SPECIAL REPORT: Gadget & teknologi masa depan dari CES 2020


Review Fujifilm INSTAX Mini Link: Printer INSTAX Pertama Fujifilm dengan Sensor Gerak

Last updated:

Selain kamera mirrorless dan kamera instan, Fujifilm juga tercatat sebagai pabrikan yang cukup rajin menghadirkan printer portabel untuk smartphone. Produk teranyarnya adalah INSTAX Mini Link yang tampil segar dengan desain baru dan membawa sederetan fitur unik yang tidak akan Anda temukan di printer portabel INSTAX sebelumnya. Penasaran apa saja fitur menarik yang ada di printer portabel ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Review Fujifilm INSTAX Mini Link: Printer INSTAX Pertama Fujifilm dengan Sensor Gerak 11

Desain lebih minimalis

Fujifilm INSTAX Mini Link hadir dengan desain baru yang semakin minimalis. Dimensi bodinya yang tampil agak membulat secara keseluruhan masih tergolong ringkas. Bobotnya juga sangat ringan jadi akan mudah diajak kemana saja.

Review Fujifilm INSTAX Mini Link: Printer INSTAX Pertama Fujifilm dengan Sensor Gerak 12

Agar tampilannya tetap terlihat minimalis, Fujifilm INSTAX Mini Link kini ditenagai dengan baterai tanam yang tidak bisa dilepas pasang. Baterainya ini bisa diisi ulang lewat port MicroUSB yang ada di samping kanan bodinya. Sementara, di belakang bodinya terdapat panel penutup yang jika dibuka bisa ditemukan slot untuk memasang Film Instan Instax Mini.

Sensor gerak yang intuitif

Satu fitur paling menarik dari printer ini adalah hadirnya sensor gerak. Fujifilm INSTAX Mini Link adalah printer portabel Fujifilm pertama yang membawa fitur sensor gerak.

Review Fujifilm INSTAX Mini Link: Printer INSTAX Pertama Fujifilm dengan Sensor Gerak 13

Berkat fitur ini pengguna bisa menjalankan banyak fungsi. Seperti misalnya mengontrol kamera smartphone untuk zoom in dan zoom out dari jarak jauh saat mengambil foto dari aplikasinya atau berpindah ke Fun Mode yang bisa dilakukan dengan membaliknya dari posisi vertikal ke horisontal.

Pada prakteknya fitur sensor gerak ini jarang kami gunakan karena terasa kurang responsif. Jadi fitur ini menjadi kurang fungsional meski bisa menghadirkan pengalaman penggunaan yang lebih seru dan intuitif.

Mudah digunakan, fitur berlimpah

Kendati demikian, secara keseluruhan Fujifilm INSTAX Mini Link adalah printer portabel yang sangat mudah digunakan. Berbeda dengan printer INSTAX lainnya yang mengandalkan WiFi, INSTAX Mini Link kini mengandalkan Bluetooth. Imbasnya, INSTAX Mini Link bisa terhubung ke smartphone dengan lebih cepat dan mudah.

Review Fujifilm INSTAX Mini Link: Printer INSTAX Pertama Fujifilm dengan Sensor Gerak 14

Untuk mulai menggunakannya Anda wajib install aplikasi INSTAX Mini Link terlebih dulu yang tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Daya tarik utama INSTAX Mini Link ada di sederetan fitur menarik yang ada di aplikasinya tersebut. Di aplikasinya tersedia dua mode, Print Mode dan Fun Mode.

Di mode Print pengguna bisa menjalankan fungsinya sebagai alat cetak untuk mencetak foto yang tersimpan di memori smartphone. Untuk mencetak foto pengguna bisa memilih langsung dari foto album di smartphone dan pilih perintah cetak. Atau bisa juga swipe ke atas foto tersebut untuk dikirimkan ke INSTAX Mini Link dan proses cetak lansung berjalan. Waktu cetaknya juga relatif cepat dengan hasil cetakan yang cukup tajam.

Tidak hanya itu saja, tersedia juga opsi Video Print yang memungkinkan Anda memilih frame atau adegan tertentu pada video untuk dicetak menjadi foto. Selain itu, hadir juga opsi Instax Camera untuk mengambil foto lewat kamera smartphone kemudian hasilnya bisa langsung dicetak dengan INSTAX Mini Link.

Beralih ke Fun Mode di mode ini opsi cetaknya lebih banyak dan menarik. Ada opsi Party Print yang memungkinkan beberapa pengguna untuk dapat mengirim foto favorit mereka, kemudian Link akan menggabungkannya dalam satu cetakan foto yang unik dan fun. Kemudian, ada opsi Match Test. Di mode ini pengguna bisa mencocokkan kompatibilitas dengan teman atau orang terdekatnya yang hasilnya akan muncul di cetakan foto.

Untuk menghasilkan cetakan foto yang lebih menarik tersedia opsi Frame Print untuk cetak foto dengan beragam pilihan opsi bingkai dan cetak kolase. Selain itu, tersedia juga opsi penyuntingan foto sederhana dan efek filter.

Review Fujifilm INSTAX Mini Link: Printer INSTAX Pertama Fujifilm dengan Sensor Gerak 15

Kesimpulan

Lewat Fujilim Instax Mini Link, Fujifilm berhasil membuktikan printer portabel bisa sangat menyenangkan untuk digunakan. Dengan sederetan fitur baru yang dibawanya printer ini tidak hanya bisa menjadi alat cetak foto tapi bisa juga sebagai medium untuk berinteraksi yang lebih seru dengan sesama. Jika tidak keberatan dengan harga jualnya yang ada di kisaran Rp1.749.000 FujiFilm Instax Mini Link wajib dilirik untuk menjadi printer portabel pertama Anda.

Yangcanggih:
+ Mudah digunakan
+ Bisa terhubung lebih cepat lewat konektivitas Bluetooth
+ Fitur sangat banyak
+ Aplikasi intuitif

Yang kurang:
– Baterai tidak bisa dilepas pasang
– Sensor gerak kurang berguna

Beri komentar

Baca juga
Review Fujifilm INSTAX Mini Link: Printer INSTAX Pertama Fujifilm dengan Sensor Gerak 16
[CES 2020] LG Umumkan Jajaran OLED TV 4K dan 8K untuk Tahun 2020