SD Express: Standar Baru Kartu Memori yang Revolusioner dengan Kapasitas Mencapai 128TB

Ukuran file konten digital resolusi tinggi seperti video, foto atau file musik semakin hari semakin besar. Untuk itulah SD Association selaku badan yang menentukan standar kartu memori mengumumkan standar baru kartu memori yang sangat revolusioner yaitu SD Express.

svg%3E

Kinerja yang jauh lebih cepat

Mengusung teknologi PCI Express dan NVMe, SD Express menawarkan kinerja pemindahan data yang luar biasa cepat. Kartu memori format baru ini mampu memindahkan data dengan kecepatan maksimum 985 MB/detik atau 1,58 kali lebih cepat dibandingkan kartu memori UHS-III yang bisa memindahkan data dengan kecepatan maksimum 624 MB/detik

Dengan kemampuannya tersebut untuk kebutuhan pengambilan foto atau video tentu saja akan sangat membantu. Kartu memori SD Express nantinya akan sangat ideal untuk perekaman video hingga resolusi 8K, video atau foto 360, pengambilan foto tanpa henti dengan format RAW atau bahkan mengambil video dengan gerakan yang sangat lambat.

svg%3E

Kapasitas semakin besar

Selain menawarkan kinerja pemindahan data yang sangat cepat, kapasitas maksimum kartu memori SD Express juga sangat impresif. SD Express bisa hadir dengan kapasitas hingga 128TB. Kapasitasnya tersebut meningkat 64x lipat dibandingkan standar kapasitas maksimum kartu memori SD saat ini yang hanya sebesar 2TB.

svg%3E

Dikatakan SD Association, inovasi pada SD Express ini menjadi salah satu komitmen mereka untuk standar spesifikasi dari teknologi kartu memori SD 7.0. Sayangnya, belum ada bocoran lebih lanjut kapan kartu memori dengan standar SD Express ini akan tersedia di pasaran. Walau begitu SD Association memastikan sebagai langkah awal SD Express akan tersedia dalam varian kartu memori SDXC (SD eXtended Capacity), SDHC (SD High Capacity) dan yang terbaru SDUC (SD Ultra Capacity).