Review ASUS VivoBook A412FL: Laptop 14 inci Paling Ringkas dengan Pilihan Warna Trendi

4
Cek Harga

Lewat teknologi layar NanoEdge Display andalannya ASUS berhasil menyiasati dimensi laptop agar semakin ringkas. Setelah sukses di lini laptop premium ASUS ZenBook, ASUS akhirnya menerapkan teknologi layar NanoEdge Display ini di lini VivoBook A412FL. Ingin tahu lebih lanjut apa saja keunggulan laptop ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Review ASUS VivoBook A412FL: Laptop 14 inci Paling Ringkas dengan Pilihan Warna Trendi 1

Laptop 14 inci paling ringkas dan dengan pilihan warna trendi

Dimensi yang sangat ringkas menjadi salah satu kelebihan dari VivoBook A412FL. Rahasianya adalah teknologi panel layar NanoEdge Display yang diusungnya. Dengan ketebalan bingkai layar hanya 5,7mm rasio panel layar ke bodinya bisa mencapai hingga 87%. Bingkai layarnya ini pun masih bisa memuat sebuah webcam. Dengan begitu meski membawa panel layar berukuran 14 inci dimensinya bisa lebih ringkas dari laptop 14 inci sekelasnya.

Review ASUS VivoBook A412FL: Laptop 14 inci Paling Ringkas dengan Pilihan Warna Trendi 2

Pilihan warnanya pun sangat istimewa. Bahkan, jarang bisa kami temukan pilihan warna secantik ini di laptop lain. Dengan 4 pilihan warna trendi yang terdiri dari Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue dan Coral Crush ASUS VivoBook A412FL berhasil menjadi laptop 14 inci paling ringkas dan berwarna. Selain dimensi yang ringkas, bobotnya juga sangat ringan yakni hanya sekitar 1,5 kg. Jadi akan sangat cocok untuk kawula muda yang bermobilitas tinggi dan gemar tampil gaya.

Port konektivitasnya yang dibawanya juga cukup lengkap. Di sisi kiri kanan bodinya bisa ditemukan 1 port USB 2.0, 1 port USB 3.1 Tipe C, 1 port USB 3.0, 1 port HDMI dan audio jack.

Layar cukup memuaskan

ASUS VivoBook A412FL hadir dengan panel layar anti glare yang resolusinya Full HD 1920 x 1080 pixel. Panel layarnya ini bisa menghasilkan visual yang tajam dengan warna cukup baik.

Review ASUS VivoBook A412FL: Laptop 14 inci Paling Ringkas dengan Pilihan Warna Trendi 3

Keuntungan dari panel layar Anti glare ini panel layarnya tidak memantulkan bayangan jadi akan cukup nyaman di mata. Berkat bingkai layar yang lebih tipis layarnya ini juga terlihat lebih luas sehingga semakin menyenangkan apalagi untuk menikmati konten multimedia.

Secara keseluruhan kami cukup puas dengan layar VivoBook A412FL meski warna yang tersaji dilayarnya akan terlihat agak buram jika dilihat dari sudut tertentu.

Desain Ergolift yang nyaman digunakan

Tidak hanya mengadopsi layar NanoEdge, VivoBook A412FL juga membawa rancangan Ergolift andalan ASUS. Berkat Ergolift Design, posisi keyboard menjadi lebih ergonomis dan nyaman digunakan saat mengetik. Ergolift juga membuat sistem pendingin di VivoBook Ultra A412 dapat bekerja lebih optimal.

Review ASUS VivoBook A412FL: Laptop 14 inci Paling Ringkas dengan Pilihan Warna Trendi 4

Rancangan Ergoliftnya tersebut turut disokong dengan keyboard bergaya chiclet yang nyaman digunakan untuk mengetik. Keyboardnya ini juga turut dilengkapi dengan lampu backlit untuk mendukung kegiatan mengetik di kondisi temaram. Satu kekurangan yang menurut kami ada di area keyboardnya adalah posisi tombol Power yang berada di sisi sudut kanan atas. Tombol ini sering kali tidak sengaja tertekan saat ingin menekan tombol delete yang tepat berada di sebelah kirinya.

Menemani Keyboardnya ASUS menghadirkan Touchpad Mouse yang juga nyaman digunakan untuk bernavigasi. Respon Touchpad Mouse tersebut dengan sentuhan jari amat baik. Sebagai fitur pengaman tambahan di Touchpad mouse tersebut juga bisa ditemukan sebuah sensor sidik jari.

Performa memuaskan

ASUS VivoBook A412FL hadir dengan beragam spesifikasi dari Intel Core i3 hingga Intel Core i7. Untuk model yang kami terima adalah ASUS VivoBook A412FL yang menggunakan prosesor Intel Core i7 dengan RAM 8GB dan sektor grafis yang dipercayakan pada Nvidia GeForce MX250 2GB. Untuk hasil benchmarknya berikut ini:

Dengan spesifikasinya tersebut ASUS VivoBook A412FL berhasil menawarkan pengalaman komputasi yang mulus. Nyaris tidak terasa lag saat kami menggunakannya. Beragam tugas komputasi harian kami seperti mengolah dokumen dan berselancar di internet bisa dijalankan dengan tanpa masalah. Spesifikasinya ini pun masih sanggup digunakan untuk menyunting foto dan video sederhana hingga menikmati konten multimedia di resolusi 4K.

Berkat ruang penyimpanan SSD kami juga bisa merasakan waktu booting Windows yang relatif sangat singkat. Ruang penyimpanan SSD yang dibawanya ini juga sangat besar yakni berkapasitas 512GB. Jadi Anda tidak perlu khawatir ruang penyimpanannya akan cepat habis.

Berkat kartu grafis diskrit Nvidia GeForce MX250 2GB yang dibawanya pengguna masih diijinkan bermain game. Kinerja gamingnya cukup memadai dan sebagai gamer kasual yang tidak memerlukan kinerja grafis di pengaturan paling optimal kami cukup puas dengan performa gaming yang ditawarkan. Game seperti PUBG Lite yang sedang tren saat ini masih bisa dijalankan ASUS VivoBook A412FL dengan lancar. Cukup sebagai sarana hiburan di kala senggang. Jika Anda mengharapkan laptop ini untuk bermain game di pengaturan grafis maksimal jelas ASUS VivoBook A412FL bukan pilihan yang tepat.

Satu keistimewaan yang kami rasakan dari ASUS VivoBook A412FL adalah manajemen thermal yang amat baik. Berkat rancangan ErgoLift bagian bawah laptop ini sedikit terangkat dan menjadikan sirkulasi udara menjadi lebih optimal. Hasilnya, meski digunakan dengan cukup intens area keyboardnya bisa tetap terasa adem. Kinerja kipasnya pun relatif senyap.

Daya tahan baterai kurang panjang

Membawa spesifikasi yang bertenaga dan performa yang memuaskan ASUS VivoBook A412FL sayangnya tidak diimbangi dengan daya tahan baterai yang tahan lama. Saat kami gunakan dengan skema untuk mengetik, sesekali menikmati konten Youtube, browsing, dan terhubung ke WiFi hotspot dengan pengaturan gelap terang 50%, baterainya ini sanggup bertahan hingga nyaris 5 jam. Untunglah ASUS melengkapinya dengan charger yang ukurannya kecil dan ringan jadi sangat mudah diajak berpergian.

Kesimpulan

ASUS VivoBook A412FL adalah laptop yang sangat menarik di kelas laptop 14 inci. Dengan rancangan bodi lebih ringka yang di atas rata-rata laptop 14 inci pada umunya, bobot ringan, performa bertenaga, kapasitas ruang penyimpanan SSD besar dan beragam pilihan warna yang jarang kami temukan di laptop manapun, ASUS VivoBook A412FL wajib dilirik untuk para anak muda terutama pelajar dan mahasiswa yang gemar tampil gaya dan sering bermobilitas. Tentunya jika tidak keberatan dengan harga jualnya yang berada di kisaran 16 jutaan.

Yang Canggih:
+ Desain ringkas
+ Bobot ringan
+ Kapasitas SSD Besar
+ Performa oke
+ Pilihan warna sangat menarik
+ Desain Ergolift dan keyboard nyaman digunakan untuk mengetik

Yang kurang
– Layar kurang memuaskan
– Baterai kurang tahan lama

Dengan rancangan bodi lebih ringkas yang di atas rata-rata laptop 14 inci pada umunya, performa bertenaga, kapasitas ruang penyimpanan SSD besar dan beragam pilihan warna yang jarang kami temukan di laptop manapun, ASUS VivoBook A412FL wajib dilirik untuk para anak muda terutama pelajar dan mahasiswa yang gemar tampil gaya dab sering bermobilitas.

4
Cek Harga

Beri komentar