Samsung CJG5: Monitor Lengkung Terjangkau Untuk Gaming

Samsung CHG90, QLED gaming monitor Samsung yang hadir dengan panel layar lengkung berukuran 49 inci memang sangat menggoda para gamer. Namun, monitor yang dijual dengan harga sekitar 20 juta Rupiah ini tentu saja hanya bisa dinikmati oleh para gamer yang berkocek tebal dan membuat para gamer dengan budget terbatas gigit jari.

svg%3E

Kabar baiknya, mengambil momen di ajang Gamescom 2018 yang berlangsung di Cologne, Jerman, Samsung mengumumkan monitor gaming Samsung CJG5. Monitor gaming yang juga hadir dengan panel layar lengkung ini dihadirkan sebagai alternatif yang lebih terjangkau dari Samsung CHG90.

Dua pilihan ukuran

Samsung CJG5 tersedia dengan dua pilihan ukuran diantaranya Samsung C32JG5 yang berukuran 32 inci dan Samsung C27JG5 yang ukurannya 27 inci.

Untuk menekan harga jualnya, ada perbedaan yang cukup siginifikan antara Samsung CJG5 dan Samsung CHG90. Ini bisa terlihat di panel layar yang digunakan. Meski sama-sama hadir dengan panel layar lengkung, Samsung CJG5 tidak seperti Samsung CHG90 yang hadir dengan mengusung teknologi panel layar Quantum Dot.

svg%3E

svg%3E

Kedua model Samsung CJG5 hanya mengusung panel layar VA. Kendati demikian, resolusi layarnya cukup tinggi yakni WQHD 2560 x 1440 pixel. Jadi, gamer tetap bisa menikmati gambar dengan kualitas yang lebih tajam.

Selain layar lengkungnya, keunggulan lain yang ditawarkan monitor ini adalah refresh rate yang tinggi mencapai 144Hz. Dengan begitu mata gamer bisa dimanjakan dengan pengalaman visual yang lebih mulus saat bermain game. Untuk mengoptimalkan visual yang tersaji di layarnya, Samsung menyediakan opsi mode Game dan Cinema yang secara otomatis bisa mengoptimalkan tingkat gamma warna hitam, kontras, ketajamaan, dan saturasi warna.

Satu poin yang kurang dari monitor ini, Samsung belum melengkapinya dengan dukungan teknologi Nvidia G-Sync atau AMD FreeSync. Sementara di sektor konektivitas, Samsung CJG5 dilengkapi input DisplayPort dengan 2 port HDMi yang diantaranya HDMI 2.0 dan HDMI 1.4.

Lalu berapa harga jualnya? Samsung CJG5 dijual dengan harga US$329.99 untuk model yang 27 inci dan US$399.99 untuk model yang ukurannya 32 inci.