Nikon XQD Memory Card: Tawarkan Kecepatan Menulis Hingga 400MB/s

Nikon nampaknya tidak ingin ketinggalan dengan pabrikan kamera Sony. Tidak hanya mengumumkan kamera mirrorless dengan sensor full frame perdananya, Nikon Z7 dan Z6, Nikon juga menghadirkan kartu memori XQD yang merupakan suksesor kartu memori CompactFlash (CF).

svg%3E

Tersedia 2 pilihan kapasitas

Kartu memori XQD perdana dari Nikon tersedia dengan dua pilihan opsi kapasitas yaitu 64GB dan 120GB. Keduanya hanya beda di kapasitas. Kartu memori XQD Nikon ini menawarkan kecepatan baca maksimum yang mencapai 440MB per detik, sementara kecepatan tulisnya mencapai 400MB per detik.

svg%3E

Dengan kemampuannya tersebut, kartu memori ini tentu saja akan sangat mumpuni untuk menyimpan foto atau rekaman video resolusi tinggi yang pada umumnya hadir dengan ukuran file sangat besar.

Debut perdana kartu memori XQD milik Nikon memang khusus dirancang untuk melengkapi ekosistem kamera mirrorless Nikon Z7 dan Z6. Ini karena kedua kamera mirrorless tersebut hanya mendukung kartu memori XQD. Kendati demikian, kartu memori ini tetap bisa dipasang di kamera Nikon lain yang mendukung kartu memori XQD seperti misalnya Nikon D4, D4S, D5, D500 dan D850

Sayangnya, Nikon belum membocorkan lebih lanjut kapan kartu memori XQD ini akan tersedia secara global. Menurut Nikon, Nikon XQD Memory Card akan tersedia lebih dulu di pasaran Jepang bulan September 2018 nanti. Untuk harga jualnya sendiri, modelnya yang kapasitas 64GB akan dijual dengan harga dikisaran US$160, sementara model yang 120GB harganya dipatok sekitar US$262.