Homepage Foto & Video Sigma fp: Kamera Mirrorless Full Frame Paling Kecil dan Ringan di Dunia

Sigma fp: Kamera Mirrorless Full Frame Paling Kecil dan Ringan di Dunia

Sebagai anggota aliansi L-Mount bersama dengan Leica dan Panasonic, Sigma ikut meluncurkan kamera mirrorless dengan sensor full frame yang mengusung L-mount. Berbeda dengan Leica dan Panasonic kamera yang bernama Sigma fp ini mengadopsi rancangan bodi yang lebih ringkas dan ringan.

Sigma fp: Kamera Mirrorless Full Frame Paling Kecil dan Ringan di Dunia 1

Paling kecil dan ringan di dunia

Dengan dimensi bodi 113 x 70 x 45 mm, dimensi bodinya lebih ringkas dari standar kamera L-mount pada umumnya. Bobotnya yang hanya 370 gram juga sangat ringan. Menurut klaim sigma, Sigma fp adalah kamera mirrorless dengan sensor full frame yang paling kecil dan ringan di dunia.

Sigma fp: Kamera Mirrorless Full Frame Paling Kecil dan Ringan di Dunia 2

Selain ringkas dan ringan, bodinya juga telah dirancang tahan cuaca dan membawa layar sentuh berukuran 3,2 inci.

Sensor full frame 24.6 megapixel

Tidak seperti kamera Sigma yang lain, Sigma fp tidak dilengkapi dengan sensor foveon andalan Sigma. Sebagai gantinya kamera ini hadir dengan sensor full frame BSI-CMOS yang resolusinya 24.6 megapixel.

Untuk memotret Sigma fp menawarkan pengaturan ISO dari ISO 100 hingga maksimum ISO 25600 (bisa diekspansi dari ISO 6 hingga 102400). Kamera ini juga bisa memotret tanpa henti dengan kecepatan hingga 18fps dan bisa merekam video hingga resolusi 4K/24p. Jadi kamera ini jelas bisa diandalkan untuk foto ataupun video.

Sigma fp: Kamera Mirrorless Full Frame Paling Kecil dan Ringan di Dunia 3
Fitur lain yang ditawarkan kamera ini juga sangat menarik. Seperti misalnya dukungan sistem autofocus contrast-detect yang bisa beroperasi di tingkat kegelapan hingga EV-5, bisa memotret file RAW DNG 14-bit, dan didukung dengan beragam aksesoris yang terdiri dari grip, flash bracket dan eyepiece untuk LCD.

Belum ada informasi lebih lanjut berapa harga jual dan kapan kamera ini aka tersedia di pasaran. Menariknya, Sigma juga berencana menghadirkan Sigma fp dengan sensor foveon andalannya.