[Hands-On] Xiaomi Mi Note 10 Pro: Smartphone Pertama dengan Penta-Camera 108 Megapixel

Xiaomi memastikan bakal membawa jagoan terbarunya yang sekaligus menjadi produk pertama mereka di Indonesia pada awal tahun 2020 ini. Bukan lagi dari keluarga Redmi, melainkan anggota paling anyar dari seri Mi. Ya, apalagi kalau bukan Mi Note 10 Pro.

Menjelang peluncuran resminya, kami berkesempatan untuk mencoba terlebih dahulu Xiaomi Mi Note 10 Pro. Yang paling membuat kami antusias adalah karena smartphone ini tercatat sebagai yang pertama dibekali penta-camera 108 megapixel. Seperti apa kecanggihannya? Yuk, simak ulasan singkat kami:

Desain menawan dengan layar curved

Jika dibandingkan dengan beberapa smartphone Xiaomi yang dirilis di Indonesia sepanjang tahun 2019 lalu, Mi Note 10 Pro punya penawaran yang sedikit berbeda dari segi desain. Walaupun demikian, bukan berarti konsep desain yang diusungnya terasa inovatif. Menurut kami, jika dilihat dari belakang agak mirip produk brand sebelah.

Anda akan menemukan 5 kamera (penta camera) yang disusun secara vertikal di belakang, berdampingan dengan lampu flash. Bagian belakang ini tergolong polos. Tidak banyak elemen-elemen tambahan yang memang tidak diperlukan. Sensor sidik jari pun tidak ada di belakang karena disembunyikan di balik layar.

Varian yang kami genggam saat ini adalah Glacier White. Sesuai namanya, cover bagian belakang Mi Note 10 Pro didominasi warna putih dengan efek gradasi warna-warni yang memukau ketika terkena cahaya. Selain warna tersebut, Xiaomi menyediakan dua pilihan warna lainnya yaitu Midnight Black dan Aurora Green.

Sekilas, ada dua hal yang menjadi perhatian kami soal cover belakang Mi Note 10 Pro. Yang pertama adalah bagian ini mudah kotor oleh bekas jari, tapi bisa diatasi dengan memasang casing. Dan yang kedua adalah modul kamera yang terlalu menonjol keluar dari bodinya.

Beralih ke depan, Anda akan menemukan layar curved AMOLED 6,47 inci dengan resolusi Full HD+. Dengan layar yang melengkung di kiri dan kanannya seperti ini, kami merasakan sensasi yang lebih luas dan immersive ketika menikmati konten. Bezel bagian bawah dan atasnya juga tipis meski masih memiliki poni bergaya waterdrop.

Xiaomi menggunakan material metal pada bagian frame serta perlindungan Gorilla Glass 5 baik di depan maupun belakang. Dengan kombinasi tersebut, menurut kami Mi Note 10 Pro tampil cukup premium di kelasnya. Kualitas rancang bangunnya juga amat baik.

Dari segi pengoperasian, pada dasarnya tidak ada masalah untuk menggunakan smartphone ini dengan satu tangan. Meski begitu, karena adanya lengkungan pada layar mungkin bagi sebagian orang akan butuh adaptasi terlebih dahulu untuk bisa merasa nyaman. Perlu diketahui bahwa Mi Note 10 Pro punya bobot yang lumayan, yakni sekitar 208 gram. Ketebalan bodinya 9,67mm, masih tergolong ideal bagi kami.

Xiaomi Mi Note 10 Pro sudah mengadopsi port USB Type-C yang terletak dibawah tepat di antara lubang audio jack 3.5mm dan speaker. Di bagian atas ponsel Xiaomi masih setia menyisipkan IR Blaster. Soal ketersediaan slot, Mi Note 10 Pro hanya punya dua ruang untuk nano SIM-card. Ya, tidak ada slot untuk microSD.

Paket penjualan

Perangkat Xiaomi Mi Note 10 Pro dalam artikel kali ini adalah versi yang akan dijual secara resmi di Indonesia. Paket penjualannya khas smartphone Xiaomi masa kini, tanpa adanya headset. Anda akan diberikan charger 30W yang tentunya bisa mengisi daya ponsel dengan cepat, kabel USB-A to USB-C, softcase, serta buku manual.

Janjikan kemampuan fotografi mumpuni

Xiaomi Mi Note 10 Pro dipersenjatai SoC Qualcomm Snapdragon 730G. Varian yang kami ulas adalah yang punya RAM 8 GB serta memori internal 256 GB. Karena tidak ada slot microSD, memilih kapasitas storage yang lega merupakan solusi yang tepat untuk Anda yang gemar menyimpan banyak file. Baterainya tergolong ekstra besar dengan kapasitas 5.260 mAh. Jika dipasangkan dengan charger bawaannya, Mi Note 10 Pro sudah mendukung fast charging 30W dengan USB Power Delivery dan diklaim bisa terisi penuh 100 persen hanya dalam waktu 65 menit saja.

Ya, susunan hardware di atas memang terlihat menggiurkan. Namun tunggu dulu, karena fitur unggulan utama dari Xiaomi Mi Note 10 Pro ada pada sektor kamera. Smartphone ini menjanjikan kemampuan fotografi mumpuni berkat kamera 108 MP f/1.69 dengan OIS, kamera 12 MP f/2.0 dengan lensa 2x optical zoom, kamera 5 MP (upscaled to 8 MP) f/2.0 telephoto dengan lensa 5x optical zoom + OIS, kamera ultrawide 20 MP f/2.2, dan kamera macro 2 MP. Untuk selfie, ada kamera 32 megapixel f/2.0 di depan.

Karena keterbatasan waktu kami memang belum sempat mencoba lebih jauh seperti apa kualitas kamera Mi Note 10 Pro. Namun dari beberapa foto yang kami abadikan, berujung pada opini awal kami yakni kamera ini memang tampak menarik di kelasnya.

Di kondisi cahaya yang memadai gambar yang ditangkap terlihat tajam dan natural. Saturasi warna dan kontrasnya juga tidak berlebihan. Secara default kamera Mi Note 10 Pro akan menghasilkan foto 27 megapixel. Meski begitu, Anda tetap bisa mengaktifkan mode 108 MP jika butuh foto dengan resolusi yang lebih tinggi.

Hasil foto Xiaomi Mi Note 10 Pro (3)

Hasil foto Mi Note 10 Pro (3)

Hasil foto Mi Note 10 Pro (4)

Hasil foto Mi Note 10 Pro (2)

Hasil foto Mi Note 10 Pro (1)

Hasil foto Xiaomi Mi Note 10 Pro (1)

Kemampuan 5x optical zoom menggunakan kamera 5 MP menurut kami juga terlihat baik (foto urutan ketiga di atas). Bila cahaya ideal, detail yang ditangkap masih tetap memuaskan. Untuk urusan low light, sekilas Night Mode pada Mi Note 10 Pro cukup mampu menghasilkan foto yang tajam, terang, tapi dengan exposure yang tetap terjaga. Untuk kamera macro, contoh hasilnya bisa Anda lihat di bawah:

Hasil foto Xiaomi Mi Note 10 Pro (2)

Tentunya butuh pengujian lebih lanjut untuk lebih memastikan sebagus apa kamera dari Xiaomi Mi Note 10 Pro. Ulasan yang lebih lengkap akan kami sajikan di artikel review selanjutnya.

Kesimpulan awal

Kesan pertama kami selama mencoba Xiaomi Mi Note 10 Pro amat positif. Meski dari segi harga dan hardware ia merupakan produk kelas menengah, menurut kami smartphone ini punya fitur yang cukup layak untuk membawanya bersaing dengan produk flagship terutama dari sektor fotografi.

Sekadar informasi bagi Anda yang berminat meminang Mi Note 10 Pro, Xiaomi akan membuka periode pre-order di Indonesia secara eksklusif melalui Blibli.com mulai 4 Januari 2020 pukul 20.00 WIB. Jangan sampai terlewatkan jika ingin menjadi yang pertama memiliki Mi Note 10 Pro!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain