Review OPPO Enco Free: Tampil Beda dengan Kualitas Audio Istimewa

4.4

Tidak ingin ketinggalan tren earbud nirkabel, OPPO resmi memboyong Enco Free ke pasar Indonesia. Ada cukup banyak fitur menarik yang kami temukan di earbud nirkabel yang harganya sejutaan ini. Penasaran apa saja keunggulannya? Simak ulasannya di artikel berikut.

Review OPPO Enco Free: Tampil Beda dengan Kualitas Audio Istimewa 2 fitur oppo enco free, harga oppo enco review, oppo, oppo enco free, spesifikasi oppo enco free

Desain OPPO Enco Free

Desain OPPO Enco Free sangat wajib diacungi jempol. Pasalnya, Enco Free punya identitas desain sendiri. Tidak seperti kebanyakan earbud nirkabel pada umumnya yang kompak mengadopsi desain Apple Airpods.

OPPO Enco Free tampil lebih istimewa. Untuk opsi warna juga variatif. Enco Free tersedia dengan tiga pilihan warna yaitu putih, hitam dan pink.

Review OPPO Enco Free: Tampil Beda dengan Kualitas Audio Istimewa 3 fitur oppo enco free, harga oppo enco review, oppo, oppo enco free, spesifikasi oppo enco free

Mari kita ulas mulai dari case pelindungnya terlebih dulu. Case pelindung OPPO Enco Free hadir dengan dimensi yang sangat ringkas. Bobotnya juga ringan. Sangat hemat tempat dan mudah diajak berpergian.

Case pelindung Enco Free berwujud kotak dengan sudut agak membulat di keempat sisinya. Material case pelindungnya ini terbuat dari plastik yang cukup tebal dan solid. Dilapisi pilihan warna putif doff, Enco Free berhasil tampil premium jika dibandingkan earbud nirkabel lain sekelasnya.

Review OPPO Enco Free: Tampil Beda dengan Kualitas Audio Istimewa 4 fitur oppo enco free, harga oppo enco review, oppo, oppo enco free, spesifikasi oppo enco free

Tidak lupa OPPO juga menyematkan emblem logo OPPO dan lampu indikator LED di bagian depan case pelindungnya. Di samping kanan bodinya terdapat sebuah tombol untuk pairing. Sementara, di bagian bawah bodinya bisa ditemukan port USB-C.

Review OPPO Enco Free: Tampil Beda dengan Kualitas Audio Istimewa 5 fitur oppo enco free, harga oppo enco review, oppo, oppo enco free, spesifikasi oppo enco free

Beralih ke modul earbud, modul earbud nirkabel Enco Free ini sangat ringan. Bobotnya hanya sekitar 4,6 gram. Dengan bobotnya yang sangat ringan patut diakui Enco Free sangat nyaman dan nyaris tidak terasa saat terpasang di telinga. Sangat cocok digunakan dalam jangka waktu yang lama. Rancangannya pun juga telah tahan air dengan sertifikasi IPX4 yang tahan keringat dan cipratan air sehingga tidak perlu khawatir saat diajak olahraga.

Fitur OPPO Enco Free

Ada banyak fitur menarik yang bisa ditemukan di OPPO Enco Free. Pertama, modul earbud Enco Free hadir dengan ear tips berbahan karet silikon yang bisa diganti. Dalam paket pembeliannya ada 3 ukuran ear tips yakni small, medium dan large.

Review OPPO Enco Free: Tampil Beda dengan Kualitas Audio Istimewa 6 fitur oppo enco free, harga oppo enco review, oppo, oppo enco free, spesifikasi oppo enco free

Melepas pasang ear tips Enco Free juga sangat mudah. Di review kali ini kami mencoba ukuran M yang memang paling pas di telinga.

Dari pengujian kami, ketiga ear tips Enco Free ini memang tidak bisa memberikan kemampuan isolasi suara pasif seperti in-ear headphone pada umumnya.

Ear tips tersebut menurut kami hanya berguna agar Enco Free bisa terpasang lebih sempurna di telinga dan tidak mudah terlepas. Pada prakteknya saat diajak jalan, lari hingga melompat, Enco Free memang tidak mudah slip dan lepas dari telinga.

Isolasi suara hanya sedikit sekali terasa ada peningkatan, dan jelas lebih baik jika dibandingkan dengan AirPods atau earbud nirkabel lain yang mengadopsi rancangan AirPods.

Review OPPO Enco Free: Tampil Beda dengan Kualitas Audio Istimewa 7 fitur oppo enco free, harga oppo enco review, oppo, oppo enco free, spesifikasi oppo enco free

Di modul earbud Enco Free juga terdapat panel sentuh yang dirancang untuk navigasi. Panel sentuhnya ini ditandai dengan garis warna silver di bagian batangnya.

Di modul sebelah kiri, geser jari ke atas dan ke bawah di panel sentuhnya tersebut berguna untuk mengatur volume suara. Sementara, di modul sebelah kanan panel sentuhnya berguna untuk maju/mundur musik yang diputar. Untuk play/pause bisa dengan tap dua kali di kedua modul earbud Enco Free.

Dengan panel sentuh tersebut, Enco Free menawarkan navigasi yang sangat intuitif dan praktis. Panel sentuhnya pun sangat respon dengan sentuhan jari dan tidak terlalu sensitif.

Selain itu, modul earbud Enco Free juga telah didukung dengan sensor proximity. Dengan demikian, saat Enco Free lepas dari telinga secara otomatis musik yang diputar akan terhenti dan akan mulai diputar kembali jika Enco Free terpasang di telinga.

Fitur lain yang ditawarkan Enco Free adalah koneksi instan. Enco Free kompatibel dengan smartphone iOS dan Android. Berkat fitur koneksi Instan ini Enco Free hanya perlu pairing sekali saja dengan smartphone. Selanjutnya setiap kali pengguna membuka tutup case pelindungnya Enco Free secara otomatis akan tersambung ke smartphone.

Untuk konektivitas Enco Free mengandalkan Bluetooth 5.0. Pairing Enco Free ke smartphone juga sangat cepat dan mudah. Anda hanya perlu membuka tutup case pelindungnya, tekan tombol di samping case pelindungnya dan Enco Free akan langsung terhubung ke smartphone.

Kualitas Suara OPPO Enco Free

Selain sebagai pabrikan smartphone, OPPO juga populer di dunia audio di bawah bendera OPPO Digital. Jadi, selain fitur earbuds nirkabel ini juga mengedepankan kualitas suara.

Review OPPO Enco Free: Tampil Beda dengan Kualitas Audio Istimewa 8 fitur oppo enco free, harga oppo enco review, oppo, oppo enco free, spesifikasi oppo enco free

OPPO Enco Free hadir dengan dynamic driver berukuran 13.4 mm yang mengusung rancangan sirkuit dual magnetic. Di pengujian kali ini kami menghubungkan Enco Free ke iPhone 7 Plus dan memutar konten lagu dari Spotify dengan kualitas unduhan Very High.

Dari pengujian kami kualitas suara OPPO Enco Free ini memang di atas rata-rata. Umumnya earbuds nirkabel bergaya AirPods yang beredar di pasaran bermain “aman” dengan karakter suara flat dan kurang detil. Atau, ada juga yang mengedepankan suara bass bertenaga yang sangat mendominasi dan terasa menyakitkan telinga.

Nah, kualitas suara yang dihasilkan Enco Free menurut kami lebih dinamis. Kami pun tidak berharap banyak pada sektor bass Enco Free. Bisa dimaklumi mengingat rancangannya yang memang tidak masuk sepenuhnya ke dalam kanal telinga seperti in-ear headphone.

Walau begitu, menurut kami porsi suara bass yang dihasilkan Enco Free cukup terasa bertenga dan tidak berlebihan. Sektor vokal dan mid sangat baik. Saat memutar lagu Billie Jean dari Susan Wong, kami bisa merasakan vokal yang cukup tebal dan jernih. Sektor suara high juga nyaman dan tidak terasa menyakitkan telinga.

Yang mengejutkan, Enco Free juga mampu menghadirkan separasi suara yang cukup detil. Setiap instrumen dari alat musik pengiring dan backing vokal bisa terdengar dengan jelas. Cukup jarang bisa kami temukan earbuds nirkabel bermodel AirPods dengan kemampuan menghasilkan suara detil seperti ini.

Pengujian kemudian berlanjut ke gaming dan menonton konten video. Earbuds nirkabel pada umumnya akan terasa ada sedikit delay yang menyebabkan suara tidak sinkron dengan konten video yang diputar atau aksi di game yang dimainkan. Saat memutar konten video, menurut kami OPPO Enco Free mampu menyajikan suara dengan delay yang relatif minim. Sementara, saat bermain game sesekali memang masih terasa delay tapi tidak menggangu pengalaman gaming secara keseluruhan.

Untuk pengujian mic, OPPO Enco Free kami gunakan untuk melakukan panggilan suara dari WhatsApp. Kualitas mic dari OPPO Enco Free cukup baik. Mic Enco Free juga telah didukung fitur AI uplink noise cancellation. Berkat fitur ini saat melakukan panggilan, penerima telepon bisa mendengarkan suara Anda dengan lebih jelas dan minim gangguan.

Baterai OPPO Enco Free

Untuk penggunaan non stop baterai OPPO Enco Free bisa digunakan hingga sekitar 5 jam untuk mendengarkan musik. Dengan bantuan case pelindungnya, Anda bisa mendapatkan waktu guna tambahan hingga sekitar 20 jam. Sangat cukup untuk menemani Anda beraktivitas seharian.

Kesimpulan

Kehadiran OPPO Enco Free menjadi angin segar di tengah tren earbuds nirkabel yang terinspirasi dari AirPods. Desain yang tampil beda, eartips yang bisa dilepas pasang, kendali sentuh yang intuitif, pilihan warna variatif dan kualitas suara yang oke menjadi keunggulan dari OPPO Enco Free. Harga jualnya yang ada di kisaran 1,5 Juta Rupiah juga sebanding dengan fitur dan keunggulannya tersebut. Jika Anda mengincar alternatif AirPods dengan desain yang tidak pasaran dan kualitas suara yang baik, OPPO Enco Free sangat wajib untuk dipertimbangkan.

Yang Canggih:
+ Desain tampil beda
+ Ear tips bisa diganti
+ Nyaman digunakan
+ Kualitas suara oke
+ Kendali intuitif dengan panel sentuh

Yang kurang:
– Tidak mendukung wireless charging
– Belum dilengkapi fitur penangkal bising aktif
– Baterai rata-rata
– Ear tips tidak meningkatkan isolasi suara secara signifikan

Jika Anda mengincar alternatif AirPods dengan desain yang tidak pasaran dan kualitas suara yang baik, OPPO Enco Free sangat wajib untuk dipertimbangkan.
4.4
Baca juga
Review OPPO Enco Free: Tampil Beda dengan Kualitas Audio Istimewa 13 fitur oppo enco free, harga oppo enco review, oppo, oppo enco free, spesifikasi oppo enco free
Xiaomi Mi TV 4S: TV Pintar 4K 65 inci dengan HDR10+ dan Dolby Audio