Action CameraFoto & VideoNews

Inilah Kelebihan dan Kekurangan GoPro Hero6 Black

Kamera aksi GoPro Hero6 Black bisa dibilang adalah kamera aksi paling canggih dari GoPro. Kamera aksi mungil ini menyediakan beragam fitur canggih yang semakin mumpuni untuk menghasilkan foto dan video berkualitas jempolan.

Jika Anda sedang berminat untuk meminang GoPro Hero6, simak dulu ulasan kelebih dan kekurangannya di artikel berikut.

Yang Canggih:

1. Bisa menyelam tanpa perlu casing tambahan
Sejak GoPro Hero5 diperkenalkan, GoPro mulai memutuskan kamera aksinya kini tidak perlu lagi menggunakan casing tambahan untuk menyelam ke dalam air. Ini sangatlah penting karena desain bodinya yang mungil bisa tetap terjaga.

Mengadopsi desain bodi yang mirip GoPro Hero5, GoPro Hero6 bisa langsung masuk ke dalam air tanpa perlu casing pelindung. Anda bisa mengajaknya menyelam hingga kedalaman 10 meter.

2. Layar sentuh dengan antarmuka yang sangat mudah digunakan
Keunggulan GoPro Hero6 yang lain adalah hadirnya layar sentuh berukuran 2 inci di belakang bodinya.

Berkat hadirnya layar sentuh ini Anda bisa langsung menggunakannya untuk merekam video atau mengambil foto tanpa perlu lagi terhubung ke smartphone. Respon layarnya dengan sentuhan jari juga sangat baik. Selain itu, antar muka GoPro Hero6 juga sangat sederhana dan mudah untuk digunakan. Sekalipun untuk pengguna awam.

3. Hasil Foto dan Video yang sangat memuaskan
GoPro Hero6 bisa digunakan untuk mengambil foto di resolusi 12 megapixel dan merekam video hingga resolusi 4K. Walau sangat mungil, GoPro Hero6 mampu menghasilkan foto dan video dengan kualitas yang sangat baik.

Patut diakui hasil foto dan videonya di atas rata-rata kamera aksi yang ada di pasaran saat ini. Hasil fotonya sebagai berikut.
GOPR3909

GOPR3905

4. Bisa rekam video gerakan lambat
Merekam video gerakan lambat kini tidak perlu lagi menggunakan kamera mirrorless atau DSLR. Pasalnya, dengan tambahan chip GP1 yang diusungnya GoPro Hero6 bisa merekam video gerakan lambat hingga 120fps di resolusi 1440p dan 240fps di resolusi Full HD.

GoPro Hero6 juga menyediakan opsi ProTune yang memungkinkan pengguna untuk mengatur beberapa pengaturan kamera seperti white balance, profil warna, ISO, exposure dan tingkat ketajaman secara manual.

5. Fitur penstabil yang sangat impresif
Satu fitur yang patut diacungi jempol dari GoPro Hero6 Black adalah fitur penstabilnya yang sangat impresif. Menurut kami, GoPro Hero6 Black satu-satunya kamera aksi yang sangat mumpuni digunakan tanpa menggunakan gimbal.

Fitur penstabil elektronik 3-axis image correction yang diusungnya terbukti sangat efektif untuk mengurangi efek guncangan tangan saat bergerak dan bisa menjaga hasil rekaman video tetap mulus.

6. Didukung aplikasi Quik untuk penyuntingan video yang lebih cepat
Proses penyuntingan video biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak banyak orang yang paham bagaimana cara menyunting video.

Untuk itulah GoPro menghadirkan aplikasi Quik sebagai pelengkap kamera GoPro. Berkat aplikasi ini, semua hasil video yang sudah dipindahkan ke smartphone bisa langsung disunting dengan sangat mudah dan hasilnya juga bisa dibagikan langsung ke jejaring sosial.

Yang Kurang:

1. Kendali suara agak kurang berguna
Seperti GoPro Hero5, di GoPro Hero6 Black juga masih bisa dijumpai fitur kendali lewat perintah suara.

Sayangnya, meski dihadirkan untuk mempermudah pengoperasiannya namun pada prakteknya fitur ini cukup jarang untuk digunakan. Ini karena fitur kendali lewat perintah suaranya membutuhkan artikulasi yang pas sehingga kamera bisa mengenali perintah yang terucap.

2. Baterai relatif cepat habis
Satu kekurangan GoPro Hero6 Black yang kedua adalah kecanggihannya tidak diimbangi dengan baterai yang tahan lama. Apalagi jika perekaman video terus menerus dilakukan di resolusi 4K atau merekam adegan gerakan lambat. Jadi, Anda wajib memiliki baterai cadangan atau bisa isi ulang baterainya kembali dengan menggunakan powerbank di saat darurat.

3. Harga relatif mahal

GoPro Hero6 Black dibanderol dengan harga yang relatif tinggi. Untuk membawa pulang kamera aksi ini Anda wajib menyiapkan dana sekitar 6 juta Rupiah.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari GoPro Hero6 Black. Semoga artikel ini bisa membantu Anda mengambil keputusan sebelum membelinya.

One Comment

Beri komentar

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: