Quantcast
Game RoomKomputerMonitorNews

ASUS TUF Gaming VG289Q: Monitor Gaming 4K yang Mendukung DCI-P3 90% dan HDR

ASUS mengumumkan monitor di bawah bendera TUF Gaming. Monitor bernama TUF Gaming VG289Q ini disiapkan untuk menyasar gamer di kelas mainstream. Meski bukan untuk para gamer hardcore ASUS TUF Gaming VG289Q tetap sangat menarik karena membawa sederetan fitur kekinian yang telah menjadi standar wajib monitor gaming.

ASUS TUF Gaming VG289Q 1

Resolusi 4K, mendukung DCI-P3 dan HDR

ASUS TUF Gaming VG289Q datang dengan panel layar IPS 28 inci yang resolusinya 4K 3840 x 2160. Panel layarnya ini menawarkan tingkat kecerahan maksimum hingga 350 nits, rasio kontras 1000:1, waktu respon 5 milidetik dan refresh rate 60 Hz.

Selain resolusi 4K keunggulan lain dari monitor ini adalah akurasi warnanya. Menurut ASUS, TUF Gaming VG289Q mampu menampilkan hingga 1.07 milyar warna dan mendukung cakupan gamut warna DCI-P3% hingga 90%. Jadi akan sangat cocok untuk gaming dan multimedia.

TUF Gaming VG289Q juga telah mendukung mode HDR. Tersedia 2 opsi HDR yang bisa dipilih. Pertama, ASUS Multi HDR dengan pilihan ASUS Cinema HDR untuk menonton film dan ASUS Gaming HDR untuk gaming. Untuk opsi kedua adalah mode HDR 10 yang kompatibel dengan semua konten yang mendukung standar HDR10.

Mendukung Adaptive-Sync dan FreeSync

Untuk menghadirkan visual yang lebih mulus, TUF Gaming VG289Q akan kompatibel dengan fitur Adaptive-Sync dari kartu grafis Nvidia GeForce dan FreeSync dari kartu grafis AMD Radeon. Jadi gamer tidak perlu khawatir karena monitor ini akan mendukung kartu grafis dari dua pabrikan tersebut.

ASUS TUF Gaming VG289Q 2

Untuk fitur lain, TUF Gaming VG289Q dilengkapi dengan Gamevisual presets, Gameplus overlays (crosshair, time, FPS counter), dan fitur Shadow Boost untuk mendongkrak area yang gelap agar terlihat lebih terang saat bermain game atau menonton film. Sementara untuk konektivitas, monitor ini telah membawa satu DisplayPort 1.2, dua port HDMI 2.0, dan headphone jack.

Meski sudah diumumkan belum ada info lebih lanjut berapa harga jual dan kapan ASUS TUF Gaming VG289Q akan tersedia di pasaran.

Back to top button