Homepage Aplikasi Android ColorOS 7: Update OS Paling Besar dari OPPO, Mencakup Hingga OPPO F7

ColorOS 7: Update OS Paling Besar dari OPPO, Mencakup Hingga OPPO F7

Smartphone canggih tidak hanya dilihat dari spesifikasi perangkat kerasnya saja, tapi juga dari software yang dijalankannya. Dengan ColorOS, OPPO berusaha memberikan pengalaman menggunakan smartphone Android yang lebih baik. Dan kini OPPO secara resmi mengumumkan update terbarunya yaitu ColorOS 7.

ColorOS 7: Update OS Paling Besar dari OPPO, Mencakup Hingga OPPO F7 1

Banyak peningkatan kecil yang diberikan seperti ringtone baru serta notifikasi yang lebih baik. OPPO juga meningkatkan alarm dengan memberikan suara salju, rumput serta suara alam lainnya. Ini dipercaya akan membuat mood pengguna lebih baik dibandingkan suara alarm konvensional.

ColorOS 7: Update OS Paling Besar dari OPPO, Mencakup Hingga OPPO F7 2

Juga diperkenalkan OPPO Relax dengan beragam efek suara untuk berbagai kebutuhan, seperti saat bekerja, berolahraga, yoga, dan sebagainya. Kita juga bisa memasukkan efek suara sendiri sesuai selera dan kebutuhan.

ColorOS 7 juga hadir dengan User Interface yang lebih sederhana dan konsisten. Ini membuatnya lebih mudah dan lebih ringkas saat digunakan.

ColorOS 7: Update OS Paling Besar dari OPPO, Mencakup Hingga OPPO F7 3

Sebut saja Modal pages. Inilah tampilan laman baru saat menavigasi fungsi-fungsi ponsel di ColorOS 7. Anda akan disuguhi laman pop-up yang muncul di bawah saat fungsi berganti layar. Untuk membatalkan, cukup geser ke bawah. Untuk menampilkan dalam layar penuh, geser ke atas.

Screenshot atau menangkap layar dengan gesture 3 jari telah diperkenalkan OPPO sejak 2014, kini disempurnakan. Setelah screenshot berhasil ditangkap, geser ke atas untuk long screenshot yang panjangnya melebih layar. Sedangkan geser ke bawah akan langsung membuka menu untuk berbagi ke beragam aplikasi lain.

Peningkatan lain saat melakukan screenshot di sebagian area layar. Tekan agak lama bagian layar yang ingin direkam dengan tiga jari dan geser. Fitur ini akan menghemat banyak langkah bagi yang ingin berbagi sebagian dari layar yang direkam saja.

ColorOS 7: Update OS Paling Besar dari OPPO, Mencakup Hingga OPPO F7 4

Fitur lain yang ditunggu-tunggu adalah Dark Mode. Dalam mode ini, konsumsi daya akan menurun hingga 38 persen. Dark Mode juga berguna agar mata tidak mudah lelah saat menggunakan ponsel di dalam gelap.

Animasi pada menu lebih jelas dan lebih ringan. Diberi nama Quantum Animation Engine. Visual yang lebih ringan juga membuat respons ponsel terasa lebih cepat. Kumpulan ikon barunya juga kini tampil minimalis.

ColorOS 7 juga memperkenalkan tema tampilan baru yang akan dapat diunduh gratis. Selain itu, juga ada Theme Editor. Fitur ini memudahkan pengguna untuk menciptakan tema tampilan unik yang bisa diunggah langsung.

Filosofi ColorOS 7 adalah UI First, memrioritaskan respons pada pengguna. Mengingat pengguna modern selalu menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, OPPO meningkatkan respons sistem hingga 30% dibandingkan ColorOS 6. Ini akan membuat ponsel lama akan terasa lebih cepat saat menggunakan ColorOS 7.

Performa gaming juga penting. Menurut OPPO ada dua faktor yang memengaruhi performa saat main game yaitu respons pada sentuhan jari yang kurang cepat atau halus dan lag atau frame rate yang tidak stabil atau rendah. Untuk mengatasi hal itu, OPPO memperkenalkan oSense, mekanisme pengaturan CPU yang mempercepat kinerja visual. Hasilnya, aplikasi akan terasa lebih cepat. Dibandingkan ColorOS 6, frame rate meningkat 19% dan respons meningkat 15%.

Selain itu juga ada beberapa fitur keamanan seperti App Lock, untuk bisa melakukan enkripsi pada aplikasi pilihan. Jadi aplikasi tersebut hanya bisa dibuka dengan password atau fingerprint. Kemudian ada Private Safe. Fitur ini berguna untuk membatasi siapa saja yang dapat mengakses dokumen, video, foto, audio. Jadi dokumen yang tersimpan di folder khusus yang bisa dibuka dengan password. Ini berguna jika Anda ingin meminjamkan ponsel ke teman dan tidak ingin teman melihat foto atau dokumen tertentu.

Photography Experience di ColorOS 7

Peningkatan di sektor fotografi dan videografi ternyata juga menarik.

ColorOS 7: Update OS Paling Besar dari OPPO, Mencakup Hingga OPPO F7 5

Yang pertama adalah A.I. Beautification versi 2.0. Pada versi 2 ini, foto selfie akan memiliki detail lebih baik, termasuk rambut serta mampu menangkap karakter wajah seperti alis, pipi dan skintone dengan lebih baik. Hasil beautifikasi juga akan terlihat lebih natural.

ColorOS 7: Update OS Paling Besar dari OPPO, Mencakup Hingga OPPO F7 6

Fotografi pada malam hari juga lebih baik, dengan Ultra Dark Mode. Fitur ini sudah ada di OPPO Reno2. Dengan Ultra Dark Mode, noise akan lebih rendah, begitu juga tingkat kecerahan. Secara keseluruhan, hasil foto akan lebih jernih dan lebih tajam dibandingkan foto pada kondisi yang sama dengan Night Mode biasa.

ColorOS 7: Update OS Paling Besar dari OPPO, Mencakup Hingga OPPO F7 7
Soloop yang ada di OPPO Reno2 juga akan hadir sebagai update ColorOS 7. Aplikasi ini membuat editing video lebih mudah karena dilakukan otomatis. Pengguna cukup memilih template dan suara, lalu Soloop akan menghasilkan video pendeknya.

ColorOS 7: Update OS Paling Besar dari OPPO, Mencakup Hingga OPPO F7 8

Satu lagi kejutan dari ranah fotografi adalah pengumuman OPPO yang bekerjasama dengan Google untuk menghadirkan Google CameraX. Hasil kerjasama ini baru akan bisa dilihat bulan Mei 2020. Proyek ini merupakan kolaborasi OPPO, Google dan developer aplikasi. Nanti developer aplikasi akan bisa langsung memanfaatkan kelebihan hardware seperti sensor untuk menghasilkan kualitas foto lebih baik dibandingkan aplikasi kamera yang lama.

Update ColorOS 7 ini akan dibagi dalam beberapa tahap. Berikut jadwal dan tipe perangkat yang akan kebagian update ColorOS 7.

ColorOS 7: Update OS Paling Besar dari OPPO, Mencakup Hingga OPPO F7 9

Beri komentar