Vivo V15 Pro: Pertama dengan SD 675. Baca review-nya di sini

11 Tips dan Trik Vivo V11 Pro yang Wajib Anda Ketahui

Anda termasuk pengguna Vivo V11 Pro? Jika iya, maka artikel ini wajib Anda simak dari awal hingga akhir. Alasannya sederhana. Kami menyajikan berbagai tips dan trik yang mungkin belum Anda ketahui dan tentunya bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman Anda dalam menggunakan V11 Pro.

Penasaran apa saja fitur menarik yang disediakan V11 Pro lewat FunTouch OS terbarunya? Yuk, langsung saja simak!

1. Mengaktifkan Always-On Display

Seperti diketahui Vivo V11 Pro adalah smartphone pertama di Indonesia yang menggunakan fitur Screen Touch ID. Agar fitur tersebut dapat bekerja maksimal, Vivo V11 Pro menggunakan layar dengan panel Super AMOLED.

Nah, panel ini tidak hanya menyajikan gambar yang tajam dengan warna menawan, tapi juga memungkinkan Anda untuk menggunakan fitur Always-On Display. Dengan fitur tersebut, layar Anda akan selalu menampilkan informasi penting seperti jam, tanggal, indikator baterai, hingga notifikasi tanpa harus menghidupkannya.

Cara mengaktifkannya: masuk ke Settings -> pilih Lockscreen, home screen dan wallpaper -> lalu pilih Always-On Display. Anda bisa memilih beberapa model jam, background, maupun pilihan informasi yang ingin ditampilkan.

2. Cara pintar menghidupkan dan mematikan layar


Untuk menghidupkan dan mematikan layar Anda tidak harus menggunakan tombol Power. Vivo menyediakan fungsi yang memungkinkan layar langsung hidup saat smartphone diangkat (cocok untuk pengguna Face Access), dan mati hanya dengan mengetuknya dua kali. Cara ini akan bermanfaat bagi pengguna yang sedang sibuk bekerja dan tidak ingin sering mengangkat ponsel dari atas meja.

Cara mengaktifkannya: masuk ke Settings -> pilih Smart Motions -> pilih Smart turn on/off screen.

3. Mengganti gaya navigasi

Secara default Vivo V11 Pro menyajikan sistem navigasi dengan tiga tombol virtual di dalam layar, yakni Recent Apps, Home, dan Back. Anda bisa mengubah posisi masing-masing tombol sesuai dengan keinginan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengganti gaya navigasi dengan sistem gesture.

Cara mengaktifkannya: masuk ke Settings -> pilih System Navigation -> pilih mana yang Anda inginkan.

4. Mengaktifkan Easy Touch

Easy Touch adalah sebuah tombol virtual berbentuk bulat yang berfungsi sebagai shortcut untuk menggapai banyak fitur secara cepat dan mudah. Lewat Easy Touch Anda bisa langsung mengambil screenshot, mengunci layar, dan sebagainya.

Tentunya menu pada Easy Touch pun bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan. Bahkan, ada pula sistem gesture berupa tap dua kali pada tombol Easy Touch yang fungsinya bisa Anda pilih sendiri.

Untuk mengaktifkan Easy Touch, caranya: masuk ke Settings -> pilih More Settings -> pilih Easy Touch.

5. Membuka dua aplikasi di satu layar

Untuk Anda yang gemar multitasking, Vivo V11 Pro memungkinkan untuk menampilkan dua aplikasi dalam satu layar sekaligus. Meski begitu, perlu diketahui. Aplikasi yang bisa digunakan harus mendukung fungsi split-screen (layar terbagi), misalnya Google Play Movies & TV, Chrome, Gmail, YouTube, dan sebagainya.

Cara mengaktifkan fitur ini: masuk ke Settings -> pilih Smart Split -> Manage Screen Splitting. Anda juga bisa mengaktifkan fitur ini dengan slide ke bawah memakai tiga jari sekaligus.

6. Mengganti temperatur warna layar

Tidak semua orang suka dengan warna default dari layar ponselnya, mengingat preferensi tiap pengguna yang berbeda-beda. Ada yang suka warna lebih adem (kebiruan), tapi ada juga yang lebih menyukai warna tampilan yang lebih hangat (kekuningan). Agar tampilan di layar sesuai dengan selera pengguna, Vivo V11 Pro mendukung pengaturan temperatur atau suhu warna pada layar.

Anda bisa mengganti temperatur layar ini dengan cara: masuk ke Settings -> pilih Display & Brightness -> lalu pilih Color Temperature Adjustment.

7. Gunakan Face Beauty saat video call

Ingin selalu terlihat menawan saat sedang melakukan video call? Atau mungkin belum sempat dandan saat harus video call? Solusi yang ditawarkan Vivo di V11 Pro ternyata amat mudah.

Cukup aktifkan fitur Face Beauty bawaan dari Vivo V11 Pro. Dengan begitu Anda bisa tampil lebih percaya diri saat sedang melakukan video call melalui berbagai aplikasi, contohnya WhatsApp.

Cara mengaktifkannya: masuk ke Settings -> pilih More Settings -> Face beauty for video call.

8. Lampu flash menyala saat ada notifikasi penting

Ketika smartphone dalam mode silent, ada kemungkinan Anda melewatkan notifikasi penting yang mungkin harus Anda respon segera. Agar tidak melewatkan notifikasi penting tersebut, Anda bisa memanfaatkan fungsi notifikasi menggunakan lampu flash.

Cara mengaktifkannya: masuk ke Settings -> pilih More Settings -> lalu pilih Flashlight Notifications. Ketika sudah aktif, lampu flash Anda akan berkedip dengan terang saat ada notifikasi penting yang masuk.

9. Mode khusus untuk Anda pengendara motor


Untuk Anda yang selalu beraktivitas menggunakan sepeda motor, Vivo V11 Pro memiliki Motorbike Mode. Ketika diaktifkan, mode akan menolak panggilan masuk dan bisa merespon balik secara otomatis dengan cara mengirim pesan. Sangat berguna agar konsentrasi Anda tidak terganggu di jalan hanya karena ada yang menelpon atau mengirim pesan.

Cara mengaktifkannya: masuk ke Settings -> pilih Motorbike Mode.

10. Menyimpan file rahasia

Sebagian pengguna memiliki file rahasia yang tidak ingin diakses oleh orang lain. Pada Vivo V11 Pro, file rahasia berupa foto, video, dokumen, dan sebagainya bisa tersimpan rapat dan hanya bisa dibuka oleh Anda sendiri menggunakan sidik jari atau sistem keamanan lainnya.

Cara mengaktifkannya: masuk ke Settings -> pilih Security & Privacy -> File Safe Box -> masukkan password sesuai keinginan -> lalu pilih file rahasia yang ingin Anda simpan.

11. Kloning aplikasi

Butuh dua aplikasi messenger dan dua aplikasi media sosial yang sama? Gampang. Anda bisa membuat kloning dari aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, dan sebagainya untuk memudahkan mengelola dua akun sekaligus.

Cara mengaktifkannya: masuk ke Settings -> pilih Dual App Clone -> lalu pilih aplikasi yang Anda inginkan.

Dengan 11 tips dan trik ini, dijamin Anda bisa memaksimalkan penggunaan Vivo V11 Pro dan menjadi smart user. Bagi yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Vivo V11 Pro, bisa mengunjungi tautan berikut.