Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

[Hands-On] Melihat Lebih Dekat Samsung Galaxy A80 dengan Kamera Putarnya

Meramaikan tren kamera smartphone dengan mekanisme pop-up, Samsung meluncurkan Galaxy A80. Satu hal yang menarik, selain menjagokan kamera yang sangat revolusioner Samsung juga melengkapi Galaxy A80 dengan banyak kejutan lain. Berikut hands-on Samsung Galaxy A80 yang kami lakukan di saat acara peluncurannya yang berlangsung di Bangkok, Thailand.

Samsung Galaxy A80 1

3 kamera dengan mekanisme pop up yang bisa berputar

Samsung Galaxy A80 5

Fitur utama yang paling ditonjolkan Samsung Galaxy A80 adalah sektor kameranya. Samsung Galaxy A80 adalah smartphone pertama Samsung yang membawa 3 kamera dengan mekanisme pop up yang bisa berputar.

Samsung Galaxy A80 3

Saat kami mencobanya untuk mengambil swafoto, secara otomatis modul kameranya ini akan pop-up atau bergeser ke atas dan langsung berputar kedepan. Mekanisme gesernya pun terasa sangat cepat dan halus. Dengan mekanisme pop-up dan putar ini artinya pengguna tetap bisa mendapatkan kualitas gambar yang sama saat posisi kamera di depan atau belakang.

Samsung Galaxy A80 2

3 modul kameranya sendiri terdiri dari kamera utama dengan sensor 48 megapixel dan lensa berdiafragma F2.0, Kamera ultra 8 megapixel dan kamera 3D ToF. Kamera 3D ToF ini menawarkan fitur Live Focus untuk foto atau video dan bisa juga digunakan untuk mengukur dimensi objek dan kedalaman.

Samsung Galaxy A80 9

Pertama dengan layar penuh tanpa poni atau lubang kamera

Seperti smartphone lain yang membawa kamera dengan mekanisme geser, sektor layar Samsung Galaxy A80 juga bisa hadir dengan desain layar penuh tanpa poni atau lubang kamera depan. Panel layarnya ini hanya dibingkai dengan bezel yang sangat tipis.

Samsung Galaxy A80 8

Mengusung panel layar Super AMOLED berukuran 6.7 inci, Samsung Galaxy A80 memang sangat bongsor dengan dimensi 165.2 x 76.5 x 9.3 mm. Tapi, untunglah secara keseluruhan bodinya ini masih cukup nyaman digenggam tangan walau kurang ideal untuk masuk ke dalam saku celana. Dengan resolusi layar Full HD+ tampilan di layarnya juga terlihat tajam dan sedap dipandang.

On screen fingerprint

Untuk menjaga tampilannya agar tetap minimalis dan bersih, Samsung turut meniadakan sensor sidik jari yang umum bisa dijumpai di bagian bawah layar atau belakang bodi smartphone.

Sebagai gantinya Samsung Galaxy A80 telah dilengkapi teknologi on-screen fingerprint atau sensor sidik jari langsung di layarnya.

Spesifikasi menjanjikan

Samsung Galaxy A80 juga menawarkan performa yang menjanjikan. Smartphone yang menjalankan sistem operasi Android 9.0 ini diotaki chipset Qualcomm Snapdragon terbaru, Snapdragon 730G, yang disokong RAM 8GB dan memori internal 128GB. Sayangnya Samsung tidak melengkapinya dengan tambahan slot microSD. Jadi Anda harus puas dan mengirit memori internalnya tersebut.

Dilengkapi NFC

Fitur menarik lain dari Galaxy A80 adalah hadirnya dukungan NFC. Fitur ini tentunya akan sangat berguna untuk mempermudah Anda cek saldo kartu pembayaran digital.

Baterai pintar dengan fitur isi ulang cepat

Samsung Galaxy A80 7 1

Galaxy A80 ditenagai baterai berkapasitas 3.700 mAh dan dilengkapi Super-Fast Charging dengan output 25W lewat konektivitas USB Type-C. Menurut Samsung, baterainya ini juga sangat cerdas karena mampu mempelajari rutinitas sehari-hari dan pola penggunaan aplikasi Anda untuk mengoptimalkan konsumsi dayanya. Bahkan, Samsung menyediakan Mode Adaptive Power Saving Mode yang akan membuat pengguna lebih nyaman karena baterai pintar ini bisa berjalan dengan sangat efisien untuk kinerja terbaik yang dibutuhkan.

Pilihan warna yang tampil gaya

Samsung Galaxy A80 6
Samsung Galaxy A80 akan tersedia dalam tiga warna yaitu Angel Gold, Ghost White, dan Phantom Black. Warna Angel Gold memiliki elemen-elemen merah muda, sedangkan warna Ghost White menggabungkan beberapa karakteristik biru, sehingga warna-warna ini terlihat berbeda tergantung pada arah cahaya dan refleksi.

Kesimpulan awal

Dengan kameranya yang revolusioner Samsung Galaxy A80 bisa dipastikan akan semakin memanaskan tren kamera dengan mekanisme pop up yang sedang tren saat ini.

Meski belum dibocorkan harga jualnya, kami yakin jika dibanderol dengan harga yang kompetitif Samsung Galaxy A80 bisa dengan mudah menarik perhatian konsumen di tanah air lewat sederetan fitur inovatif yang dibawanya. Jika berminat pastikan saja Anda mulai menyiapkan tabungan dari sekarang untuk menyambut kehadirannya di bulan Mei mendatang.

Back to top button