Home Foto & Video Canon EOS 90D dan EOS M6 Mark II: DSLR dan Mirrorless...

Canon EOS 90D dan EOS M6 Mark II: DSLR dan Mirrorless Pertama Canon yang Bisa Rekam Video 4K Tanpa Crop

Beragam model kamera digital baru di tahun ini memang masih didominasi oleh kamera mirrorless. Tapi, bukan berarti kamera DSLR sudah sepi peminat. Nah, untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna Canon merilis langsung dua kamera digital baru yakni Canon EOS 90D dan EOS M6 Mark II.

Canon EOS 90D dan EOS M6 Mark II:  DSLR dan Mirrorless Pertama Canon yang Bisa Rekam Video 4K Tanpa Crop 1

Spesifikasi sama

Canon EOS 90D dan EOS M6 Mark II menjadi sangat menarik karena keduanya mengusung satu platform spesifikasi yang sama. Menurut Canon, ada 5 kesamaan utama antara kedua kamera ini.

Pertama, Canon EOS 90D dan EOS M6 Mark II sama-sama membawa sensor APS-C 32.5 megapixel yang dipasangkan dengan prosesor Canon DIGIC 8. Kedua, sektor autofocus keduanya dipercayakan pada teknologi Dual Pixel CMOS AF.

Canon EOS 90D dan EOS M6 Mark II:  DSLR dan Mirrorless Pertama Canon yang Bisa Rekam Video 4K Tanpa Crop 2

Ketiga, Canon EOS 90D dan EOS M6 Mark II menjadi yang pertama di lini DSLR dan mirrorless Canon dengan kemampuan perekaman video 4K UHD hingga 30p dan Full HD 120p tanpa crop. Keempat, shutter elektronik kedua kamera ini mendukung kecepatan minimum hingga 1/16000th, dan fitur terakhir keduanya telah dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth serta WiFi.

Beda gaya, beda fitur

Meski spesifikasi keduanya sama, tetap ada perbedaan antara EOS 90D dan EOS M6 Mark II. Canon EOS 90D adalah kamera DSLR, sementara EOS M6 Mark II kamera mirrorless. Mengadopsi gaya yang berbeda fitur keduanya pun berbeda.

Canon EOS 90D dan EOS M6 Mark II:  DSLR dan Mirrorless Pertama Canon yang Bisa Rekam Video 4K Tanpa Crop 3

Sebagai kamera DSLR kelebihan Canon EOS 90D adalah hadirnya jendela bidik optical. Selain itu, Canon juga telah melengkapinya dengan layar sentuh LCD vari-angle 3 inci.

Canon EOS 90D dan EOS M6 Mark II:  DSLR dan Mirrorless Pertama Canon yang Bisa Rekam Video 4K Tanpa Crop 4

Nah, Canon EOS M6 Mark II sebagai kamera mirrorless juga punya kelebihan. Pertama, desain bodi yang lebih ringkas dan mudah di bawa kemana saja. Cocok untuk Anda yang gemar memotret tapi tidak ingin repot membawa kamera DSLR yang ukurannya lebih bongsor. Kedua, Canon EOS M6 Mark II dilengkapi layar sentuh 3 inci bermodel tilt yang bisa dilipat ke atas. Jika ingin memotret dengan dukungan jendela bidik, Canon juga telah menyediakan opsi aksesoris jendela bidik elektronik yang dijual terpisah.

Canon EOS 90D dan EOS M6 Mark II:  DSLR dan Mirrorless Pertama Canon yang Bisa Rekam Video 4K Tanpa Crop 5

Sebagai kamera mirrorless Canon EOS M6 Mark II unggul di kemampuan memotret tanpa henti. Canon EOS M6 Mark II bisa memotret tanpa henti hingga 14fps dengan fungsi AF dan AE tracking, sementara EOS 90D hanya mampu hingga 10fps saja. Kendati demikian, kemampuan memotret tanpa henti EOS 90D ini meningkat cukup signifikan jika dibandingkan EOS 80D yang hanya 7 fps.

Canon EOS 90D dan EOS M6 Mark II rencananya akan mulai tersedia di pasaran bulan September ini. Untuk Canon EOS 90D dijual dengan harga mulai dari US$1199 untuk bodi saja dan Canon EOS M6 Mark II harganya mulai dari US$850 untuk bodi saja.

Canon EOS 90D dan EOS M6 Mark II:  DSLR dan Mirrorless Pertama Canon yang Bisa Rekam Video 4K Tanpa Crop 6
Renhard Harjantohttps://www.yangcanggih.com
Menulis tentang gadget sejak tahun 2011, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari smartphone, tablet, komputer, hingga fotografi dan videografi.