[Real-Life Test] Memotret Menggunakan Mode 108 Megapixel dengan OPPO Reno3 15 harga oppo, hasil foto oppo, oppo, OPPO Reno3, spesifikasi oppo

[Real-Life Test] Memotret Menggunakan Mode 108 Megapixel dengan OPPO Reno3

Last updated:

Walaupun hanya dilengkapi sensor gambar 48 megapixel di kamera utamanya, ternyata OPPO Reno3 punya mode pemotretan 108 megapixel. Dengan mengaktifkan opsi XHD di Expert mode, OPPO Reno3 bisa menghasilkan foto beresolusi 108 megapixel langsung.

Apakah ini adalah upscaling atau peningkatan resolusi biasa? Ternyata tidak. Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia, telah menyatakan bahwa hasil foto 108 megapixel OPPO Reno3 ini dicapai dengan image stitching.

Image stitching sendiri merupakan teknik menggabungkan beberapa foto menjadi satu foto yang lebih besar. Jadi OPPO Reno3 akan mencocokkan dan mengkalibrasi warna hingga ukuran pixel pada tiap gambar yang berbeda. Kemudian smartphone akan menghasilkan gambar dengan resolusi lebih tinggi dengan detail dan ketajaman lebih baik.

Tapi apakah mode ini sekedar trik pemasaran atau benar-benar meningkatkan kualitas hasil foto? Berikut hasil pengujian kami di lapangan.

<h3>Foto 108 megapixel OPPO Reno3</h3>

Menu untuk mengaktifkan mode 108 megapixel dapat ditemukan di Expert Mode dengan label XHD. Begitu aktif, foto yang diambil langsung memiliki resolusi 108 megapixel.

[Real-Life Test] Memotret Menggunakan Mode 108 Megapixel dengan OPPO Reno3 17 harga oppo, hasil foto oppo, oppo, OPPO Reno3, spesifikasi oppo

Walaupun Expert Mode memberikan keleluasaan mengatur setting kecepatan rana, ISO, white balance dan fokus, Anda tetap dapat mengaturnya agar mengambil foto dalam mode otomatis. Perlu diingat, ukuran file foto 108 megapixel cukup besar dan biasanya mencapai lebih dari 15MB per foto. Sebagai perbandingan, ukuran file foto pada mode Auto hanya berkisar antara 3MB – 5MB.

Ada keterbatasan saat menggunakan mode XHD atau 108 megapixel ini. Shutter speed atau kecepatan rata akan terbatas paling lambat di 1//8 detik. Ini membuatnya hanya efektif di kondisi cahaya terang saja atau dengan menaikkan tingkat ISO yang akan mengurangi kualitas foto.

Kami mencoba menjepret dengan dua resolusi dan menampilkannya pada ukuran yang kira-kira sama. Berikut perbandingan hasil foto keduanya.

compare oppo reno3 108 megapixel vs 16 megapixel

Hasil foto 108 megapixel di sebelah kiri terlihat lebih tajam dengan detail yang lebih baik untuk ukuran yang sama. Noise pada gambar juga lebih terkendali, seperti terlihat di detail awan. Berikut hasil foto 108 megapixel foto di atas.

OPPO Reno3 108 megapixel

Kami juga mencoba memotret dari jarak dekat, seperti berikut.

perbandingan 108 megapixel oppo reno3

Seperti terlihat, hasil foto 108 megapixel terlihat lebih tajam. Ini berkat efek sharpening atau penajaman software OPPO Reno3. Detail bulu terlihat lebih tajam, begitu juga tulisan di bagian bawah. Tentunya tidak semua pengguna menyukai hasil foto yang terlalu tajam, tapi setidaknya OPPO Reno3 memberikan pilihan bagi pengguna.

Berikut beberapa hasil foto 108 megapixel OPPO Reno3 tanpa penyuntingan.

OPPO Reno3 108 megapixel

OPPO Reno3 108 megapixel

OPPO Reno3 108 megapixel

OPPO Reno3 108 megapixel

Mode XHD yang baru diperkenalkan di OPPO Reno3 ini merupakan fitur menarik yang memberikan intipan akan potensi kemampuan olah gambar digital pada sebuah smartphone. Memang perbedaan hasilnya tidak akan dirasakan oleh pengguna yang hanya memotret untuk dibagikan ke media sosial. Tapi bagi yang ingin mencetak foto ukuran besar hingga lebih dari 1 meter atau suka melakukan cropping, kemampuan menghasilkan foto beresolusi 108 megapixel akan berguna.

Bagi yang ingin mengetahui impresi keseluruhan kami mengenai kamera OPPO Reno3 , bisa membacanya di artikel berikut.

Baca juga
[Real-Life Test] Memotret Menggunakan Mode 108 Megapixel dengan OPPO Reno3 22 harga oppo, hasil foto oppo, oppo, OPPO Reno3, spesifikasi oppo
Polaroid Now: Autofocus Lebih Baik, Tersedia 7 Pilihan Warna