Vivo V15 Pro: Pertama dengan SD 675. Baca review-nya di sini

Berminat dengan Samsung Galaxy M20? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

Samsung mengawali tahun 2019 dengan meluncurkan Galaxy M20. Dibandingkan dengan smartphone mereka tahun lalu yang bermain di kisaran harga setara, Galaxy M20 bisa dibilang tampil jauh lebih menggiurkan. Apalagi, harganya juga ramah kantong, yakni Rp2.799.000.

Nah, jika Anda tertarik membeli smartphone ini tapi masih ragu apakah benar-benar bisa memenuhi kebutuhan Anda, sebaiknya simak dulu beberapa kelebihan dan kekurangan dari Galaxy M20.

Yang Canggih:

1. Bodi ramping, desain cukup elegan

Galaxy M20 dibekali layar dengan ukuran yang besar, yakni 6,3 inci. Meski begitu, perpaduan desain Infinity-V dengan bezel yang tipis membuat dimensi smartphone secara keseluruhan tidak berlebihan.

Samsung mampu menjaga bodi smartphone ini tetap ramping sehingga nyaman digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan saja. Selain itu, ketebalannya juga masih di angka 8,8 mm dan bobotnya pun pas walaupun baterai yang dibenamkan berkapasitas besar.

Dari segi desain memang tidak ada inovasi yang baru. Tapi setidaknya, dengan finishing yang glossy Galaxy M20 masih sedap dipandang dan terlihat cukup elegan. Varian warnanya ada dua, yakni Charcoal Black dan Ocean Blue.

2. Layar besar dengan dukungan Widevine L1

Seperti disebutkan di atas, ukuran layar Galaxy M20 adalah 6,3 inci. Panel yang digunakan adalah PLS TFT dengan resolusi Full HD+. Selain besar dan tajam, layar ini juga memiliki tingkat kecerahan yang baik dan warnanya pun terlihat memanjakan mata.

Yang paling kami suka, Samsung Galaxy M20 sudah didukung sertifikasi Widevine L1, yang artinya sudah mengantongi syarat untuk streaming HD dari Netflix. Keunggulan yang seringkali belum dimiliki oleh beberapa produk lain, bahkan yang harganya lebih mahal. Dengan layar 6,3 yang besar tersebut, pastinya akan lebih asyik menikmati film favorit Anda dalam resolusi yang tinggi pula!

3. Kamera belakang cukup baik dan punya lensa ultra-wide

Bagi yang gemar memotret, Galaxy M20 menawarkan kamera belakang ganda yang terdiri dari 13 megapixel lensa normal dan 5 megapixel lensa ultra-wide 120 derajat. Untuk selfie, ada kamera depan 8 megapixel. Baik kamera belakang maupun kamera depan memiliki mode Live Focus untuk menciptakan foto dengan efek bokeh.

Hasil foto Samsung Galaxy M20 (15)

Hasil foto Samsung Galaxy M20 (21)

Hasil foto Samsung Galaxy M20 (20)

Untuk sebuah smartphone seharga 2,8 juta rupiah, Galaxy M20 punya kamera yang lumayan. Hasil fotonya cukup tajam jika berada di tempat terang, meski kurang maksimal untuk pemotretan minim cahaya. Untuk selfie pun lumayan, tapi lagi-lagi di lokasi dengan cahaya ideal.

Lensa ultra-wide 120 derajat pada Galaxy M20 juga amat berguna untuk mendapatkan foto yang lebih luas di lokasi yang sempit. Hasil jepretan dari lensa ini juga masih layak untuk dipamerkan ke media sosial.

4. Baterai tahan lama, sudah didukung fast charging

Inilah yang menjadi nilai jual utama dari Samsung Galaxy M20, baterai 5.000 mAh. Dengan bekal tersebut, sangat mudah bagik Galaxy M20 menemani aktivitas Anda seharian penuh dari pagi hingga malam hari.

Asyiknya lagi, Samsung sudah membenamkan fitur fast charging melalui port USB Type-C. Untuk mengisi daya dari kondisi di bawah 10 persen hingga penuh, dengan baterai sebesar ini hanya butuh waktu kurang dari 2,5 jam saja.

5. Triple slot dan USB Type-C

Samsung Galaxy M20 menyediakan tiga buah slot sekaligus, dua untuk SIM-card dan satu khusus untuk microSD. Artinya, Anda tidak perlu mengorbankan SIM-card kedua untuk memasang kartu memori, begitu juga sebaliknya.

Tidak hanya itu, smartphone ini juga sudah memakai port USB Type-C. Padahal, kebanyakan pesaingnya di kelas yang sama masih mengandalkan port microUSB model lama.

Yang Kurang:

1. Bodi mudah kotor oleh sidik jari

Salah satu kekurangan dari Galaxy M20 yang memang umum ditemui pada berbagai smartphone di kelas harga yang sama adalah bodi yang mudah kotor oleh sidik jari. Solusinya, Anda bisa memasang casing tambahan.

2. Di kondisi low-light, kemampuan kameranya masih tertinggal dengan pesaingnya

Walaupun cukup baik untuk menunjang pemotretan di siang hari, sayangnya untuk kondisi low-light, kemampuan kamera Galaxy M20 tidak sebaik para pesaingnya di kelas harga yang sama. Bahkan, ada pesaingnya yang sudah dibekali night mode.

3. Performa kurang bertenaga

Lagi-lagi jika dibandingkan para pesaingnya, SoC yang dibenamkan pada Galaxy M20, yakni Exynos 7904, belum mampu memberikan performa yang menonjol. Bukan berarti tidak cukup untuk penggunaan sehari-hari, hanya saja mungkin kurang menggiurkan untuk Anda yang menjadikan performa sebagai pertimbangan utama.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Galaxy M20. Meski belum bisa dibilang sempurna, apa yang ditawarkan oleh Samsung melalui smartphone ini menjadi awal yang bagus dan menjadi jawaban mereka untuk menghadang produk-produk dari negara Tiongkok yang gemar perang harga.

Bagaimana? Sudah lebih yakin untuk meminang Samsung Galaxy M20?