[Tips] Cara Mudah Menemukan Lokasi iPhone dan AirPods yang Hilang

Pernahkah Anda lupa dimana meletakkan iPhone dan AirPods Anda? Mungkinkah perangkat Anda hilang? Untuk mengatasi masalah tersebut, Apple memberikan solusi lewat aplikasi bernama Find My yang hadir melalui update sistem operasi teranyar mereka, yakni iOS 13. Sekadar informasi, Find My merupakan aplikasi hasil penggabungan antara Find My Friends dan Find My iPhone.

Bila Find My iPhone memungkinkan Anda untuk melacak lokasi perangkat yang terhubung dengan Apple ID, aplikasi Find My justru bisa menemukan iPhone atau AirPods yang hilang dalam keadaan offline alias perangkat tersebut tidak terkoneksi dengan WiFi.

svg%3E
Sumber: 9to5mac.com

Nantinya, aplikasi Find My akan mengirimkan semacam sinyal lewat Bluetooth ke perangkat yang ingin Anda temukan, dan perangkat itu akan mengirimkan sinyal balik ke Anda untuk memberitahukan lokasinya. Metode ini juga diklaim aman karena sinyal yang dikirimkan akan terenkripsi, jadi semua privasi terjaga.

Nah, bagaimana cara menggunakan aplikasi Find My untuk menemukan iPhone atau AirPods Anda yang hilang? Yuk, simak beberapa poin di bawah ini:

1. Bukan aplikasi Find My di perangkat iOS Anda yang tidak hilang, dan sudah mengadopsi iOS 13 atau macOS Catalina.

svg%3E

2. Klik tab ‘Devices’ di bagian bawah layar.

3. Cari perangkat yang ingin Anda temukan pada daftar yang tersedia. Perlu digarisbawahi, perangkat yang ada dalam daftar adalah sudah terkoneksi dengan Apple ID Anda.

4. Pilih perangkat yang hilang tersebut, dan Anda akan diberikan tiga opsi, yakni Erase, Mark as Lost, atau Play a Sound. Pilih Play a Sound agar iPhone atau AirPods yang hilang bisa mengeluarkan suara untuk memudahkan Anda menemukannya.

Mudah, ‘kan? Semoga artikel kali ini bermanfaat dan selamat mencoba!