Tantang Youtube, Instagram Hadirkan IGTV

Beberapa waktu lalu santer terdengar rumor Instagram akan memungkinkan penggunanya untuk mengunggah video dengan durasi yang lebih lama. Dan, rumor tersebut terbukti benar dengan meluncurnya layanan baru dari Instagram yang diberi nama IGTV.

svg%3E

Tantang Youtube

Menurut Instagram, IGTV diluncurkan untuk bersaing dengan Youtube yang saat ini merajai layanan konten video yang berbasis pengguna.

Tapi, IGTV mengadopsi strategi yang berbeda. IGTV fokus untuk pengguna smartphone yang artinya semua video yang ada di IGTV mengusung format vertikal atau portrait. Mirip seperti Insta Stories tapi video yang diunggah ke IGTV tidak akan bersifat sementara.

svg%3E

svg%3E

Semua video yang diunggah ke IGTV bersifat permanen. Kendati demikian, pengguna hanya dimungkinkan mengunggah video dengan durasi maksimal hingga 1 jam.

Mudah digunakan

IGTV juga diklaim sangat mudah digunakan. Secara otomatis IGTV akan langsung memutar video saat Anda membuka aplikasinya. Artinya, Anda tidak perlu direpotkan untuk melakukan pencarian. IGTV secara otomatis akan memutar video dari kreator yang Anda sukai atau pengguna lain yang Anda ikuti di aplikasi Instagram. Fitur lainnya sama seperti Instagram, IGTV juga telah didukung dengan fitur Like, komen dan kirim video ke teman.

svg%3E

IGTV akan hadir dengan aplikasi sendiri yang akan tersedia untuk iOS dan Android. Walau begitu, layanan IGTV tetap akan muncul di aplikasi Instagram dan pengguna juga dimungkinkan untuk unggah video dari aplikasi IGTV ke Instagram.

Kabar baiknya, di awal kemunculannya IGTV bisa dinikmati tanpa iklan. Namun, tidak menutup kemungkinan kedepannya Instagram tetap akan memasang strategi untuk memonetasi layanan ini.