Quantcast
Action CameraFoto & VideoKamera DSLRKamera MirrorlessKamera sakuNews

100% Canggih Award: Inilah Deretan Kamera Digital Terbaik Untuk Tahun 2019

Cukup banyak kejutan yang dihadirkan para pabrikan kamera sepanjang tahun 2019. Sebut saja kemunculan beragam model kamera mirrorless dengan sensor full frame, kamera aksi yang semakin canggih dengan fitur penstabil mutakhir, hingga fitur rekam video 4K yang mulai menjadi standar di kamera keluaran tahun 2019. Kamera saku di kelas premium juga banyak mendapat sentuhan pembaruan dengan kemampuan foto dan video yang semakin baik.

Logo award kamera 2019

Dari sekian banyak kamera digital yang bermunculan di 2019, berikut beragam model kamera digital terpilih dari berbagai kategori yang layak menyandang gelar terbaik di tahun 2019.

1. Kamera Prosumer dan Vlogging Terbaik 2019: Canon PowerShot G7X Mark III
canon powershot G7 X II 2
Dua gelar kamera prosumer dan kamera vlogging terbaik di tahun 2019 berhasil diraih oleh Canon PowerShot G7X Mark III. Hadir dengan sensor CMOS berukuran 1 inci dan prosesor Canon DIGIC 8, kamera saku ini sanggup memotret hingga resolusi 20 megapixel dan istimewanya lagi bisa merekam video hingga resolusi 4K tanpa crop.

Didukung dengan layar sentuh lipat berukuran 3 inci, desain bodi ringkas dan punya input mic, kamera ini jelas akan sangat optimal untuk membuat konten vlogging. Satu keunggulannya yang lain yakni harga jualnya yang sangat ramah di kantong. Dengan semua fitur yang dibawanya Canon PowerShot G7 X Mark III dijual dengan harga sekitar 10 jutaan.

2. Kamera Mirrorless Pemula Terbaik 2019: Canon EOS M200
canon eos m200 2
Mirrorless ringkas dengan fitur lengkap dan harga yang terjangkau. Mempertahankan bodi ringkas Canon EOS M100 dan sensor APS-C 24 megapixel, pembaruan yang dibawa EOS M200 ada di sektor prosesornya.

EOS M200 kini disokong sensor prosesor Canon DIGIC 8. Berkat prosesor tersebut, sektor autofocus EOS M200 yang mengusung teknologi Dual Pixel AF kini mendukung autofocus deteksi mata atau Eye Detection AF yang tengah menjadi tren di dunia fotografi saat ini.

EOS M200 juga bisa rekam video hingga resolusi 4K/24p (dengan crop). Untuk eksis di jejaring sosial seperti Instagram Stories atau IGTV, Canon EOS M200 juga mendukung perekaman video secara vertikal.

Dengan sederetan pembaruannya tersebut, EOS M200 berhasil menjadi yang paling menonjol di kelasnya dan layak menyandang predikat Kamera mirrorless pemula terbaik di tahun 2019.

3. Kamera Mirrorless Kelas Menengah Terbaik 2019: Fujifilm X-T30
Fujifilm X T30 1
Menggeser Panasonic Lumix GX9 di tahun 2018 lalu, Fujifilm X-T30 berhasil menjadi kamera mirrorless kelas menengah terbaik di 2019 karena membawa sederetan fitur canggih milik Fujifilm X-T3, termasuk kemampuan rekam video yang semakin mumpuni.

Dikemas dengan bodi yang ringkas dan ringan, kamera ini juga bisa merekam video 4K 30fps, punya kinerja autofocus cepat dengan dukungan fitur Face dan Eye-detection AF dan mendukung efek simulasi film saat merekam video. Tidak ketinggalan Fujifilm X-T30 juga didukung dengan ekosistem lensa Fujifilm yang sangat lengkap.

4. Kamera Mirrorless Terbaik dan Mirrorless Full Frame Terbaik 2019: Sony a7R IV
Sony a7R IV 1
Kepiawaian Sony mengembangkan kamera mirrorless kembali dibuktikan lewat Sony a7R IV. Berhasil menyalip para kompetitornya Sony a7R IV layak menyandang kamera mirrorless terbaik dan mirrorless full frame terbaik 2019 lewat sederetan fitur inovatif yang dibawanya.

Sony a7R IV adalah kamera mirrorless full frame pertama yang membawa sensor BSI-CMOS EXMOR 61 megapixel. Sensor tersebut paling tinggi di kelasnya. Jika kurang puas dengan hasil foto di resolusi 61 megapixel, lewat fitur Pixel Shift Sony a7R IV mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 240 megapixel.

Kamera ini juga mendukung modus perekaman video 4K dengan sederetan fitur kelas profesional dan dilengkapi sistem autofocus canggih hybrid AF dengan eye AF dan animal AF yang sangat pintar berkat dukungan AI.

5. Kamera DSLR Terbaik 2019: Canon EOS 90D
Canon EOS 90D 1
Tidak banyak kamera DSLR yang muncul di tahun 2019. Tapi, Canon EOS 90D berhasil mencuri perhatian dengan kemampuan rekam videonya yang mumpuni hingga resolusi 4K 30p dan Full HD 120p tanpa crop.

Untuk memotret EOS 90D mengandalkan sensor APS-C 32.5 megapixel dan prosesor Canon DIGIC 8. Fitur lain yang dibawanya juga sangat menarik. Seperti misalnya membawa layar sentuh LCD Vari-angle 3 inci, dilengkapi jendel bidik optikal, bisa memotret tanpa henti hingga 10fps serta konektivitas lengkap yang mencakup Bluetooth dan WiFi.

6. Kamera Paling Inovatif 2019: Fujifilm GFX 100
Fujifilm GFX100 1
Fujifilm kembali mendobrak dunia fotografi lewat Fujifilm GFX 100. Kamera ini adalah kamera mirrorless pertama dengan sensor medium format yang resolusinya 102 megapixel.

Selain membawa sensor gambar dengan resolusi paling tinggi di kelas mirrorless, GFX100 juga menjadi kamera mirrorless dengan sensor medium format pertama yang dilengkapi sistem penstabil 5-axis langsung di bodinya.

Fitur canggih lain kamera ini juga bisa rekam video 4K, dilengkapi fitur autofokus PDAF paling cepat diantara kamera medium format Fujifilm GFX yang lain, dan hadir dengan bodi magnesium tahan cuaca dengan grip vertikal terintegrasi yang tidak akan ditemukan di kamera lain.

Paduan sederetan fitur inovatif dan resolusi sensor medium format paling tinggi di kelasnya, tidak salah jika Fujifilm GFX100 layak menyandang predikat kamera paling Inovatif di tahun 2019.

7. Kamera Video Terbaik 2019: Panasonic Lumix S1H
Panasonic Lumix DC S1H 1
Panasonic kembali berhasil mempertahankan predikat kamera video terbaik di tahun 2019. Panasonic Lumix DC-S1H yang hadir dengan sensor CMOS Full Frame 24.2 megapixel menjadi kamera mirrorless full frame pertama di dunia yang bisa merekam video hingga resolusi 6K/24p dengan rasio aspek 3:2 atau 5.9K/30p dengan rasio aspek 16:9 dan merekam video 10-bit di resolusi 4K/60p.

Sebagai tambahan, Lumix DC-S1H juga akan mendukung perekaman video multi-aspek seperti misalnya anarmopik 4:3. Lumix DC-S1H juga akan memanjakan para videografer profesional lewat dukungan V-Log dan V-Gamut, mendukung Dynamic range 14+ Stop dan reproduksi warna yang mirip seperti VariCam.

Keunggulan lain, Panasonic Lumix DC-S1H juga didukung ekosistem lensa yang sangat lengkap. Pasalnya, Panasonic berencana akan menambah 10 lensa lagi di ekosistem L-Mount hingga tahun 2020. Selain itu, tersedia juga lebih dari 50 pilihan lensa cinema L-Mount lain dari kerjasama Sigma dan Leica.

8. Kamera Aksi Terbaik 2019: GoPro Hero8 Black
GoPro hero8 Black 1
Berhasil menjadi kamera aksi terbaik di 2019, Hero8 Black kembali menjagokan fitur HyperSmooth yang kini semakin mutakhir. Hypersmooth 2.0 diklaim lebih canggih. Bahkan, berkat teknologi ini GoPro HERO8 Black berhasil menjadi varian GoPro pertama yang paling stabil menghasilkan rekaman video. Hypersmooth 2.0 juga semakin menarik karena mampu menstabilkan rekaman video di semua resolusi dan frame rate.

GoPro HERO8 Black tambah istimewa dengan dukungan ragam aksesoris untuk mengoptimalkan vlogging. Aksesoris tersebut terdiri dari Media Mod, Light Mod dan Display Mod. Untuk fitur baru lain, GoPro HERO8 Black turut dilengkapi dengan fitur TimeWarp 2.0, Digital lenses dengan opsi Narrow, Linear, Wide dan Superview, tersedia Cinematic Preset, bisa livestreaming di resolusi Full HD, mode Night Lapse Video, dan fitur SuperPhoto serta HDR dengan kemampuan menghasilkan foto yang lebih detil dari sebelumnya.

Back to top button