Home Review Review Canon EOS RP: Mirrorless dengan Sensor Full Frame Paling Murah, Bisa...

Review Canon EOS RP: Mirrorless dengan Sensor Full Frame Paling Murah, Bisa Rekam Video 4K

Menyusul Sony pabrikan kamera lain seperti Canon dan Nikon di tahun ini mulai terlihat serius mengembangkan ekosistem kamera mirrorless dengan sensor full frame. Seperti misalnya Canon yang setelah sukses dengan kamera mirrorless full frame perdananya, Canon EOS R, kini meluncurkan Canon EOS RP. Mau tahu lebih lanjut apa saja kehebatan Canon EOS RP? Simak ulasannya berikut ini.

Review Canon EOS RP: Mirrorless dengan Sensor Full Frame Paling Murah, Bisa Rekam Video 4K 1

Bodi sangat ringkas

Canon EOS R dan EOS RP sekilas hadir dengan desain yang cukup mirip. Perbedaan utamanya rancangan bodi Canon EOS RP lebih ringkas dan ringan. Selain itu, di Canon EOS RP juga tidak tersedia Multi Function Bar di samping jendela bidik.

Review Canon EOS RP: Mirrorless dengan Sensor Full Frame Paling Murah, Bisa Rekam Video 4K 2

Hilangnya Multi Function Bar ini menurut kami pun tidak menjadi masalah. Pasalnya, kehadiran layar sentuh 3 inci di Canon EOS RP sudah lebih dari cukup untuk menunjang pengoperasiannya. Layar sentuhnya ini sangat respon dengan sentuhan jari dan Anda juga bisa melipat dan memutar layarnya sehingga sangat memudahkan saat menentukan sudut pengambilan gambar atau melakukan vlogging. Bergeser ke samping layar terdapat tombol D-Pad dan beberapa tombol navigasi yang cukup besar dan nyaman saat ditekan.

Review Canon EOS RP: Mirrorless dengan Sensor Full Frame Paling Murah, Bisa Rekam Video 4K 3

Beralih ke atas bodi, seperti Canon EOS R semua tombol dial di atas bodinya terlihat rata. Dan, untunglah EOS RP hadir kembali dengan dial mode pengambilan gambar PSAM. Ini menjadikan pemilihan mode PSAM bisa jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan Canon EOS R. Sementara di samping bodinya bisa ditemukan sejumlah port konektivitas yang lengkap.

Review Canon EOS RP: Mirrorless dengan Sensor Full Frame Paling Murah, Bisa Rekam Video 4K 4

Patut diakui dimensinya yang ringkas memang menjadi salah satu keunggulan dari Canon EOS RP. Dipadukan dengan hand grip yang berukuran cukup besar dan lekukan yang dalam, Canon EOS RP terasa sangat pas dan nyaman digenggam tangan.

Review Canon EOS RP: Mirrorless dengan Sensor Full Frame Paling Murah, Bisa Rekam Video 4K 5

Secara keseluruhan dimensi Canon EOS RP berhasil menyalip DSLR full frame paling ringkas Canon, EOS 6D Mark II. Ini artinya Canon EOS RP jadi kamera dengan sensor full frame yang paling ringkas dan ringan di semua varian kamera Canon EOS.

Ekosistem lensa lengkap

Meski dimensinya ringkas dan ringan saat dipasangkan dengan lensa kitnya RF 24-105mm f/4L IS USM bobotnya otomatis menjadi lumayan berat dan tidak lagi ringkas. Pasalnya, lensa di ekosistem Canon RF memang rata-rata rancangannya bongsor dan relatif berat.

Review Canon EOS RP: Mirrorless dengan Sensor Full Frame Paling Murah, Bisa Rekam Video 4K 6

Satu keunggulan dari EOS RP adalah dukungan ekosistem lensa Canon RF yang tergolong lengkap meski harga jualnya cukup menguras kantong. Hingga saat ini Canon EOS RP menawarkan opsi lensa dengan rentang fokal yang cukup variatif seperti Canon RF 35mm f/1.8 IS Macro STM, RF 50mm f/1.2L USM, RF 24-105mm f/4L IS USM, RF 28-70mm f/2L USM dan yang terbaru RF 85mm F1.2L USM. Di tahun ini Canon juga berencana akan merilis 5 lensa lagi untuk Canon RF. Anda pun bisa menggunakan lensa Canon yang memiliki mount lain seperti EF, EF-S, TS-E dan MP-E, dengan bantuan adapter.

Jika Anda tetap ingin menikmati keunggulan bodinya yang ringkas dan ringan opsi terbaik adalah merogoh kocek ekstra untuk membeli lensa Canon RF 35mm f/1.8 IS Macro STM. Atau, jika sebelumnya telah mempunyai lensa Canon EF menggunakan adapter lensa tambahan EF-EOS R bisa menjadi solusi yang lebih hemat. Seperti di pengujian kali ini kami juga beberapa kali memotret dengan Canon EOS RP menggunakan lensa pancake Canon EF 40mm F/2.8 STM.

Pengoperasian yang mudah

Mendengar kamera mirrorless dengan sensor full frame mungkin bagi sebagian orang awam kamera ini ditujukan untuk para profesional. Faktanya, Canon EOS RP menurut kami bisa digunakan siapa saja baik pengguna yang baru mulai belajar fotografi ataupun para profesional.

Review Canon EOS RP: Mirrorless dengan Sensor Full Frame Paling Murah, Bisa Rekam Video 4K 7

Hal ini bisa dibuktikan dari antarmuka menu Canon EOS RP yang sederhana dan mudah dipahami. Pengguna kamera DSLR Canon atau mirrorless Canon EOS M sebelumnya kami yakin akan sangat cepat beradaptasi dengan kamera ini karena antarmuka menunya tidak jauh berbeda.

Review Canon EOS RP: Mirrorless dengan Sensor Full Frame Paling Murah, Bisa Rekam Video 4K 8

Apalagi, akses ke setiap menu pengaturan kamera juga bisa dilakukan dengan sangat cepat dan mudah lewat tombol Q dan layar sentuhnya. Tidak hanya pengoperasian dan pemilihan menu, penentuan titik fokus juga bisa dilakukan dengan lebih cepat berkat layar sentuh tersebut.

Seperti kamera mirrorless kekinian yang lain Canon EOS RP turut dilengkapi dengan konektivitas WiFi dan Bluetooth. Didukung aplikasi Canon Camera Connect, Anda bisa dipermudah untuk memindahkan hasil foto ke memori internal smartphone iOS dan Android tanpa perlu bantuan komputer.

Autofocus cepat dan andal di kondisi minim cahaya

Review Canon EOS RP: Mirrorless dengan Sensor Full Frame Paling Murah, Bisa Rekam Video 4K 9

Canon EOS RP hadir dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF yang sama seperti Canon EOS R. Autofocusnya ini didukung 4779 titik fokus dan saat digunakan kinerjanya terasa sangat cepat. Menurut klaim Canon, EOS RP bisa mengunci titik fokus hanya dengan waktu 0,05 detik.

Tapi, satu keunggulan yang kami rasakan dari sistem autofocus tersebut adalah kemampuannya di kondisi minim cahaya. Autofocus Canon EOS RP bisa beroperasi di tingkat kegelapan hingga EV-5.

_MG_0655

Kami berhasil dibuat terkesan dengan kehebatan autofocus-nya, saat membawa EOS RP memotret di ruangan yang sangat gelap kamera ini terbukti berhasil mengunci fokus pada subyek. Walau begitu kecepatan autofocusnya memang agak sedikit melambat jika dibandingkan saat di kondisi cahaya ideal.

_MG_0254

Sistem autofocus EOS RP turut didukung dengan fitur Eye Detection AF. Meski bukan yang terbaik di kelasnya, fitur ini cukup membantu terutama saat memotret portrait dan fitur Eye detection EOS RP juga telah disempurnakan sehingga bisa digunakan di mode Servo AF. Dengan demikian pengguna Canon EOS RP bisa tetap menghasilkan bidikan foto yang tajam dengan mempertahankan titik fokus di mata subyek meski subyek bergerak cepat.

_MG_0337

_MG_0386

Hasil foto dan Kendali noise di ISO tinggi memuaskan

Review Canon EOS RP: Mirrorless dengan Sensor Full Frame Paling Murah, Bisa Rekam Video 4K 10

Canon EOS RP dipersenjatai sensor CMOS full frame dengan resolusi 26.2 megapixel. Sensornya ini sama seperti yang digunakan DSLR Canon EOS 6D Mark II. Memotret di kondisi cahaya ideal dengan lensa kitnya RF 24-105mm f/4L IS USM, EOS RP bisa menghasilkan jepretan foto yang tajam dan detil dengan tonal warna yang natural dan akurat.

_MG_0464

_MG_0947

_MG_0957

_MG_9565

_MG_0645

_MG_0670

_MG_0562

_MG_0621

_MG_0709

_MG_0882

Kendali Automatic White Balance dan dynamic range kamera ini juga tergolong baik. Kami puas dengan hasil fotonya apalagi kemampuannya mengendalikan noise di ISO tinggi juga amat baik. Menjadikannya sangat asyik saat memotret di kondisi malam atau minim cahaya.

_MG_0110

_MG_0175

_MG_0979

Seperti foto berikut ini hasilnya masih terlihat cukup tajam meski memotret di pengaturan ISO 16000.
_MG_0960

Untuk hasil foto Canon EOS RP yang lain tanpa proses penyuntingan bisa dilihat di akun resmi FLICKR yangcanggih.com berikut ini.

Bagaimana dengan kemampuan rekam videonya? Berkat prosesor Canon DIGIC 8, EOS RP mampu merekam video hingga resolusi 4K 24/25p dan Full HD 60p/50p. Yang disayangkan kemampuan rekam video 4K EOS RP mendapat crop hingga sekitar 1.6x. Ini menjadikan tangkapan gambarnya menjadi lebih sempit. Selain itu EOS RP juga belum dilengkapi dengan fitur penstabil langsung di bodinya, jadi hanya bisa mengandalkan fitur penstabil di lensa untuk memastikan hasil rekaman video tetap mulus dan minim goyangan. Walau demikian kemampuan rekam videonya tergolong baik.

Baterai kurang tahan lama

Hadir dengan bodi yang ringkas Canon melakukan kompromi pada sektor baterai EOS RP. Baterainya menggunakan model LP-E17 yang sama dengan kamera mirrorless EOS-M. Hadir dengan ukuran sensor yang lebih besar, dilengkapi layar sentuh dan jendela bidik elektronik jelas kamera ini menjadi lebih haus daya.

Menurut standar CIPA baterai Canon EOS RP bisa digunakan untuk memotret hingga sekitar 250 jepretan foto. Memang kurang tahan lama apalagi jika ditambah dengan merekam video. Untuk penggunaan yang tidak terlalu intens dan hanya memotret saja, dari pengujian kami mengaktifkan mode ECO cukup efektif untuk sedikit memperpanjang daya tahan baterainya. Tapi, kami tetap sangat merekomendasikan menambah baterai cadangan jika Anda memang berencana memotret lebih banyak.

Kesimpulan

Kehadiran Canon EOS RP seakan membawa angin segar di tengah panasnya persaingan kamera mirrorless dengan sensor full frame saat ini. Pasalnya, Canon EOS RP berhasil memadukan kemasan bodi yang sangat ringkas dengan kualitas foto dan video yang jempolan dengan banderol harga yang sangat kompetitif.

Walau begitu, EOS RP tetap masih punya kekurangan. Harga jual lensa EOS RF yang masih relatif mahal, dimensi lensa EOS RF yang rata-rata bongsor dan berat serta daya tahan baterainya yang singkat menjadi beberapa hal yang wajib Anda cermati sebelum meminang kamera ini.

Tapi, jika tidak keberatan dengan kekurangannya tersebut, Canon EOS RP sangat kami rekomendasikan untuk pengguna yang ingin beralih dari kamera DSLR atau mirrorless dengan sensor APS-C ke kamera mirrorless dengan sensor full frame. Dengan spesifikasi dan fitur yang dibawanya, di kisaran 21 juta Rupiah EOS RP menjadi kamera mirrorless full frame paling murah yang bisa Anda beli saat ini.

Yang Canggih:
+ Hasil foto dan video memuaskan
+ Kendali di ISO tinggi amat baik
+ Dukungan ekosistem lensa lengkap
+ Bodi ringkas
+ Grip besar dan nyaman digunakan
+ Harga jual kompetitif
+ Port konektivitas lengkap

Yang Kurang
– Harga jual lensa RF masih relatif mahal
– Beberapa lensa EOS RF ukurannya bongsor dan relatif berat sehingga kurang seimbang dengan ukuran bodinya yang ringkas
– Baterai kurang tahan lama
– Video 4K di crop sekitar 1.6x

Dengan spesifikasi dan fitur yang dibawanya, di kisaran 21 juta Rupiah EOS RP menjadi kamera mirrorless full frame paling murah yang bisa Anda beli saat ini.

4.5
Single Post Template 36 – Entertainment 11
Renhard Harjantohttps://www.yangcanggih.com
Menulis tentang gadget sejak tahun 2011, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari smartphone, tablet, komputer, hingga fotografi dan videografi.