Sheeva64: Desain Mirip AC Power Adapter dan Menjalankan Sistem Operasi Linux

Wujud mini PC bisa hadir dengan beragam model. Salah satunya adalah Sheeva64 yang mengadopsi desain AC power adapter dan bisa langsung dipasang ke colokan listrik sehingga sangat hemat tempat.

Sheeva64: Desain Mirip AC Power Adapter dan Menjalankan Sistem Operasi Linux 1

Konektivitas cukup lengkap

Sheeva64 hadir dengan dimensi 4.3 x 2.8 x 2 inci. Dimensinya ini sama seperti AC power adapter pada umumnya. Tapi, meski desainnya mirip Sheeva64 tetap terlihat berbeda. Ini karena Sheeva64 membawa beragam port konektivitas yang cukup lengkap untuk sebuah mini PC. Di Sheeva64 tersedia 2 port Gigabit Ethernet, 2 port USB Type A, micro USB, mini USB, dan slot pembaca kartu memori SD. Selain itu Sheeva64 juga telah dilengkapi dengan konektivitas WiFi dan Bluetooth 5.0 opsional.

Mendukung sistem operasi Linux

Sebagai sebuah mini PC, Sheeva64 juga tidak dibekali dengan spesifikasi kelas atas. Spesifikasinya tergolong pas-pasan dengan prosesor dual core Marvell Armada 3720 berkecepatan 1.2 GHz, RAM DDR4 1GB dan ruang penyimpanan eMMC dengan kapasitas 4GB.

Dengan spesifikasinya tersebut Sheeva64 langsung dijual dengan sistem operasi Linux dan mendukung distribusi GNU/Linux. Dengan demikian Sheeva64 bisa jadi solusi mini PC untuk pengguna yang gemar bereksplorasi dengan platform terbuka yang ditawarkan oleh sistem operasi Linux.

Sheeva64 saat ini sudah bisa di pre-order melalui situs Global Scale Technologies dan akan tersedia di pasaran bulan April 2019. Untuk harga jualnya di kisaran US$89 dan US$105 untuk model dengan WiFi dan Bluetooth 5.0.

Beri komentar