Intel Umumkan Modem 5G Pertamanya, XMM 8160

Intel baru saja mengumumkan modem 5G pertamanya yang disebut XMM 8160. Yang menarik, modem ini berjenis multimode yang artinya selain mendukung jaringan 5G juga bisa terhubung dengan teknologi yang lebih lawas yakni sampai 2G.

svg%3E

Sesungguhnya modem 5G sendiri bukanlah hal baru. Beberapa waktu yang lalu, Qualcomm sudah lebih dulu meluncurkan perangkat serupa yang diberi nama Snapdragon X50. Bedanya, modem Intel XMM 8160 punya multimped, sementara SNapdragon X50 tidak.

Sekadar informasi, Intel XMM 8160 menjanjikan kecepatan hingga 6 Gbps. Angka yang cukup fantastis dan tercatat 3 kali lipat lebih kencang dibanding modem LTE Intel sebelumnya. Selain itu, modem ini mendukung bandwidth mmWave short range/high, serta 5G NR dari 600 MHz hingga 6 GHz (FDD dan TDD).

Kerennya lagi, Intel XMM 8160 mendukung EN-DC, fitur yang memunkinkan modem terhubung dengan jaringan 4G dan 5G secara simultan. Konektivitas internet melalui jaringan 4G, sementara 5G baru bekerja saat dibutuhkan.

Menurut Intel, teknologi seperti ini disebut Non Stand Alone Connection dan nantinya akan menjadi sangat penting selama masa transisi dari 4G ke 5G. Intel XMM 8160 rencananya baru akan didistribusikan pada pertengahan 2019 mendatang. Produk pertama yang menggunakan modem ini pun diprediksi baru akan meluncur ke pasaran pada tahun 2020.

Verified by MonsterInsights