Quantcast
KomputerLaptopPC DesktopTips

[Tips] Cara Mengembalikan Windows 10 Ke Setting Semula di Laptop & PC Desktop

Jika sebuah PC (desktop atau laptop) digunakan untuk menemani aktivitas sehari-hari, tentunya ada saatnya Anda menemui beberapa masalah yang membuatnya berjalan tidak seperti sedia kala. Misalnya performa yang mulai menurun atau bahkan mulai munculnya pesan error ketika melakukan pekerjaan tertentu.

HP Pavilion 13 an1033tu 1

 

 

Melakukan reset merupakan cara yang cukup optimal untuk mengembalikan kinerja PC seperti semula, asalkan yang bermasalah bukan dari segi hardware. Nah, untuk Anda yang menggunakan sistem operasi Windows 10, berikut kami sajikan langkah-langkah untuk melakukan Reset pada desktop atau laptop Anda:

1. Masuk ke Settings. Anda bisa menemukannya melalui menu Start.

2. Pilih Update & Security.

3. Pada deretan panel di sebelah kiri, pilih Recovery.

4. Anda akan menjumpai tiga opsi utama, antara lain Reset This PC, Go Back to an earlier build, dan Advanced startup.

Reset Windows 10

Sebelum lanjut ke langkah selanjutnya, kami akan jelaskan sedikit apa perbedaan dari ketiga opsi tersebut. Reset This PC adalah pilihan yang paling ideal untuk membuat komputer Anda menjadi fresh kembali. Opsi ini memungkinkan Anda untuk tetap menyimpan file pribadi yang ada (seperti dokumen, foto, atau video) atau menghapus semuanya. Setelah itu, Windows akan di-install ulang.

Go back to an earlier build dirancang untuk Windows Insiders yang ingin mengembalikan sistem operasi ke versi sebelumnya. Sementara Advanced startup adalah opsi untuk melakukan booting dengan recovery USB drive atau DVD.

5. Jika Anda hanya ingin reset standar, pilih Get Started di bawah opsi Reset this PC.

6. Akan muncul pilihan Keep my files dan Remove Everything. Pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Perlu diketahui bahwa apapun opsi yang Anda pilih, keduanya akan mengembalikan settings ke default dan semua aplikasi yang sudah Anda install akan terhapus.

7. Jika Anda memilih Remove everything, akan muncul lagi pilihan Just remove my files atau Remove files and clean the drive. Apabila Anda berencana memberikan laptop yang Anda gunakan ke orang lain (misalnya ke rekan kerja atau untuk anggota keluarga), sebaiknya pilih Remove files and clean the drive. Waktu pengerjaannya memang lebih lama, tapi semua file dipastikan terhapus dan tidak mungkin bisa diakses kembali oleh orang yang akan menggunakan laptop tersebut.

8. Setelahnya tinggal ikuti panduan yang tampil di layar. Pilih Next, lalu pilih Reset, dan terakhir klik Continue.

Bagaimana? Cukup mudah, ‘kan? Melakukan reset pada komputer memang sesekali diperlukan untuk menjaga kinerja tetap optimal. Atau seperti yang kami jelaskan di atas, cara ini sekaligus memastikan tidak ada data-data pribadi Anda yang tertinggal ketika ingin memberikan perangkat tersebut ke orang lain.

Satu komentar

Back to top button