Review HP Pavilion 13-an1033TU: Laptop 8 Jutaan Ringkas Berdesain Mewah

4.5
Cek Harga

Para pabrikan terus berlomba-lomba menghadirkan laptop berdesain ringkas. Performanya pun disiapkan semakin bertenaga. Untuk meramaikan persaingan di segmen ini HP menghadirkan Pavilion 13-an1033TU yang berhasil membuat kami kagum dengan sederetan fitur dan harga jualnya yang sangat kompetitif. Penasaran apa saja kehebatan laptop ini? Simak ulasannya berikut ini.

svg%3E

Desain HP Pavilion 13-an1033TU

Bicara laptop dengan desain ringkas, pada umumnya para pabrikan saat ini menghadirkan laptop dengan layar 14 inci dengan dimensi bodi setara laptop 13 inci.

Tapi, HP Pavilion 13-an1033TU tidak demikian. HP langsung menghadirkan laptop ini dengan dimensi bodi 13.3 inci. Dimensi bodi yang cukup jarang bisa ditemukan di kelas laptop dengan harga di bawah 10 juta Rupiah.

Secara fisik tampilannya sangat mirip dengan HP Pavilion 14-ce2012TX yang pernah kami pernah review sebelumnya. Secara keseluruhan desainnya sangat cantik dan terlihat mewah. Rancangan bodinya juga sangat solid meski ketebalan bodinya hanya 15.4mm. Dengan dimensi ringkas dan bobotnya yang sekitar 1,3 Kg menjadikan laptop ini sangat hemat tempat di dalam tas dan mudah dibawa berpergian.

svg%3E

Kesan premium juga bisa semakin terlihat di atas keyboardnya. Seperti saudaranya yang lebih mahal, HP Envy, grill speaker HP Pavilion 13 mengadopsi pola segitiga yang sama. Selain itu, di samping bodinya juga bisa ditemukan sensor sidik jari agar area keyboardnya tetap terlihat minimalis.

Meski bodinya ramping, laptop ini juga tidak pelit port konektivitas. Di sisi kanan, sensor sidik jarinya ditemani slot kartu memori SD, jack audio 3.5mm, port USB 3.1 Gen 1 Type-C dan HDMI. Sementara di sisi kiri tersedia dua port USB 3.1 Gen 1 Type-A.

Layar HP Pavilion 13-an1033TU

Beralih ke sektor layar, HP Pavilion 13-an1033TU hadir dengan panel layar IPS BrightView yang resolusinya Full HD. Tingkat kecerahan layarnya amat baik, di dalam atau luar ruangan layarnya masih bisa terlihat dengan jelas. Visual yang tersaji di layarnya juga terlihat tajam dengan warna yang sangat cemerlang.

svg%3E

Satu keunggulan yang ditawarkan layar HP Pavilion 13-an1033TU adalah layarnya ini mendukung fitur sentuhan. Respon layarnya dengan sentuhan jari pun sangat baik. Kehadiran layar sentuhnya ini jelas amat membantu dan semakin mempermudah saat navigasi.

Keyboard dan touch pad HP Pavilion 13-an1033TU

Untuk mendukung produktivitas pengguna HP Pavilion 13-an1033TU hadir dengan keyboard bergaya chicklet. Ukuran tombol keyboardnya cukup besar dengan jarak antar tombol yang sangat pas. Keyboardnya juga sangat empuk dan nyaman digunakan mengetik dalam jangka waktu yang lama.

svg%3E

Bahkan, HP juga melengkapi keyboardnya ini dengan lampu backlit yang bisa diakses dengan menekan tombol F5. Tingkat gelap terang keyboardnya pun bisa diatur sesuai kondisi pencahayaan ruangan dan selera pengguna.

svg%3E

Menemani keyboard tersebut HP menghadirkan track pad mouse dengan ukuran yang relatif lebar dengan tombol klik kiri dan kanan yang menyatu langsung dengan trackpad tersebut. Respon trackpad mousenya tersebut dengan jari sangat baik. Namun, sayangnya untuk tombol klik kanan agak keras saat ditekan.

Performa HP Pavilion 13-an1033TU

Mengimbangi desainnya yang sangat menawan, performa HP Pavilion 13-an1033TU dipercayakan pada chip Intel Core generasi ke-10, Intel Core i3-1005G1 yang disokong RAM onboard dengan besaran 8GB tanpa dukungan kartu grafis diskrit. Jadi, jelas laptop ini bukanlah laptop untuk gaming atau membuat konten dengan beban komputasi yang sangat berat.

svg%3E

Satu hal yang sangat mencuri perhatian dari HP Pavilion 13-an1033TU adalah ruang penyimpanannya. Laptop ini membawa ruang penyimpanan SSD yang kapasitasnya 512 GB. Kapasitas SSD ini tergolong cukup besar di kelas harganya. Untuk hasil benchmark sebagai berikut.

Dari pengujian kami, spesifikasinya tersebut sudah sangat mumpuni untuk mendukung produktivitas kantoran kami sehari-hari. Mengusung ruang penyimpanan SSD kinerjanya memang terasa amat gegas. Kinerjanya pun sangat senyap. Mengolah dokumen dengan aplikasi Office dan browsing bisa ditangani laptop ini dengan tanpa masalah. Untuk sekedar menyuting foto yang sederhana pun masih cukup.

svg%3E

Sebagai sarana hiburan, spesifikasinya ini masih mumpuni untuk menikmati konten hingga resolusi 4K. Sistem audionya yang dipercayakan pada speaker dari pabrikan Bang & Olufsen pun sangat baik. Suara yang dihasilkan speakernya terdengar jernih dan cukup bertenaga. Cocok untuk menikmati konten multimedia.

Baterai HP Pavilion 13-an1033TU

Mengusung prosesor Intel Core i3 10th dengan TDP 15W, konsumsi daya laptop ini juga tergolong irit. Dari pengujian kami, dengan skema penggunaan tingkat kecerahan layar 50%, terhubung ke WiFi, melakukan aktivitas mengetik sambil browsing dan sesekali menonton video di Youtube baterainya ini bisa bertahan sekitar 6 jam. Cukup disayangkan baterainya ini belum dilengkapi dengan fitur isi ulang cepat.

Kesimpulan

HP Pavilion 13-an1033TU menjadi bukti HP sangat jeli merespon keinginan pasar akan sebuah laptop ringkas dan ringan. Bahkan, HP tidak pelit menghadirkan sederetan fitur menarik yang menjadikannya unggul di kelas harganya.

Sebut saja seperti desain yang premium, layar sentuh dengan resolusi Full HD, sensor sidik jari, keyboard backlit, ruang penyimpanan SSD dengan kapasitas 512GB yang besar dan performa Intel Core i3 10th gen yang bisa diandalkan untuk produktivitas sehari-hari. Cocok untuk para pekerja yang bermobilitas tinggi dan pelajar yang membutuhkan laptop ringkas dengan layar sentuh.

Semua keunggulannya itu ditawarkan dengan harga jual yang ada di kisaran 8 jutaan Rupiah. Dengan harga jualnya tersebut menurut kami HP Pavilion 13-an1033TU juga berhasil menaikkan standar laptop ringkas dan ringan dengan layar sentuh dan performa oke di bawah harga 10 juta Rupiah.

Yang Canggih:
+ Desain premium
+ Keyboard Backlit dan nyaman digunakan
+ Layar sentuh IPS Full HD
+ Performa oke untuk produktivitas
+ Kapasitas SSD besar
+ Sensor sidik jari
+ Harga kompetitif

Yang kurang:
– Baterai rata-rata
– RAM onboard
– Klik kanan Touch Pad agak keras
– Baterai belum mendukung fitur isi ulang cepat

Dengan harga jual di kisaran 8 jutaan menurut kami HP Pavilion 13-an1033TU berhasil menaikkan standar laptop ringkas dan ringan dengan layar sentuh dan performa oke di bawah harga 10 juta Rupiah.
4.5
Cek Harga