekstra agar gambar terlihat lebih besar, Anda hanya perlu menghubungkan dengan Adapter USB Type-C ke HDMI dan aktifkan mode DeX di Galaxy S20 yang bisa Anda temukan di Quick Settings (tarik jendela notifikasi dari atas ke bawah). Nantinya, Galaxy S20 Anda juga bisa berfungsi sebagai touchpad.

svg%3E

3. Bila Anda ingin menggunakan DeX di PC berbasis Windows atau Mac, silakan unduh dulu software pendukungnya di tautan berikut ini. Perlu diketahui bahwa DeX kompatibel dengan Windows 7, Windows 10, dan MacOS versi 10.13 ke atas.

Mudah, ‘kan? Semoga artikel ini bermanfaat!