Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

OmniVision Umumkan Sensor 64 Megapixel untuk Kamera Smartphone

Sensor gambar untuk kamera smartphone dari pabrikan Omnivision memang masih kalah populer jika dibandingkan sensor besutan pabrikan Sony atau Samsung. Tapi, lewat sensor OV64C terbaru yang dikembangkannya, OmniVision cukup percaya diri bisa bertarung dengan sensor gambar Sony dan Samsung di segmen kelas atas.

Omnivision 1

Resolusi 64 megapixel

Omnivision OV64C adalah sensor gambar pertama OmniVision yang mengusung resolusi 64 megapixel. Sensor ini berukuran 1/1.7 inci atau setara dengan sensor 64 megapixel IMX686 dari pabrikan Sony dan ISOCELL GW1 dari Samsung.

omnivision 2

Sensornya tersebut mengemas satu piksel dengan ukuran 0.8 mikrometer dan mengusung teknologi PureCel Plus dari OmniVision. Menurut OmniVision, sensor ini hadir dengan rancangan Quad Bayer dan algoritma re-mosaic dengan kemampuan menghasilkan output gambar resolusi penuh 64 megapixel. Di kondisi minim cahaya, sensor ini menggunakan metode pixel binning untuk menghasilkan output gambar 16 megapixel dengan tingkat noise yang lebih minim dan dynamic range lebih baik. Sensor ini juga mendukung 2x digital zoom crop di resolusi 16 megapixel.

Mendukung Autofocus cepat

Menariknya, sensor OV64C juga mendukung fitur “type 2, 2×2 microlens Phase Detection autofocus” yang sama seperti sensor Sony. Teknologi ini akan menjanjikan peningkatan di akurasi autofocus, sekalipun di kondisi cahaya yang minim.

Bisa rekam video 8K

Untuk kemampuan videografinya, OmniVision OV64C mendukung perekaman video di resolusi tinggi. Sensor ini bisa menghasilkan video hingga resolusi 8K di 30fps, 4K 60fps dan 4K 30fps dengan fitur penstabil elektronik.

Menurut OmniVision, sensor OV64C khusus dirancang untuk kamera utama smartphone. Sensor ini juga telah siap dan kedepannya sudah bisa digunakan oleh beberapa pabrikan smartphone.

Back to top button