Home Komputer Review HP Pavilion 14-ce2012TX: Laptop 14 inci dengan Desain Premium dan Harga...

Review HP Pavilion 14-ce2012TX: Laptop 14 inci dengan Desain Premium dan Harga yang Kompetitif

Selain spesifikasi dan fitur, desain juga telah menjadi salah satu elemen penting yang mulai diperhatikan konsumen saat memilih laptop. Untuk itulah pabrikan laptop kini berlomba-lomba menghadirkan inovasi desain laptop yang menonjolkan desain memikat tapi tetap membawa performa bertenaga. Nah, HP Pavilion 14 adalah salah satu laptop yang memenuhi kriteria tersebut. Menariknya lagi harga jual laptop ini juga relatif ramah di kantong. Apakah strategi ini bisa menjadikan HP Pavilion 14 sanggup bersaing dengan kompetitornya?

Review HP Pavilion 14-ce2012TX: Laptop 14 inci dengan Desain Premium dan Harga yang Kompetitif 1

Desain premium

Kepiawain HP meracik laptop dengan desain yang mewah bisa terlihat di lini Spectre dan Envy yang masuk di kelas premium. Nah, estetika desain tersebut kemudian ditularkan ke HP Pavilion 14.

Review HP Pavilion 14-ce2012TX: Laptop 14 inci dengan Desain Premium dan Harga yang Kompetitif 2

Laptop ini hadir dengan desain yang sangat modern. Sekilas desainnya mirip dengan HP Envy. Tarikan garis-garis tegas, sudut bodi yang agak membulat dan layar dengan bingkai yang tipis sangat menonjol di laptop ini.

Istimewanya, bodi dan cover penutup HP Pavilion 14 datang dengan material bodi anodized metal. Hanya panel bawah bodinya saja yang mengusung material plastik. Berkat material tersebut selain berhasil mendongkrak tampilannya agar terlihat mewah dan premium, bodinya pun terasa amat kokoh.

Review HP Pavilion 14-ce2012TX: Laptop 14 inci dengan Desain Premium dan Harga yang Kompetitif 3

HP juga sangat detil memperhatikan setiap elemen desain dari HP Pavilion 14. Ini bisa terlihat dari grill speaker di atas keyboardnya yang mengusung pola segitiga mirip HP Envy dan sensor sidik jari yang disembunyikan di sisi kanan bodinya agar area keyboardnya tetap terlihat minimalis.

Review HP Pavilion 14-ce2012TX: Laptop 14 inci dengan Desain Premium dan Harga yang Kompetitif 4

Penempatan port konektivitas di sisi kiri dan kanan bodinya juga rapih dan tidak menggangu satu sama lain. Port konektivitas yang dibawanya pun sangat lengkap meski ketebalan bodinya cukup ramping. Di sisi kiri bodinya terdapat 2 port USB 3.1 gen 1 Type-A, slot kartu memori SD, jack audio 3,5mm dan di sisi kanan bisa ditemukan port RJ45, HDMI, dan USB 3.1 Gen 1 Type-C.

Lalu bagaimana dengan portabilitasnya? Dengan bobot mulai dari sekitar 1,6 Kg menurut kami HP Pavilion 14 masih relatif ringan meski dimensinya bukan yang paling ringkas di kategori laptop 14 inci.

Layar cukup memuaskan

Review HP Pavilion 14-ce2012TX: Laptop 14 inci dengan Desain Premium dan Harga yang Kompetitif 5

Di sektor layar HP Pavilion 14 hadir dengan layar Micro-Edge display yang bingkainya terlihat tipis. Layarnya sendiri mengusung panel layar IPS anti glare yang resolusinya Full HD 1920 x 1080 pixel. Visual di layarnya ini terlihat tajam, teks bisa ditampilkan dengan sangat jelas dan warna yang tersaji di layarnya relatif akurat. Layarnya juga nyaman di mata karena minim pantulan bayangan. Walau begitu, layarnya agak sulit terlihat terutama di bawah kondisi matahari terik. Jadi, kurang ideal untuk penggunaan di luar ruangan.

Keyboard dan trackpad mouse nyaman digunakan

Review HP Pavilion 14-ce2012TX: Laptop 14 inci dengan Desain Premium dan Harga yang Kompetitif 6
Untuk menunjang kegiatan mengetik, HP Pavilion 14 hadir dengan keyboard bergaya chiclet. Tombol-tombol keyboardnya tersebut tidak terlalu rata dengan bodi, ukurannya cukup besar dan jarak antar tombolnya juga cukup berdekatan. Ini menjadikan mengetik di atas keyboardnya sangat nyaman, apalagi bagi pengguna yang sering mengetik dengan cepat. Keyboardnya ini juga semakin menarik dengan hadirnya lampu backlit yang bisa diaktifkan dengan menekan tombol F5. Lampu backlit keyboardnya bahkan bisa diatur tingkat gelap terangnya sesuai kebutuhan pengguna.

Bergeser ke bawah area keyboardnya, trackpad mouse HP Pavilion 14 hadir dengan dimensi yang relatif lebar. Dengan demikian jari bisa menggerakan kursor mouse ke semua area layar tanpa harus mengangkat jari. Respon trackpad mousenya tersebut dengan jari sangat baik. Tombol klik kiri dan kanannya yang menyatu langsung dengan trackpad tersebut juga nyaman untuk ditekan.

Performa memadai

Untuk mencukupi kebutuhan komputasi harian Anda, HP Pavilion 14 diotaki prosesor Intel
Intel Core i7-8565U yang disokong RAM 8GB dan kartu grafis disktrit Nvidia GeForce MX250 2GB. Hasil benchmarknya berikut ini:

Untuk produktivitas harian seperti mengolah dokumen, multitasking hingga menikmati konten multimedia dari pengujian kami spesifikasinya sudah lebih dari cukup dan sangat bisa diandalkan. Penyuntingan foto dan video sederhana juga masih mumpuni. Berkat ruang penyimpanan SSD waktu booting Windows 10 juga terasa sangat singkat. Bahkan, selain SSD dengan kapasitas 256GB tersebut ruang penyimpanannya masih ditambah lagi dengan dukungan hard disk dengan kapasitas 1TB. Jadi Anda tidak perlu khawatir ruang penyimpanannya akan cepat habis.

Berkat kartu grafis diskrit Nvidia GeForce MX250 2GB HP Pavilion 14 juga masih sanggup menjalankan game-game kasual yang tidak memerlukan kinerja grafis berat. Tapi, untuk game-game kelas AAA yang rakus pemrosesan grafis laptop ini memang bukan pilihan yang tepat. Sementara sektor audionya juga tergolong memuaskan berkat dukungan speaker dari pabrikan Bang & Olufsen.

Satu kekurangan dari laptop ini adalah manajemen thermalnya yang kurang optimal. Di saat beban komputasi maksimal area keyboardnya akan terasa agak hangat. Selain itu kinerja kipasnya juga relatif bising.

Kendati demikian, untunglah HP menyertakan teknologi HP CoolSense di HP Pavilion 14. HP CoolSense bisa mendeteksi apakah laptop di posisi diam atau tidak dan secara otomatis akan mengatur kecepatan kipas pendingin menyesuaikan kinerja komputer. Dengan demikian temperatur laptop ini bisa tetap terjaga dan lebih nyaman digunakan. Pada prakteknya fitur ini memang cukup membantu. Saat HP CoolSense diaktifkan suara kipas pendinginnya memang relatif lebih senyap dan panas di area keyboardnya juga agak berkurang.

Baterai rata-rata

Di sektor baterai HP Pavilion 14 menawarkan daya tahan baterai yang relatif tahan lama. Dari pengujian kami dengan skema penggunaan hanya mengetik, browsing dan terhubung ke WiFi dengan tingkat pengaturan layar 50% baterainya bisa bertahan hingga sekitar 6 jam. Cukup rata-rata untuk laptop masa kini dan masih memadai untuk mendukung aktivitas pengguna yang sering bekerja di luar kantor. Andai daya tahan baterainya lebih tahan lama laptop ini rasanya akan semakin ideal untuk para pengguna yang bermobilitas tinggi.

Kesimpulan

HP Pavilion 14 memang bukan laptop yang paling tipis dan ringan di kelasnya, tapi dengan menonjolkan desain premium dan spesifikasi yang bertenaga laptop ini sangat mampu bersaing dengan komptitornya. Singkatnya, harga jualnya yang kompetitif di kisaran 14 juta Rupiah cukup sebanding dengan desain dan performa yang ditawarkan.

HP Pavilion 14 wajib dipertimbangkan dan bisa dijadikan pilihan bagi pengguna yang mengincar laptop 14 inci bergaya premium untuk mendukung produktivitas sehari-hari seperti menjalankan aplikasi office, browsing hingga menikmati konten multimedia. Laptop ini juga bisa jadi alternatif yang lebih terjangkau dari laptop premium HP Envy atau Spectre.

Yang canggih:
+ Desain terlihat mewah dan premium
+ Harga kompetitif
+ Performa bertenaga
+ Keyboard dan trackpad nyaman digunakan
+ Konektivitas lengkap
+ Bobot relatif ringan
+ Ruang penyimpanan ekstra lapang

Yang kurang
– Daya tahan baterai rata-rata
– Kinerja kipas agak berisik
– Area keyboard cukup hangat saat beban komputasi maksimal

HP Pavilion 14 wajib dipertimbangkan dan bisa dijadikan pilihan bagi pengguna yang mengincar laptop 14 inci bergaya premium untuk mendukung produktivitas sehari-hari seperti menjalankan aplikasi office, browsing hingga menikmati konten multimedia.

4.2
Single Post Template 36 – Entertainment 7
Renhard Harjantohttps://www.yangcanggih.com
Menulis tentang gadget sejak tahun 2011, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari smartphone, tablet, komputer, hingga fotografi dan videografi.