Homepage Gadget Guide realme XT dan realme X2 Pro, Pilih Mana?

[Gadget Guide] realme XT dan realme X2 Pro, Pilih Mana?

Kehadiran realme X2 Pro beberapa waktu yang lalu melengkapi lini produk realme di pasar Indonesia. Jika sebelumnya mereka selalu fokus menawarkan smartphone di segmen entry-level hingga menengah, kini realme sudah punya jagoan di ranah flagship. Peluncurannya pun tergolong cepat karena sebulan sebelumnya realme baru saja merilis realme XT.

Kedua smartphone tersebut memang beda kelas. Jelas dari segi harga realme X2 Pro lebih mahal dengan selisih mencapai 3 jutaan rupiah. Walaupun demikian, tentunya masing-masing produk punya nilai jualnya tersendiri untuk menyesuaikan kebutuhan Anda para pengguna.

[Gadget Guide] realme XT dan realme X2 Pro, Pilih Mana? 1
realme X2 Pro

Setiap pengguna punya gaya pemakaian yang berbeda-beda. Mungkin Anda termasuk pengguna yang hobi bermain game 3D, atau siapa tahu Anda lebih kepada tipe yang gemar sharing keseharian di media sosial. Bukan berarti perangkat yang harganya lebih murah tidak mampu memenuhi ekspektasi Anda.

Itulah yang akan menjadi pembahasan kami di artikel Gadget Guide kali ini. Kami ingin memandu Anda untuk memilih antara realme XT dan realme X2 Pro, bukan dari segi harga melainkan dengan cara menyesuaikan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan Anda ketika membeli smartphone baru. Yuk, langsung saja simak:

1. Game seperti apa yang Anda sukai?

Hampir semua pengguna smartphone gemar bermain games. Tapi yang jadi persoalan, game seperti apa yang Anda sukai? Kalau Anda lebih sering memainkan game-game yang tidak terlalu membutuhkan kemampuan rendering grafis tinggi seperti Candy Crush, Mario Kart Tour, Pokemon Go, Angry Birds 2, Mobile Legends, dan sejenisnya, realme XT yang dipersenjatai chipset Snapdragon 712 AIE sudah lebih dari cukup.

 

Namun kalau Anda termasuk gamer kelas hardcore yang hobi memainkan game dengan visual 3D yang menuntut kinerja hardware lebih berat seperti Call of Duty Mobile, PUBG Mobile, Asphalt 9, Injustice 2, dan sebagainya, maka realme X2 Pro sangat ideal untuk Anda. Smartphone ini sudah dibekali chipset super kencang dari Qualcomm, yakni Snapdragon 855+.

[Gadget Guide] realme XT dan realme X2 Pro, Pilih Mana? 2
realme XT COD Mobile

 

Perlu digarisbawahi bahwa bukan berarti realme XT tidak mampu menjalankan game-game di atas. Hanya saja, pada realme X2 Pro game seperti PUBG Mobile dapat dimainkan dengan setting grafis yang lebih tinggi dan frame rate yang maksimal. Apalagi, layar realme X2 Pro sudah memiliki refresh rate 90Hz.

2. Keduanya punya kamera yang mumpuni

Baik realme XT maupun realme X2 Pro sama-sama memiliki kamera utama 64 megapixel dengan sensor Samsung GW1. Perbedaannya ada pada konfigurasi tiga kamera yang lainnya. realme XT dibekali kamera ultrawide 8 megapixel f/2.3, kamera macro 2 megapixel, dan depth sensor 2 megapixe. Sedangkan realme X2 Pro memiliki kamera telephoto 13 megapixel dengan 5x hybrid zoom, 8 megapixel ultrawide, dan 2 megapixel depth sensor. Kamera selfie keduanya sama, 16 megapixel.

[Gadget Guide] realme XT dan realme X2 Pro, Pilih Mana? 3
Quad-camera realme XT

Walaupun ada perbedaan konfigurasi lensa, menurut kami kemampuan kamera realme XT dan realme X2 Pro kurang lebih sama. Keduanya cukup mumpuni untuk memotret di kondisi cahaya yang ideal, maupun di tempat gelap menggunakan mode Nightscape. Yang menjadi nilai plus realme X2 Pro ada pada kamera telephoto-nya yang akan memudahkan Anda memotret objek dengan jarak yang lebih jauh.

Jadi untuk Anda yang menjadikan kemampuan kamera sebagai pertimbangan utama saat memilih smartphone, realme XT dan realme X2 Pro sama-sama ideal untuk mengabadikan momen sehari-hari dan membagikannya ke media sosial. Untuk merekam video pun keduanya punya kualitas yang oke. Klik di sini untuk melihat hasil foto realme XT, dan klik di sini untuk melihat hasil foto realme X2 Pro.

3. Butuh ruang penyimpanan ekstra?

realme XT didukung memori internal berkapasitas 128 GB, sementara realme X2 Pro 256 GB. Di atas kertas realme X2 Pro memang memiliki ruang penyimpanan yang lebih lega. Tapi sayangnya, realme X2 Pro tidak ada slot untuk memasang kartu memori (microSD).

[Gadget Guide] realme XT dan realme X2 Pro, Pilih Mana? 4

Lain cerita dengan realme XT yang kapasitas penyimpanannya bisa Anda tambahkan melalui microSD hingga 256 GB. Jadi, total memori yang dapat Anda gunakan untuk menampung aplikasi, games, foto, serta video kurang lebih sebesar 384 GB. Memakai microSD juga memudahkan ketika ingin memindahkan semua foto dan video yang tersimpan di dalamnya ke perangkat lain. Nah, tinggal pilih mana yang lebih sesuai dengan Anda.

Selain storage, kapasitas RAM keduanya juga berbeda. realme XT menyediakan opsi hingga 8 GB. Kapasitas yang sudah amat memadai untuk mendukung multitasking. Tapi kalau Anda ingin yang lebih besar, realme X2 Pro hadir dengan RAM 12 GB.

4. realme X2 Pro punya teknologi pengisian daya yang lebih cepat

Kedua smartphone ini sama-sama punya baterai 4.000 mAh. Bedanya, realme XT mengandalkan teknologi VOOC Flash Charge 3.0 sedangkan realme X2 Pro sudah mengadopsi SuperVOOC 50W. Untuk Anda yang selalu mobile dan butuh kemampuan charging yang lebih, jelas realme X2 Pro lebih cocok untuk Anda. Sejauh pengujian kami, dari kondisi baterai di bawah 10 persen hanya butuh waktu sekitar 35 menit untuk dapat terisi penuh. Mantap!

[Gadget Guide] realme XT dan realme X2 Pro, Pilih Mana? 5

5. Yang satu ada NFC, satunya lagi tidak

Anda tinggal di kota besar dan sering menggunakan kartu e-money atau flazz untuk bertransaksi di pintu tol, parkiran mall, MRT, atau Commuter Line? Jika iya, maka realme X2 Pro yang sudah dibekali NFC sangat kami rekomendasikan untuk Anda. Dengan NFC, Anda bisa mengecek dan mengisi ulang saldo e-money langsung dari handphone.

Nah, itulah beberapa pertimbangan yang mungkin bisa membantu Anda memutuskan akan membeli realme XT atau realme X2 Pro. Yang pasti, pilihan terakhir ada pada Anda sendiri. Pilihlah smartphone sesuai dengan kebutuhan. Yang lebih mahal memang selalu terlihat lebih menarik, dan tidak ada salahnya menjatuhkan pilihan jika dana mencukupi. Tapi kalau dengan budget yang lebih murah Anda bisa mendapat kepuasan sesuai dengan ekspektasi Anda, kenapa tidak?

Beri komentar