[Photokina 2018] Zenit M: Kembaran Leica M (Typ 240) dari Rusia

Pabrikan kamera legendaris asal Rusia, Zenit, kembali hadir di dunia fotografi. Bangkit di era digital, Zenit memulai debut perdana kamera digitalnya dengan meluncurkan kamera mirrorless bergaya rangefinder retro yang diberi nama Zenit M.

svg%3E

Gandeng Leica

Satu hal yang menarik dari Zenit M adalah kamera ini merupakan hasil kerjasama Zenit dengan pabrikan Leica.

svg%3E

Zenit M datang dengan spesifikasi yang mengadopsi kamera rangefinder full frame Leica M (Type 240). Untuk memotret kamera ini mengandalkan sensor full frame 24 megapixel. Opsi pengaturan ISO yang tersedia dari ISO 200 hingga ISO 6400 dan mendukung perekaman video di resolusi maksimum Full HD 1080p 25fps. Selain itu, Zenit M juga bisa memotret tanpa henti dengan kecepatan 3fps.

svg%3E

svg%3E

Untuk mempermudah Anda memotret Zenit M membawa layar LCD berukuran 3 inci di bagian belakang bodinya. Layar tersebut juga ditemani oleh jendela bidik yang menawarkan pembesaran hingga 0,68x.

Lensa Zenitar 35mm F/1

svg%3E

Zenit M mengusung mounting lensa Zenitar M-Mount. Menariknya, debut perdana Zenit M langsung ditemani dengan satu lensa jagoan yaitu Zenitar 35mm F/1 yang dirancang dan diproduksi langsung oleh Zenit di Rusia.

Dijual terbatas

Menurut Zenit, Zenit M yang dipasang dengan lensa Zenitar 35mm F/1 akan dijual dalam jumlah terbatas sebanyak 500 unit saja. Jadi tidak perlu heran jika harga jualnya tidak murah. Untuk membawanya pulang Anda harus menyiapkan dana €5,500 atau sekitar 96 juta Rupiah.