Aksesoris Foto & VideoFoto & VideoNews

Atomos Neon: Opsi Layar Lebih Besar dan Bisa Rekam Video Hingga Resolusi 8K

Mengusung teknologi perekaman video yang sama seperti di lini Atomos Shogun dan Ninja, ajang Cine Gear 2019 menjadi debut perdana monitor/recorder eksternal terbaru Atomos yang diberi nama Neon. Berbeda dengan Shogun dan Ninja, lini Neon menawarkan dimensi layar yang lebih besar dan opsi perekaman video yang lebih mumpuni hingga resolusi 8K.

4 varian dengan ukuran dan resolusi layar berbeda

Untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna lini Atomos Neon hadir dengan 4 varian. Dimensinya yang paling kecil berukuran 17 inci dengan resolusi layar Full HD. Untuk ukuran 24 inci dan 32 inci mendukung resolusi 4K DCI yang resolusinya 4096 x 2160. Sementara ukuran yang paling jumbo, 55 inci, resolusinya 4K 3840 x 2160 pixel.

Meski keempatnya mengusung dimensi panel dan resolusi layar yang berbeda, semua varian Atomos Neon telah mendukung HDR, tampilan 10-bit DCI-P3 dan dilengkapi modul 4K master control unit. Menurut Atomos, berkat modul 4K Master Control unit ini Atomos Neon bisa merekam video hingga resolusi 4K.

Selain itu, Atomos Neon juga mendukung beragam format video, termasuk format ProRes, ProRes RAW, Avid DNx dan Cinema DNG hingga resolusi 4K/60p menggunakan hard disk atau SSD 2.5 dengan Master Caddy II atau adapter AtomX SSDmini.

Bisa rekam video 8K


Jika perekaman video di resolusi 4K kurang memuaskan, keunggulan lain dari Atomos Neon adalah hadirnya dukungan 8K Master Control. Dengan mengganti modul 4K Master Control unit dengan 8K Master Control, semua varian Atomos Neon dimungkinkan untuk merekam dan memonitor video hingga resolusi 8K/60p serta mendukung format ProRes dan ProRes RAW langsung dari kamera.

Dengan memadukan Atomos Neon dan modul 8K Master Control ini, Atomos Neon menjadi yang pertama di dunia sebagai monitor dengan fungsi recorder eksternal yang mendukung perekaman video ProRes RAW hingga resolusi 8K.

Dilengkapi Bluetooth


Atomos Neon juga dilengkapi konektivitas Bluetooth dengan dukungan aplikasi mobile untuk mengendalikan Atomos Neon lewat smartphone. Selain itu tersedia konektivitas HDMI 2.0b in/out, dua port mic/line input, jack audio 3.5mm dan dilengkapi modul Atomos SDI Expansion yang membawa konektivitas 12G-SDI in/out.

Atomos Neon 17 inci dan 24 inci akan tersedia di pasaran bulan Juli 2019 dengan harga masing-masing US$3,999 dan US$6,499. Untuk Atomos Neon 31 inci harganya US$7,999 dan Neon 55 harganya US$16,999, keduanya akan tersedia di awal bulan September 2019.

Related Articles

Back to top button