Lenovo ThinkPad P1: Laptop Workstation Pertama Lenovo yang Paling Tipis dan Ringan

Pada umumnya laptop di kelas workstation hadir dengan bodi yang bongsor dan kurang ideal untuk diajak bermobilitas. Tapi, kini tidak lagi karena Lenovo telah berhasil membuktikan laptop workstation bisa hadir dengan profil bodi yang tipis dan ringan lewat laptop teranyarnya ThinkPad P1.

svg%3E

Laptop workstation Lenovo pertama yang paling tipis dan ringan

Lenovo ThinkPad P1 hadir dengan mengadopsi rancangan bodi yang mengusung material serat karbon seperti ThinkPad X1 Carbon, laptop bisnis paling tipis dan ringan Lenovo.

Seperti ThinkPad X1 Carbon bodinya juga sangat langsing. Bodi ThinkPad P1 setebal 18.4mm dengan bobot hanya 1.7 Kg. Ini menjadikannya laptop workstation pertama Lenovo yang paling tipis dan ringan.

svg%3E

Selain tipis dan ringan, laptop ini juga sangat tangguh. Seperti laptop ThinkPad pada umumnya, rancangan bodi ThinkPad P1 juga telah sesuai dengan standar militer. Lenovo ThinkPad P1 dirancang tahan bantingan dan bisa menjadi teman sejati Anda di beragam kondisi dari cuaca dingin, panas, berdebu, tempat yang sangat lembab, dan kondisi ekstrim lainnya.

Layar 15.6 inci dengan opsi 4K

Lenovo ThinkPad P1 hadir dengan layar IPS berukuran 15.6 inci. Opsi resolusi layarnya ada 2 pilihan diantaranya layar dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixel dan layar 4K 3840 x 2160 dengan opsi layar sentuh.

svg%3E

Khusus untuk layar 4K, layarnya tersebut mendukung cakupan gamut warna Adobe RGB 100% dan warna 10-bit. Jadi akurasi warnanya tidak perlu lagi diragukan sehingga akan cocok untuk pengguna yang bergerak di industri kreatif seperti desainer grafis, fotografer, atau penyunting video kelas profesional.

Performa sangat bertenaga, RAM bisa diupgrade

Sebagai laptop workstation, spesifikasi Lenovo P1 tersedia dengan beragam pilihan konfigurasi. Pilihan prosesor yang tersedia terdiri dari Intel Core i5, Intel Core i7 atau Intel Core i9 generasi kedelapan. Bahkan, Lenovo juga menyediakan opsi dengan prosesor Intel Xeon untuk performa yang lebih bertenaga. Di sektor grafis, tersedia pilihan dengan opsi Intel UHD Graphics 620 hingga menggunakan kartu grafis Nvidia Quadro P1000 atau P2000.

svg%3E

Satu keunggulan dari Lenovo ThinkPad P1 ada di sektor RAM. Pada umumnya laptop di kategori tipis dan ringan menggunakan RAM onboard yang tidak bisa diupgrade. Tapi, di ThinkPad P1 Anda bisa melakukan upgrade RAM dengan konfigurasi maksimum 64GB DDR4. Sementara ruang penyimpanannya tersedia PCIe SSD dengan RAID 0/RAID 1 dengan pilihan kapasitas hingga 4TB.

Untuk konektivitasnya, meski bodi ThinkPad P1 sangat langsing laptop ini masih sanggup memuat slot pembaca kartu memori SD 4-in-1, 2 USB Type-C Thunderbolt 3, 2 USB 3.1 Gen 1 Type-C, HDMI 2.0, mini Gigabit Ethernet, audio jack dan smart card reader. Fitur lain, Lenovo ThinkPad P1 juga dilengkapi webcam 720p atau webcam 720p dengan IR yang mendukung Windows Hello.

Lenovo ThinkPad P1 akan mulai tersedia di pasaran mulai akhir Agustus 2018 dengan harga jual mulai dari US$1949.

[table] Spesifikasi; Lenovo ThinkPad P1
Prosesor; Intel Core i5 / Intel Core i7 / Intel Core i9 8th gen, Intel Xeon
Grafis; Intel UHD Graphics 620 / Nvidia Quadro P1000 / Nvidia Quadro P2000
Layar; IPS 15.6 inci Full HD / IPS 15.6 inci 4K, fitur sentuhan opsional
RAM; bisa diupgrade hingga 64GB
Kapasitas; 4TB PCIe SSD RAID 0/RAID
Konektivitas; slot pembaca kartu memori SD 4-in-1, Thunderbolt 3, USB-A, HDMI 2.0, mini Gigabit Ethernet, audio jack, smart card reader
Sistem operasi; Windows 10 Pro for Workstations hanya untuk model dengan Intel Xeon, Windows 10 Pro, Ubuntu Linux (pre-load), Redhat Linux (certified)
Dimensi; 18.4 mm x 361.8 mm x 245.7 mm
Bobot; 1.7 kg
[/table]

Verified by MonsterInsights