Quantcast
KomputerLaptop GamingNews

AMD Ryzen 9 H-Series: Prosesor Mobile yang Kencang dan Hemat Daya Untuk Laptop Gaming

Hingga saat ini prosesor Intel Core masih mendominasi laptop di segmen gaming. Nah, tidak ingin ketinggalan AMD akhirnya resmi mengumumkan AMD Ryzen 9 versi mobile. Prosesor mobile kelas teratas dari AMD ini membawa sederetan teknologi menarik yang tidak hanya kencang tapi juga lebih hemat daya.

AMD Ryzen 9 4900 HS 1

Kencang dan hemat daya

AMD Ryzen 9 versi mobile hadir dengan arsitektur 7nm Zen 2 dalam dua varian yakni AMD Ryzen 9 4900HS dan 4900H. Keduanya membawa delapan core dan 16 thread yang mampu berlari pada kecepatan hingga 4.4GHz.

Perbedaan keduanya ada di konsumsi daya. AMD Ryzen 9 4900H konsumsi dayanya sekitar 45W dan Ryzen 9 4900HS hanya 35W saja. Walau begitu, menurut AMD berkat teknologi manufaktur dan arsitektur yang telah ditingkatkan keduanya mampu menghadirkan performa per watt yang dua kali lebih kencang jika dibandingkan AMD Ryzen generasi kedua yang mengusung arsitektur 12nm.

Kedua prosesor ini juga didukung dengan AMD platform control yang memungkinkan manajemen distribusi daya lebih efisien antara prosesor dan kartu grafis diskrit. Ini artinya laptop gaming dengan AMD Ryzen 9 bisa hadir dengan bodi yang lebih ramping dan menjanjikan waktu guna yang lebih lama.

Performa grafis lebih kencang

Sektor grafis AMD Ryzen 9 Mobile juga sangat menggiurkan. AMD Ryzen 9 4900H dan Ryzen 4900HS disokong gpu terintegrasi Vega engine dengan delapan core.

GPU tersebut menjanjikan peningkatan performa grafis hingga 59 persen jika dibandingkan Vega engine tujuh core di AMD Ryzen 7 4800H dan enam core Vega engine di AMD Ryzen 5 4600H. Dengan demikian, tidak hanya bisa diandalkan untuk gaming AMD Ryzen 9 mobile juga akan sangat mumpuni untuk membuat konten.

Harga dan ketersediaan

AMD Ryzen 9 Mobile rencananya akan mulai tersedia di kuartal kedua tahun 2020. Bersamaan dengan diumumkannya AMD Ryzen 9 Mobile ini, tercatat ASUS telah siap mengadopsi teknologi prosesor AMD Ryzen 9 Mobile ke salah satu laptop gamingnya yaitu ASUS ROG Zepyhrus G14.

Back to top button