Fresh from the oven: Video Review OPPO F11

Fujifilm Hadirkan Pembaruan Firmware untuk GFX 50S, X-T3 dan X-H1

Fujifilm kembali menghadirkan pembaruan firmware untuk kamera mirrorless Fujifilm GFX 50S, X-T3 dan X-H1. Pembaruan firmware ini akan membawa beberapa fitur baru dan peningkatan kinerja untuk mengoptimalkan pengambilan foto dan video.

Fujifilm GFX 50S

Firmware terbaru untuk GFX 50S, versi 3.30, akan digulirkan mulai akhir November 2018. Di firmware terbaru ini GFX 50S akan mendukung mode Format 35mm saat menggunakan adapter GF-mount dan H-mount dengan output gambar yang resolusinya 30.5 megapixel. Pembaruan ini juga membawa peningkatan lain seperti sensor mata yang lebih responsif, menghapus file RAW dan JPEG bersamaan, dan mendukung pengaturan warna untuk jendela bidik elektronik dan layar LCD.

Fujifilm X-T3

Untuk pengguna Fujifilm X-T3 pembaruan firmware versi 2.00 memberikan dukungan perekaman video 4K HDR Hybrid Log Gamma (HLG). Pembaruan ini akan semakin mempermudah saat merekam dan menyunting konten video HDR. Menurut Fujifilm, fitur ini hanya kompatibel dengan kamera yang mendukung mode 10-bit H.265 (HEVC), dan akan lebih optimal jika dilihat di layar atau TV yang mendukung format HLG.

Pembaruan lain, Fujifilm X-T3 bisa merekam dengan format F-Log sambil melihat hasil rekam dengan efek simulasi film di monitor eksternal di waktu yang sama, kompatibel dengan All-Intra dan format H.264 dengan bitrate maksimum hingga 400Mbps, file video tidak akan di split saat file mencapai besaran 4GB, dan bisa menampilkan temperatur warna di jendela bidik elektronik dan LCD. Firmware Fujifilm X-T3 versi 2.00 akan mulai tersedia di bulan Desember 2018.

Fujifilm X-H1

Terakhir, untuk Fujifilm X-H1 akan hadir firmware versi 2.00 yang hanya membawa pembaruan di sektor penstabil. Menurut Fujifilm, penstabil internalnya yang ada di bodi kamera akan semakin mumpuni dan optimal saat dipasangkan dengan lensa yang telah dilengkapi fitur optical image stabilization. Kendati demikian, untuk menikmati pembaruan ini lensa juga harus di update ke firmware versi terbaru terlebih dahulu. Firmware versi 2.00 untuk Fujifilm X-H1 akan dihadirkan di bulan Desember 2018.