Quantcast
Aksesoris KomputerKomputerNews

Google Luncurkan Titan Security Key, Kunci Fisik Untuk Membuka Akun Gmail

Pengamanan Ekstra untuk Akun Gmail

Keamanan data merupakan hal yang serius di ranah internet. Meskipun beberapa kalangan merasa pencurian data pribadi di internet bukan hal serius, tetapi tidak demikian untuk korban yang pekerjaannya memiliki data sensitif. Terutama untuk data yang ada di dalam email, karena terkadang ada data rahasia yang dikirim melalui surel tersebut.

Beragam cara digunakan oleh provider email ternama dari Google, Google Mail atau Gmail, untuk melindungi penggunanya dari pencurian data melalui pembobolan password email. Salah satunya adalah menggunakan verifikasi dua lapis melalui kode di smartphone, dan secara fisik melalui kunci elektronik.

Google Titan Key 001

Mungkin kamu tidak terlalu akrab dengan penggunaan kunci elektronik untuk membuka GMail tersebut. Namun untuk pengguna yang sangat ketat dalam pengamanan data di email, menggunakannya adalah keharusan. Sebelumnya Google menyerahkan pembuatan kunci tersebut kepada pihak ketiga. Namun, kali ini Google membuat sendiri kunci tersebut.

Dinamakan Titan Security Key, kunci fisik tersebut akan mulai ditawarkan pada pengguna layanan bisnis Google cloud. Untuk membelinya, pengguna hanya perlu mendatangi Google Web Store dan memesannya untuk dikirim. Ketersediaan kunci ini sendiri baru bisa ditemui pada bulan depan.

Untuk membentengi keamanan melalui kunci ini, pengguna dapat menggunakannya untuk melakukan otentikasi login melalui Bluetooth dan USB. Itu sebabnya ada dua kunci untuk dua metode koneksi, satu untuk perangkat mobile seperti smartphone melalui Bluetooth. Satu lagi menggunakan koneksi USB yang disambungkan kepada laptop atau komputer.

Pihak Google mengatakan Titan Key memiliki firmware spesial yang dikembangkan langsung oleh Google untuk verifikasi otentitasnya. Dibangun dengan menggunakan spesifikasi FIDO, sistem otentikasi tersebut diterima pula oleh banyak aplikasi dan browser. Itu sebabnya kunci ini juga bisa digunakan untuk masuk ke dalam layanan selain Google.

Google sendiri sudah menguji keamanan kunci ini selama lebih dari setahun. Sebelumnya kunci ini digunakan oleh karyawan Google untuk login ke dalam akun mereka, sebagai kebijakan keamanan yang mengatakan mereka harus menggunakan kunci fisik untuk menggunakan komputer. Kemampuannya terbukti dengan pengumuman yang dirilis oleh Google, mengenai tidak adanya serangan ke Google yang berhasil mengambil akun semenjak kebijakan ini diterapkan mulai dari awal 2017.

Back to top button