Quantcast
Komputer2-in-1 notebookReview

Review HP Elite Dragonfly: Laptop Bisnis Konvertibel Paling Ringkas dengan Fitur Keamanan Lengkap

4.6
Cek Harga

Laptop di kelas bisnis terus berevolusi. Menyesuaikan tren dan menjawab kebutuhan pengguna yang mobile, laptop di kelas bisnis kini muncul dengan mengadopsi desain yang semakin tipis dan ringan tanpa mengorbankan ketangguhan yang menjadi ciri khas laptop kelas bisnis pada umumnya.

HP elite dragonfly 3

HP Elite Dragonfly adalah salah satunya. Bahkan, tidak hanya menawarkan ketangguhan bodi dengan profil yang tipis dan ringan, laptop ini juga hadir dengan desain konvertibel. Penasaran dengan kehebatan HP Elite Dragonfly? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain HP Elite Dragonfly

HP Elite Dragonfly tampil dengan profil bodi yang tipis. Bobotnya yang hanya sekitar 1 Kg juga sangat ringan. Dengan profil bodinya tersebut laptop ini berhasil menjadi laptop konvertibel di kelas bisnis yang paling ringkas dan ringan. Sangat mudah diajak bermobilitas dan cocok untuk para pebisnis yang sering bekerja atau meeting di luar kantor.

HP elite dragonfly 2

Dilapisi dengan warna bodi biru gelap tampilannya terlihat sangat elegan dan berkelas. Tidak terlihat monoton seperti laptop bisnis kebanyakan yang umumnya berwarna hitam atau abu-abu gelap.

HP Elite Dragonfly launch 3

Satu hal yang menarik dari rancangan bodinya adalah material yang digunakan. HP Elite Dragonfly adalah laptop pertama HP yang dibuat dengan material plastik daur ulang yang berasal dari lautan.

Walau terbuat dari material daur ulang secara keseluruhan rancangan bodi HP Elite Dragonfly terasa sangat solid. Sebagai laptop konvertibel engsel layarnya juga rigid dan bisa dilipat 360 derajat dengan sangat mudah.

Anda pun tidak perlu khawatir dengan ketangguhannya. Pasalnya, rancangan bodinya ini telah sesuai dengan standar militer MIL-STD 810G. Untuk konektivitas di bodinya terdapat dua port Thunderbolt USB-C, satu port USB 3.1 Gen 1 yang mendukung isi ulang baterai, satu port HDMI dan satu port mic/headphone combo.

Layar HP Elite Dragonfly

Layar HP Elite Dragonfly yang kami review hadir dengan panel layar sentuh IPS berukuran 13.3 inci yang resolusinya Full HD. Bingkai layarnya terlihat sangat tipis dengan rasio layar ke bodi hingga 85.6%.

HP Elite dragonfly 5

Kami puas dengan layarnya tersebut dengan ketajaman dan warna yang sangat memanjakan mata. Respon layar sentuhnya dengan sentuhan jari juga amat baik. Bahkan, saat beralih ke mode tablet layarnya bisa mendukung perintah zoom untuk memperbesar tampilan dengan sangat mudah. Istimewanya lagi layarnya tersebut juga sudah diperkuat dengan lapisan Corning Gorilla Glass.

HP Elite dragonfly 1

Untuk mendukung layar sentuhnya, HP turut melengkapi Elite Dragonfly dengan pena stylus aktif HP G3. Kehadiran pena stylus ini menjadi nilai tambah karena akan sangat membantu saat para pebisnis melakukan presentasi atau sekedar membuat catatan saat meeting. Untuk asupan tenaganya pena stylus aktif HP G3 ditenagai baterai isi ulang yang bisa diisi lewat konektivitas USB Type-C.

Fitur lain yang ditawarkan panel layarnya adalah dukungan fitur HP Sure View. HP Sure View memungkinkan sudut penglihatan panel layarnya menjadi lebih terbatas. Saat fitur ini diaktifkan dengan menekan tombol F2, layarnya tidak akan bisa terlihat dari sisi kiri atau kanan. Jadi, hanya akan terlihat jelas oleh pengguna dari bagian depan. Sangat efektif untuk melindungi privasi saat bekerja di tempat umum.

Keyboard HP Elite Dragonfly

HP elite dragonfly 8

Beralih ke sektor keyboard HP Elite Dragonfly datang dengan keyboard yang sangat nyaman digunakan untuk mengetik. Bahkan, keyboardnya ini sangat senyap. Menurut klaim HP, keyboard HP Elite Dragonfly dua kali lebih senyap dari keyboard laptop pada umumnya.

HP Elite dragonfly 4

Untuk mengetik di kondisi gelap HP Elite Dragonfly turut dilengkapi dengan lampu backlit. Selain itu di keyboardnya juga tersedia tombol untuk menjawab dan memutuskan panggilan via Skype yang cukup jarang bisa kami jumpai di laptop sekelasnya. Menemani keyboard tersebut HP menghadirkan trackpad mouse yang berukuran cukup lebar dan sangat responsif saat digunakan untuk bernavigasi.

Fitur Keamanan HP Elite Dragonfly

Diklaim sebagai laptop kelas bisnis paling aman di dunia, sederetan fitur pengaman tersedia di sini. Selain HP SureVieW di layarnya, di atas layar HP Elite Dragonfly bisa ditemukan HP Privacy IR Webcam.

HP Privacy IR Webcam ini dilengkapi dengan penutup. Saat webcam tidak digunakan Anda bisa menggeser penutup webcam tersebut untuk melindungi privasi. Fitur pengaman lain HP Elite Dragonfly juga sudah mendukung fitur Windows Hello untuk login berdasarkan wajah pengguna dan tersedia sensor sidik jari.

Sementara di tingkat software HP Elite Dragonfly dilengkapi HP Sure Sense. HP Sure Sense didukung teknologi kecerdasan buatan dan berfungsi untuk melindungi pengguna dari serangan malware. Tersedia juga HP Sure Start Gen5 dengan BIOS pemulihan otomatis dan HP Sure Recover yang akan mempermudah pengguna dalam urusan backup data secara cepat di mana saja.

Performa HP Elite Dragonfly

Beralih ke performanya, HP Elite Dragonfly yang kami review hadir dengan prosesor Intel Core i7-8565U yang disokong RAM 16GB. Untuk hasil benchmarknya sebagai berikut:

Untuk menunjang produktivitas sehari-hari para pebisnis seperti mengolah dokumen, membalas email dan browsing performa laptop ini sudah sangat mumpuni. Ruang penyimpanannya juga sangat besar. Untuk model yang kami review hadir dengan SSD Intel Optane dengan kapasitasnya 512GB. Jika membutuhkan kapasitas ruang penyimpanan lebih besar, HP juga menyediakan opsi ruang penyimpanan dengan kapasitas hingga 2TB SSD. Dengan spesifikasinya tersebut Anda juga bisa menggunakannya untuk menikmati konten multimedia. Sektor audionya yang didukung speaker dari pabrikan Bang & Olufsen juga terasa cukup bertenaga dan nyaman di telinga.

Baterai HP Elite Dragonfly

Untuk menemani para pebisnis di luar ruangan HP Elite Dragonfly membawa daya tahan baterai yang sangat jempolan. Dengan skema penggunaan hanya untuk mengetik, browsing, terhubung ke hotspot dan tingkat gelap terang sekitar 50 persen baterainya tersebut bisa digunakan hingga sekitar 12 jam. Cukup di atas rata-rata laptop kelas premium pada umumnya. HP Elite Dragonfly didukung juga dengan fitur isi ulang cepat. Hanya dengan waktu 30 menit saja daya baterainya bisa terisi hingga 50%.

Kesimpulan

Cukup sulit mencari kekurangan dari laptop ini. HP Elite Dragonfly memang laptop bisnis yang nyaris sempurna. Layar yang menawan, desain konvertibel, performa jempolan, keyboard yang sangat nyaman digunakan, fitur keamanan yang sangat lengkap dan baterai tahan lama menjadi nilai jual utama dari Elite Dragonfly. Jika Anda pebisnis yang membutuhkan laptop bisnis dengan fitur keamanan lengkap, desain oke dan baterai yang tahan lama, HP Elite Dragonfly adalah pilihan yang sangat tepat.

Yang Canggih
+ Desain konvertibel
+ Bodi tangguh sesuai standar militer
+ Tipis dan ringan
+ Keyboard sangat nyaman digunakan
+ Fitur keamanan sangat lengkap
+ Performa oke
+ Baterai sangat tahan lama

Yang kurang
– Webcam 720p
– Harga premium

Jika Anda pebisnis yang membutuhkan laptop bisnis dengan fitur keamanan lengkap, desain oke dan baterai yang tahan lama, HP Elite Dragonfly adalah pilihan yang sangat tepat.
4.6
Cek Harga
Back to top button