Home Foto & Video Sony FX9: Kamera XDCAM dengan Sensor 6K dan E-Mount

Sony FX9: Kamera XDCAM dengan Sensor 6K dan E-Mount

Untuk mempermudah videografer membuat konten video di resolusi yang lebih tinggi, Sony mengumumkan kamera video FX9. Kamera XDCAM ini datang dengan sensor full frame yang resolusinya 6K.

Sony FX9: Kamera XDCAM dengan Sensor 6K dan E-Mount 1

Sensor 6K terbaru

Menurut Sony, sensor EXMOR R 6K yang ada di FX9 merupakan sensor full frame terbarunya. Sensor ini menawarkan cakupan dynamic range hingga lebih dari 15 stop dan mendukung Dual Base ISO (ISO 800 dan 4000 di S-Log3) yang diadopsi dari kamera Sony Venice. Fitur unggulannya yang lain kamera ini juga bisa merekam video 4K 4:2:2 10 bit secara internal tanpa perlu bantuan recorder eksternal tambahan.

Satu hal yang cukup disayangkan, meski Sony FX9 dipersenjatai sensor 6K kemampuan rekam videonya hanya mendukung hingga resolusi 4K 3840 x 2160 pixel saja. Tapi, kedepannya Sony menjanjikan pembaruan yang akan memungkinkan kamera ini bisa merekam video hingga resolusi 4096 x 2160 pixel. Untuk merekam gerakan lambat Sony FX9 mendukung perekaman video Full HD di 120fps.

Mendukung E-mount

Di sektor lensa Sony FX9 mendukung ekosistem lensa Sony E-mount. Bersamaan dengan diluncurkannya kamera ini Sony juga memperkenalkan lensa FE C 16-35mm T3.1 G. Lensa E-mount khusus untuk video ini membawa rancangan dua elemen lensa Extreme Aspherical, dan floating focus untuk meningkatkan kinerja autofocus di semua rentang zoom.

Untuk fitur lain, Sony FX9 dilengkapi sistem autofocus Fast Hybrid AF yang didukung 561 titik Autofocus phase-detection, menyediakan fitur ND Elektronik terintegrasi, dan mendukung ragam aksesoris termasuk wireless mic Sony UWP-D serta extender kit XDCA-FX9. Extender kit ini bisa memungkinkan Sony FX9 untuk merekam video 4K Super35 10-bit di 120fps.

Sony FX9 akan mulai tersedia di pasaran akhir tahun 2019. Belum ada info resmi berapa harga jualnya nanti di pasaran.

Sony FX9: Kamera XDCAM dengan Sensor 6K dan E-Mount 2
Renhard Harjantohttps://www.yangcanggih.com
Menulis tentang gadget sejak tahun 2011, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari smartphone, tablet, komputer, hingga fotografi dan videografi.

Beri komentar