100% Canggih Award: Inilah Deretan Smartphone Terbaik untuk Tahun 2019

Bagi produsen smartphone, Indonesia merupakan pasar yang super besar dan sangat menggiurkan. Tidak heran jika di tahun 2019 ini persaingannya semakin sengit dan menarik untuk diamati. Strategi perang harga masih menjadi yang paling diminati oleh banyak brand khususnya untuk menggaet segmen kelas menengah.

svg%3E

Soal inovasi, tahun 2019 diramaikan dengan deretan smartphone yang menawarkan konfigurasi multi-camera dengan paduan lensa yang berbeda-beda. Ada pula yang mengusung kamera putar yang walaupun terlihat potensial, tampaknya belum mampu menggebrak pasar. Yang paling unik sekaligus futuristik adalah smartphone dengan layar lipat.

Nah, dari sekian banyak smartphone canggih yang beredar resmi di Indonesia, seperti tahun-tahun sebelumnya, kami telah memilih smartphone terbaik dari setiap kelas yang layak mendapat apresiasi lebih dibanding pesaingnya. Yuk, langsung saja kita simak daftar lengkapnya:

Smartphone Terbaik di bawah 1,5 juta rupiah: Redmi 8A

svg%3E

Walaupun baru meluncur bulan November lalu, Redmi 8A bagi kami adalah yang terbaik di kelas harga kurang dari 1,5 juta rupiah. Pasalnya, smartphone ini menawarkan banyak peningkatan yang membuatnya tampil lebih menonjol dibanding lawannya, baik dari segi desain maupun spesifikasi.

Dibanderol dengan harga mulai dari Rp1.399.000, smartphone ini memiliki beberapa kesamaan dengan Redmi 8. Sebut saja layar Dot Drop 6,22 inci HD+ dengan sertifikasi TUV Rheinland, SoC Qualcomm Snapdragon 439, slot microSD yang bisa menampung hingga 512 GB, serta baterai berkapasitas 5.000 mAh yang sudah mendukung fast charging 18W. Kameranya 12 MP di belakang dan 8 MP di depan, serta hadir dengan memori 2/32 GB

Bagi yang ingin tahu lebih lanjut soal Redmi 8, klik tautan berikut ini.

Smartphone Terbaik di kelas 1,5 – 2,5 Juta Rupiah : realme 5

svg%3E

Di kisaran harga ini, kami memilih realme 5 sebagai jawaranya. realme 5 memiliki AI Quad Camera yang terdiri dari kamera utama 12 megapixel dengan aperture f/1.8, kamera 8 megapixel dengan lensa ultra-wide 119 derajat, kamera portrait (depth sensor) 2 megapixel, dan kamera 2 megapixel dengan lensa macro 4cm.

Pada sektor performa, realme 5 dipersenjatai Snapdragon 665 AIE 11nm dengan CPU octa-core 2.0GHz. Upgrade yang menggiurkan dari Realme 3 yang menggunakan Helio P60. Di Indonesia sendiri, realme 5 tergolong yang pertama mengadopsi chipset terbaru dari Qualcomm tersebut. Sektor baterai juga menjadi nilai plusnya karena realme membenamkan kapasitas 5.000 mAh.

Simak ulasan lengkap kami tentang keunggulan realme 5 di tautan berikut ini.

Smartphone Terbaik di kelas 2,5 – 3,5 Juta rupiah: realme 5 Pro

svg%3E

Naik ke harga 2,5-3,5 juta, ada saudara realme 5 yang punya spesifikasi lebih menggiurkan, apalagi kalau bukan realme 5 Pro. Desainnya mewah, performanya juga kencang berkat Qualcomm Snapdragon 712 AIE yang membuat smartphone ini sanggup menjalankan game dengan mulus.

Realme 5 Pro didukung 4 kamera belakang. Selain kamera utama 48 megapixel, terdapat kamera ultra-wide 8 megapixel, kamera ultra-macro 2 megapixel dan kamera portrait 2 megapixel. Kamera utama 48 megapixel Realme 5 Pro mampu menghasilkan foto-foto keren di kondisi cahaya ideal dengan mudah. Anda juga bisa mendongkrak saturasi warna dan kontras menggunakan fitur Chroma Boost.

Simak ulasan lengkap kami tentang realme 5 Pro di tautan berikut ini.

Smartphone Terbaik di kelas 3,5 – 4,5 Juta Rupiah: Redmi Note 8 Pro 6/128 GB

svg%3E

Alasan kami tidak memilih Redmi Note 8 Pro di kelas 2,5-3,5 juta rupiah adalah karena menurut kami smartphone ini juga bisa menjadi yang terbaik di kisaran harga 3,5-4,5 juta rupiah. Tentunya varian yang menjadi jawara kami adalah yang memiliki RAM 6 GB dan memori internal 128 GB.

Redmi Note 8 Pro menjadi smartphone pertama di Indonesia yang mengusung MediaTek Helio G90T, yang merupakan salah satu chipset paling kencang di kelas menengah. Redmi Note 8 Pro merupakan smartphone pertama yang diumumkan hadir di Indonesia dengan membawa kamera 64 megapixel. Selain lensa utama dengan bukaan f/1.9 dengan sensor ISOCELL Bright GW1, ada pula 3 kamera lainnya antara lain 8 megapixel f/2.2 ultra wide, 2 megapixel f/2.4 macro, dan 2 megapixel f/2.4 depth sensor.

Tidak ketinggalan, smartphone ini juga punya NFC untuk memudahkan pengguna mengecek dan mengisi saldo e-money. Kombinasi yang menurut kami sangat menarik dan layak membuat Redmi Note 8 Pro menjadi smartphone terbaik Xiaomi untuk pasar Indonesia di tahun 2019.

Simak ulasan lengkap kami tentang Redmi Note 8 Pro di tautan berikut ini.

Smartphone Terbaik di kelas 4,5 – 6 Juta Rupiah: vivo V17 Pro

svg%3E

Satu-satunya smartphone vivo yang ada dalam daftar award tahunan kami di 2019 adalah V17 Pro. Kombinasi layar Ultimate All Screen Super AMOLED 6,44 inci Full HD+ dengan aspect ratio 20:9, 4 kamera belakang yang terdiri dari 48 megapixel f/1.8, 8 megapixel super wide angle, 2 megapixel depth sensor, dan 2 megapixel super macro camera, serta performa apik dengan Snapdragon 675 adalah alasan kami memilihnya di kisaran harga ini.

V17 Pro tampil menggiurkan dengan dual pop-up selfie camera yang diklaim sebagai yang pertama di Indonesia. Sesuai namanya, ada dua kamera depan yang tersembunyi dalam bodi dan baru muncul ketika dibutuhkan. Kedua kamera tersebut adalah 32 megapixel dan 8 megapixel super wide angle. Selain itu, smartphone ini juga sudah menggunakan Screen Touch ID.

Simak ulasan lengkap kami tentang vivo V17 Pro di tautan berikut ini.

Smartphone Terbaik di kelas 6-8 Juta Rupiah, Smartphone dengan Desain Terbaik 2019, Smartphone untuk Selfie Terbaik 2019: Oppo Reno2

svg%3E

OPPO punya sederet produk bagus di sepanjang tahun 2019. Salah satu yang terbaik adalah Reno2, smartphone semi premium yang punya spesifikasi maupun fitur setara flagship, yang kami pilih sebagai jawara di kelas 6-8 juta rupiah. Smartphone ini punya quad-camera 48 MP yang selain jago memotret di berbagai kondisi, juga didukung fitur videografi canggih seperti Ultra Steady Video untuk perekaman stabil tanpa bantuan gimbal.

Tampilannya yang begitu menawan dengan warna Luminous Black dan Sunset Pink juga menjadi pertimbangan kami menobatkan OPPO Reno2 sebagai smartphone dengan desain terbaik 2019. Bukan cuma itu, ia juga kami pilih sebagai smartphone terbaik untuk selfie karena pivot rising camera 16 megapixel-nya memang punya kualitas bagus. Asyiknya lagi, ada teknologi VOOC Flash Charge 3.0 agar proses pengisian daya berlangsung lebih cepat.

svg%3E

Simak ulasan lengkap kami tentang OPPO Reno2 di tautan berikut ini.

Smartphone Terbaik di kelas 8-10 juta rupiah: Oppo Reno 10x Zoom 12 GB

svg%3E

OPPO menggebrak dunia fotografi mobile dengan meluncurkan Reno 10x Zoom yang sesuai namanya, punya kemampuan 5x optical maupun hybrid zoom mumpuni. Smartphone ini dibekali kamera telephoto 13 megapixel dengan desain periskop serta dukunga OIS untuk menjaga gambar tetap tajam.

Selain itu, pengguna juga disuguhkan kamera utama 48 megapixel f/1.7 dan kamera ultra-wide 8 megapixel. Performanya pun super kencang karena dipersenjatai SoC kelas flagship dari Qualcomm, yakni Snapdragon 855, yang membuatnya cocok untuk diajak bermain game kelas berat. Perlu digarisbawahi bahwa varian yang kami pilih adalah yang memiliki RAM 12 GB.

Simak ulasan lengkap kami tentang OPPO Reno 10x Zoom di tautan berikut ini.

Smartphone Terbaik di kelas 10-15 juta rupiah, Smartphone dengan Kamera Terbaik 2019: Huawei P30 Pro

svg%3E

Huawei P30 Pro kami nobatkan sebagai yang terbaik di kelas 10-15 juta rupiah, sekaligus sebagai smartphone paling hebat untuk urusan fotografi. Perangkat yang didukung SoC Kirin 980 ini menawarkan kamera 40 MP f/1.6 dengan OIS, kamera 8 MP telephoto dengan kemampuan 5x optical zoom, kamera 20 MP ultrawide, serta kamera 3D TOF.

Hasil jepretannya tidak perlu diragukan lagi. Di kondisi cahaya yang ideal maupun untuk pemotretan low light, P30 Pro mampu menghasilkan gambar yang memukau. Smartphone ini juga sudah didukung teknologi fast charging 40W yang bisa mengisi daya hingga 70 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Bagi yang ingin tahu lebih lanjut soal Huawei P30 Pro, klik tautan berikut ini.

Smartphone Terbaik di atas 15 juta rupiah, Smartphone Terbaik 2019: iPhone 11 Pro Max

svg%3E

Harus kami akui bahwa Apple tampil cukup cemerlang di tahun 2019 ini dengan meluncurkan iPhone 11 Pro Max. Smartphone tersebut punya layar 6,5 inci dengan teknologi Super Retina XDR yang menjanjikan tingkat kecerahan hingga 1200 nits tapi 15 persen lebih hemat daya. Layar ini juga sudah mendukung HDR 10 maupun Dolby Vision.

Performanya juga luar biasa berkat chipset Apple A13 Bionic 7nm dengan kemampuan CPU yang 20 persen lebih kencang, dan 30 persen lebih efisien. Sementara GPU-nya diklaim 20 persen lebih bertenaga dan 40 persen lebih efisien. Bisa dibilang, ini adalah salah satu chipset paling kencang di ranah smartphone.

Dari sektor fotografi, dengan triple-camera 12 MP yang masing-masing mengusung lensa f/1.8 26mm lengkap dengan OIS dan Dual Pixel AF, lensa tele 52mm 2x optical zoom f/2.0 juga dengan OIS dan Dual Pixel AF, serta lensa ultra-wide 12mm 120 derajat, iPhone 11 Pro Max bisa diandalkan untuk memotret di berbagai kondisi. Ketiga kamera iPhone 11 Pro mampu merekam video 4K di 60 fps. Melalui aplikasi bernama Filmic, pengguna bisa langsung merekam dengan 4 kamera sekaligus, termasuk kamera selfie, secara simultan.

Bagi yang ingin tahu lebih lanjut soal iPhone 11 Pro Max, klik tautan berikut ini.

Smartphone terbaik untuk Gaming 2019: ROG Phone II

svg%3E

Di tahun 2019 Indonesia kedatangan smartphone kelas gaming yang diusung oleh dua brand yang berbeda. Black Shark dengan Black Shark 2 Pro, serta Asus dengan ROG Phone II. Keduanya sanggup untuk diajak bermain game di level yang kompetitif. Tapi yang menjadi jawara kami untuk kategori ini adalah Asus ROG Phone II.

Alasannya, meski performanya sama-sama didukung SoC Qualcomm Snapdragon 855+, ROG Phone II punya keunggulan dari teknologi layar yang sudah mengusung refresh rate 120 Hz. Selain itu, Asus juga menyediakan aksesori gaming yang sangat lengkap untuk menambah keasyikan bermain.

Bagi yang ingin tahu lebih lanjut soal Asus ROG Phone II, klik tautan berikut ini untuk membaca ulasan lengkap kami.

Smartphone Terbaik untuk Bekerja 2019: Samsung Galaxy Note10+

svg%3E

Tidak lengkap rasanya jika award tahunan kami tidak menyertakan Galaxy Note Series. Dari tahun ke tahun, Samsung selalu mampu menciptakan teknologi dan fitur yang sangat ideal untuk membantu para profesional maupun kreator konten bekerja. Karena itu, Galaxy Note10+ kami nobatkan sebagai Smartphone Terbaik untuk Bekerja 2019.

Samsung menghadirkan S Pen dengan kemampuan yang telah tingkatkan, serta teknologi kamera yang lebih canggih khususnya untuk kebutuhan videografi. Ditambah performa kencang berkat chipset Exynos 9825, Galaxy Note10+ adalah perangkat yang handal untuk menciptakan konten secara mobile.

Simak ulasan lengkap kami tentang Samsung Galaxy Note10+ di tautan berikut ini.

Smartphone Paling Inovatif 2019: Samsung Galaxy Fold

svg%3E

Terakhir, Smartphone Paling Inovatif 2019 versi 100% Canggih Award jatuh kepada Samsung Galaxy Fold. Ya, ini adalah smartphone dengan layar lipat pertama yang dijual secara resmi di Indonesia. Harganya pun tidak main-main, sekitar 30 jutaan rupiah!

Samsung Galaxy Fold tampil dengan dua buah layar. Layar eksternalnya berukuran 4,6 inci HD+ dengan aspect ratio 12:9. Layar ini digunakan saat pengguna ingin mengoperasikan Galaxy Fold dengan satu tangan, layaknya ponsel pada umumnya. Yang sangat menarik, ketika flip-nya dibuka, Galaxy Fold menyajikan layar lipat Infinity Flex dengan ukuran 7,3 inci (layar terbuka sempurna), serta resolusi QXGA+ dan aspect ratio 4.2:3.

Fitur menggiurkan lainnya adalah Hexa Camera alias 6 kamera yang terbagi di beberapa lokasi. Di belakang, ada konfigurasi triple-camera yang terdiri dari 16 megapixel ultra-wide, 12 megapixel wide dengan dual-aperture f/1.5 dan f/2.4, serta satu kamera 12 megapixel dengan lensa tele. Pada bagian dengan layar eksternal, ada satu kamera selfie 10 megapixel f/2.2. Sementara di bagian dalam atau lebih tepatnya di pojok kanan atas dari layar layar lipat 7,3 inci, ada kamera ganda yang terdiri dari 10 megapixel f/2.2 dan 8 mengapixel f/1.9.

Bagi yang ingin tahu lebih lanjut soal Samsung Galaxy Fold, klik tautan berikut ini.

Verified by MonsterInsights