Home Home Gadget Honor Vision: Smart TV Pertama dengan Harmony OS dari Huawei

Honor Vision: Smart TV Pertama dengan Harmony OS dari Huawei

Di bawah bendera Honor, Huawei merilis TV pintar atau Smart TV yang diberi nama Honor Vision. Satu hal yang istimewa TV ini adalah produk pertama Huawei dengan sistem operasi HarmonyOS yang dikembangkan oleh Huawei sebagai alternatif sistem operasi Android.

Honor Vision: Smart TV Pertama dengan Harmony OS dari Huawei 1

Bawa panel layar 4K HDR

Huawei Honor Vision hadir dengan desain yang sangat cantik. Desainnya terlihat nyaris tanpa bingkai dengan rasio perbandingan layar ke bodi mencapai 94%. Panel layarnya hadir dengan ukuran 55 inci yang resolusinya 4K 3840 x 2160 pixel. TV pintar ini juga telah mendukung fitur HDR, gamut warna NTSC 87 persen dan menawarkan tingkat kecerahan layar hingga 400 nits.

Untuk mendukung fitur pintarnya, Honor Vision diotaki chipset Hongjun 28nm 818 yang dikembangkan Huawei HiSilicon dengan Baidu. Menurut Huawei chipset tersebut dioptimalkan untuk output audio dan video resolusi tinggi yang mendukung video H.265 hingga resolusi 4K di 60fps.

Lalu apa istimewanya HarmonyOS di TV ini? Menurut Huawei, HarmonyOS adalah sistem operasinya yang dikembangkan untuk perangkat pintar termasuk smartphone, speaker, TV dan lainnya. HarmonyOS didukung fitur HiLink yang memungkinkan Honor Vision bisa bertindak sebagai hub untuk mengendalikan semua perangkat pintar di rumah. Tidak hanya itu saja, pengguna juga bisa melakukan streaming, berbagi file hingga mengendalikan TV ini dari smartphone atau tablet.

Tersedia 2 pilihan

Honor Vision: Smart TV Pertama dengan Harmony OS dari Huawei 2
Honor Vision tersedia dengan dua pilihan model yaitu versi standar dan pro. Untuk versi pro dilengkapi tambahan kamera pop-up 1080p yang bisa digunakan untuk panggilan video dengan dukungan fitur AI termasuk pengenal wajah, dan pelacakan postur serta gerak tubuh. Di versi pro ini Huawei juga menyediakan ruang penyimpanan yang lebih besar yakni 32GB, dua kali lebih besar dari versi standarnya yang hanya 16GB.

Untuk fitur lain, Honor Vision dilengkapi dengan 6 mic yang bisa digunakan untuk mengendalikan asisten virtualnya yang bernama YoYo. Lewat bantuan YoYo pengguna juga bisa berinteraksi dengan TV ini hanya melalui perintah suara dari jarak hingga sekitar 5 meter.

Honor Vision dijual dengan harga mulai dari US$538 untuk versi standarnya dan US$680 untuk versi pro. Untuk sementara produk ini hanya akan tersedia di Cina dan belum ada info kapan akan tersedia secara global.

Honor Vision: Smart TV Pertama dengan Harmony OS dari Huawei 3
Renhard Harjantohttps://www.yangcanggih.com
Menulis tentang gadget sejak tahun 2011, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari smartphone, tablet, komputer, hingga fotografi dan videografi.