Quantcast
AplikasiTipsWeb Service

[Tips] Lebih Praktis Tanpa Antre, Inilah Cara Membuat dan Perpanjang SIM Online

Implementasi kemajuan teknologi oleh pemerintah sudah semakin luas guna mempermudah masyarakat Indonesia dalam mengurus banyak hal. Salah satunya adalah pembuatan serta perpanjangan Surat Izin Mengemudi alias SIM. Tidak seperti dulu, kini Anda bisa mengurus SIM secara online.

SIM online
Sumber: Caroline.id

Perlu digarisbawahi yang dimaksud online di sini adalah Anda tidak perlu lagi antre panjang dan bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Bukan cuma itu, kelebihan registrasi SIM Online adalah Anda bisa mendaftar kapan saja dan di mana saja, serta bebas memilih tanggal kedatangan sesuai keinginan.

Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi) juga telah terhubung secara online, sehingga Anda bisa membuat atau memperpanjang SIM di semua Satpas tanpa harus sesuai dengan KTP domisili. Asalkan, Satpas yang Anda tuju memang sudah mendukungan layanan SIM Online. Yang harus diketahui, layanan SIM online hanya tersedia untuk golongan SIM A dan SIM C.

Nah, bagaimana cara membuat atau memperpanjang SIM Online? Yuk, simak langkah-langkah mudahnya:

1. Anda wajib melakukan registrasi terlebih dahulu melalui website .

2. Isi formulir yang tersedia dan pilih opsi sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah akan membuat SIM baru atau memperpanjang. Masukkan juga alamat email dan data-data yang lainnya.

3. Bagi Anda yang ingin membuat SIM baru, setelah mengisi data-data yang diperlukan Anda akan mendapatkan nomor antrean serta jadwal untuk melakukan tes. Untuk perpanjang SIM bisa langsung dilakukan dan tidak perlu jadwal khusus.

4. Kalau Anda sudah mendapatkan nomor registrasi melalui email, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran lewat Bank BRI.

5. Nantinya bukti pembayaran bisa diperlihatkan kepada petugas ketika Anda membuat atau memperpanjang SIM.

Bagaimana? Mudah dan praktis ‘kan? Yang paling penting, lewat layanan ini Anda tidak perlu repot mengantre dan bisa lebih fleksibel mengatur waktu sesuai dengan kesibukan Anda. Semoga artikel kali ini bermanfaat!

Back to top button