Quantcast
AndroidAplikasiiOS (iPhone/iPad)NewsTips

[Tips] Cara Mudah Mengaktifkan Dark Theme di Aplikasi Gmail Untuk Android dan iOS

Dark mode atau antarmuka tema dengan visual latar serba hitam belakangan menjadi sangat populer di smartphone. Pasalnya, dengan latar warna gelap akan terasa lebih nyaman di mata dan secara bersamaan bisa menghemat baterai smartphone.

dark theme gmail 1

Google dan Apple pun telah mengadopsi Dark Mode di sistem operasi Android dan iOS. Bahkan, kini Google secara resmi mengumumkan kehadiran antarmuka tema serba hitam di pembaruan aplikasi Gmail untuk smartphone Android dan iOS.

Pembaruan aplikasi Gmail dengan Dark Theme ini digulirkan mulai tanggal 24 September 2019. Nah, jika aplikasi Gmail Anda sudah mendapat pembaruan dengan Dark Theme, berikut tips untuk mengaktifkan mode tersebut.

Untuk pengguna iPhone

  • iPhone yang menjalankan iOS 11 atau iOS 12 bisa mengaktifkan Dark Theme dengan cara buka aplikasi Gmail, pilih opsi Settings, kemudian pilih Theme dan pilih “Dark”.
  • Untuk iPhone yang sudah menjalankan iOS 13 terbaru, Anda hanya perlu masuk ke Settings, pilih Display & Brightness, dan pilih opsi Dark Mode. Secara otomatis Dark Theme di Gmail akan langsung aktif. Atau, bisa juga dilakukan secara manual dengan buka aplikasi Gmail, pilih opsi Settings, kemudian pilih Theme dan pilih “Dark”.

Untuk pengguna Android

  • Smartphone Android yang menjalankan Android 10, di Setting kemudian pilih opsi Display dan aktifkan opsi Dark Theme. Secara otomatis aplikasi Gmail akan langsung mengikuti antarmuka tema sistem menjadi serba gelap.

  • Alternatif lain, untuk smartphone Android yang belum menjalankan sistem operasi Android 10, Dark Theme bisa diaktifkan dengan cara masuk ke aplikasi Gmail, pilih Setting, pilih Theme dan aktifkan mode “Dark”.

Selamat mencoba!

Back to top button