Review Redmi Note 7: Smartphone Terjangkau dengan Kamera dan Performa Mumpuni di Kelasnya

4

Xiaomi melalui brand Redmi beberapa bulan yang lalu telah secara resmi meluncurkan Redmi Note 7 di Indonesia. Sejak pertama kali dijual, smartphone ini menjadi salah satu yang paling diburu oleh konsumen berkat spesifikasinya yang menarik dan harganya yang tergolong amat menggiurkan.

Penasaran seperti apa keunggulannya? Yuk, langsung saja simak review singkat kami:

Warna gradasi yang menawan

Pertama-tama kita bahas dulu soal desain. Secara keseluruhan, tidak ada terobosan yang membuat Redmi Note 7 tampil beda jika membandingkannya dengan smartphone kebanyakan masa kini. Namun apabila disandingkan dengan Redmi Note 6 Pro, Anda akan melihat perbedaan paling kentara yakni pada bagian poni dan warna.

Review Redmi Note 7: Smartphone Terjangkau dengan Kamera dan Performa Mumpuni di Kelasnya 1

Redmi Note 7 mengadopsi desain poni minimalis seperti tetesan air atau disebut Dot Drop. Sementara pada bagian cover belakang, smartphone ini tampak jauh lebih keren dari pendahulunya karena sudah dibalut warna gradasi dengan finishing glossy yang menawan saat terkena cahaya. Lapisan kacanya juga sudah 2.5D dan memakai Gorilla Glass 5.

Dari segi kualitas rancang bangun, kami menilai Redmi Note 7 termasuk salah satu yang terbaik di kelasnya. Smartphone ini sama sekali tidak terlihat murah meski harganya ramah kantong. Sebaliknya, justru menurut kami tampak cukup premium.

Review Redmi Note 7: Smartphone Terjangkau dengan Kamera dan Performa Mumpuni di Kelasnya 2

Untuk pengoperasiannya, Redmi Note 7 terasa nyaman digenggam dengan satu tangan karena dimensinya masih tergolong lumayan ramping meski layarnya besar. Bodinya juga tidak licin, walaupun masalah klasik seperti gampang kotor oleh sidik jari tetap akan Anda temukan.

Smartphone ini sudah menggunakan port USB Type-C. Fitur yang cukup menarik dan masih agak jarang di kelas harganya. Namun yang kami kurang suka adalah slot-nya yang hybrid. Artinya, Anda harus memilih apakah ingin memasang dua SIM-card atau mengorbankan satu slot demi microSD. Perlu diketahui juga bahwa desain kameranya menonjol keluar. Jadi, Anda harus agak hati-hati saat meletakkannya. Ada baiknya memasang casing yang ketebalannya sejajar dengan kamera tersebut.

Layar lega dan tajam

Redmi Note 7 menawarkan layar IPS berukuran 6,3 inci dengan aspect ratio 19.5:9. Yang patut digarisbawahi, resolusinya sudah Full HD+ alias 2340 x 1080 pixel dengan 409 PPI. Di kisaran harganya, resolusi Full HD+ jelas merupakan suatu keunggulan karena masih banyak produk pesaing yang masih menyajikan layar HD+ saja.

Review Redmi Note 7: Smartphone Terjangkau dengan Kamera dan Performa Mumpuni di Kelasnya 3

Untuk kualitas gambarnya sendiri terbilang tajam. Warnanya juga cukup sedap dipandang, khas panel IPS. Tingkat kecerahannya ketika digunakan di bawah sinar matahari terik pun baik karena Redmi Note 7 punya fitur bernama Sunlight Display. Sedangkan untuk malam hari, Anda bisa mengaktifkan Mode Malam.

Intinya layar ini sudah amat mencukupi untuk berbagai kebutuhan, mulai dari browsing, chatting, sosial media, menonton film, hingga bermain games. Audionya? Standar saja. Terdengar jernih untuk memadai sekadar menemani layarnya yang oke.

MIUI 10 berbasis Android 9.0 Pie

Untuk urusan sistem operasi, Redmi Note 7 sudah mengadopsi Android 9.0 Pie. Pada saat artikel review ini dibuat, Xiaomi telah meluncurkan beberapa kali update hingga akhirnya versi MIUI yang kami gunakan sekarang adalah MIUI Global 10.3.6.

Tampilan antarmuka dari MIUI terbaru ini bisa dibilang cukup sederhana alias minimalis. Berbagai fitur yang dibawanya cukup mudah dijangkau dan transisi antar halaman pun terasa ringan alias mulus. Seperti biasa, Anda akan disuguhkan beberapa bloatware seperti Caping, AliExpress, BABE, Lazada, serta aplikasi khas Xiaomi antara lain Mi Drop, Mi Store, dan MIUI Forum. Iklan? Masih ada.

Kamera cukup oke di kelasnya

Review Redmi Note 7: Smartphone Terjangkau dengan Kamera dan Performa Mumpuni di Kelasnya 4

Redmi Note 7 dibekali kamera utama 48 megapixel dengan sensor CMOS Samsung ISOCELL GM1 yang ditemani depth sensor 5 megapixel untuk membantu menciptakan efek bokeh. Tapi perlu diingat, kamera 48 megapixel-nya tidak benar-benar menggunakan sensor 48 megapixel. Secara default foto yang dihasilkan adalah 12 megapixel.

Ada cukup banyak fitur pendukung pada kamera tersebut, mulai dari AI Scene Detection, AI Portrait, hingga Night Mode untuk membantu pemotretan di malam hari. Sementara untuk selfie, Anda bisa mengandalkan kamera 13 megapixel di depan.

Hasil fotonya tergolong cukup baik di kelasnya, meski mungkin belum bisa dibilang yang paling bagus. Kami sudah sempat melakukan pengujian khusus untuk kamera Redmi Note 7 Pro. Jika ingin tahu lebih lanjut, langsung saja klik tautan berikut ini.

Berikut kami sajikan beberapa foto yang kami abadikan menggunakan Redmi Note 7:

Hasil foto Redmi Note 7 (8)

Hasil foto Redmi Note 7 (3)

Hasil foto Redmi Note 7 (22)

Hasil foto Redmi Note 7 (21)

Performa bertenaga untuk segala kebutuhan

Performa Redmi Note 7 didukung SoC Qualcomm Snapdragon 660 yang berjalan di kecepatan 2.2 GHz. Varian yang kami review adalah yang memiliki RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Dari kombinasi tersebut, kami sudah bisa menebak seperti apa kemampuan yang ditawarkannya.

Hasilnya sesuai dugaan, Redmi Note 7 terasa amat responsif dan nyaman digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi standar. Kinerjanya mulus dan sama sekali tidak ada kendala berarti. Untuk gaming pun masih oke. Snapdragon 660 memang dikenal cukup mumpuni untuk menjalankan judul-judul game populer.

Kami sempat memainkan Mobile Legends dan Redmi Note 7 mampu memberikan frame rate yang stabil dan lancar. Begitu juga dengan PUBG Mobile. Bermain di setting grafis HD dengan frame rate High, game berjalan mulus tanpa banyak lag yang mengganggu permainan.

Setelah bermain game sekitar 10-15 menit pun bodi smartphone tidak terasa panas yang berlebihan. Jadi cukup nyaman untuk Anda yang gemar bermain dalam durasi yang lama. Kami juga tidak lupa menjalankan beberapa aplikasi benchmark. Simak hasilnya di bawah ini:

Baterai awet

Redmi Note 7 punya baterai dengan kapasitas yang tergolong besar, yakni 4.000 mAh dan sudah didukung pengisian daya cepat dengan teknologi Quick Charge 4 melalui port USB Type-C. Ya, sudah mendukung Qualcomm Quick Charge 4 untuk pengisian daya yang lebih cepat.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa dalam paket penjualannya Redmi Note 7 hanya memberikan charger 5V/2A, yang artinya belum bisa memaksimalkan fitur Quick Charge 4. Jika menggunakan charger bawaan, butuh waktu 2,5 jam untuk baterai terisi penuh dari kondisi di bawah 10 persen.

Untungnya daya tahan baterai Redmi Note 7 amat baik. Untuk gaya penggunaan normal, kami bisa membawa smartphone ini selama beraktivitas seharian penuh. Bahkan, bisa sampe 1,5 hari jika Anda bukan termasuk pengguna yang aktif.

Kesimpulan

Redmi Note 7 jelas merupakan salah satu opsi paling menarik yang bisa Anda beli di Indonesia jika memiliki budget sekitar 2 jutaan rupiah. Harganya yang amat kompetitif dan spesifikasi yang terlihat cukup menonjol di kelasnya adalah alasan kami menyimpulkannya demikian.

Review Redmi Note 7: Smartphone Terjangkau dengan Kamera dan Performa Mumpuni di Kelasnya 5

Smartphone ini menawarkan performa yang oke untuk Anda yang gemar main game, desain dengan finishing warna yang modern, baterai awet, serta kemampuan kamera yang lumayan bagus. Intinya, Redmi Note 7 cocok untuk Anda yang mencari smartphone kelas menengah sebagai daily driver. Soal harga, Redmi Note 7 dibanderol mulai dari 2 juta rupiah saja.

Yang Canggih:

  • Desain cukup premium dengan warna gradasi yang modern
  • Layar lega dan tajam
  • Kamera cukup baik di kondisi cahaya memadai
  • Sudah didukung Night Mode
  • Performa bertenaga dengan Snapdragon 660
  • Baterai tahan lama
  • Harga kompetitif

Yang Kurang:

  • Bodi mudah kotor oleh sidik jari
  • Slot hybrid
  • MIUI banyak bloatware dan ada iklan
  • Belum dibekali charger yang untuk memaksimalkan Quick Charge 4.0

[table]Spesifikasi;Redmi Note 7
Layar;IPS 6,3 inci Full HD+
SoC;Qualcomm Snapdragon 660
RAM;3GB atau 4GB
Memori internal;up to 128 GB (ada slot microSD hybrid)
Kamera belakang;48 megapixel (hasil foto 12 megapixel) + 5 megapixel
Kamera depan;13 megapixel
Baterai 4.000 mAh (support Quick Charge 4.0)
Konekvitias;4G LTE, WiFiac, Bluetooth 5.0, GPS, A-GPS, GLONASS
Fitur;Sensor sidik jari, face unlock
[/table]

Opsi yang menarik untuk Anda yang mencari daily driver seharga 2 jutaan rupiah
4