Quantcast
KomputerLaptop GamingNews

MSI GF63, Laptop Gaming Entry-Level Dengan Intel Gen-8 & GTX 1050 Di Bawah $1000

MSI merupakan produsen laptop gaming terkemuka di kelas gaming, yang bisa dilihat dengan begitu banyak jajaran produknya menargetkan gaming kelas atas. Kali ini, MSI memperkenalkan laptop gaming barunya yang justru merangkul gamer entry-level dengan nama MSI GF63. Bukan hanya itu saja, laptop gaming ini juga memiliki harga yang berkawan dengan gamer yang baru mulai serius.

001 4
MSI GF63, laptop gaming untuk gamer dengan budget di bawah $1000.

Desain Eksternalnya Mirip Laptop Gaming Kelas Atas

Walaupun MSI GF63 ditujukan untuk gamer kelas entry-level, tetapi tampaknya desain luarnya tidak main-main. Pada bagian luar laptop tersebut, bisa ditemui permukaan alumunium berwarna hitam dengan logo MSI berwarna merah di punggung laptop. Bentuk visual yang terkesan mahal tersebut tentunya akan membuat penggunanya tidak malu untuk membawanya ke mana saja.

Pada bagian keyboardnya, bisa pula ditemui pencahayaan yang meneranginya. Namun tentu saja warnanya tidak premium seperti laptop kelas atas. Kamu hanya bisa menemukan sau warna saja di sana, yaitu merah. Sedangkan keyboardnya sendiri berasal dari seri Steelseries yang merupakan kelas keyboard gaming dan enak digunakan. Selama enak dan nyaman digunakan, rasanya pencahayaan keyboard tersebut tidak perlu menjadi masalah.

Layarnya Dihiasi Bezel Tipis

Menariknya, MSI GF63 memiliki satu feature visual yang biasanya menghiasi laptop yang ditujukan untuk pengguna profesional muda. Pada bagian tepian layarnya, atau bezelnya, ukurannya tergolong tipis dan membuat laptop ini secara keseluruhan terlihat trendy. Ukuran bezelnya sendiri adalah 4.9mm yang harus diakui cukup tipis dan membuat layarnya lebih besar.

002 2
Bagian bawahnya dihias futuristik.

Untuk ukuran layarnya, kamu bisa menemukan layar 15.6 inci FHD dengan resolusi 1920 x 1080 IPS Level. Menurut kami, bila melihat harganya sepertinya layar yang digunakan di MSI GF63 cukup tepat. Tentu saja kamu tidak bisa mengharapkan layar QHD dan 4K di laptop dengan kelas di bawah $1000.

Ukuran keseluruhan dari MSI GF63 sendiri adalah 359 x 254 x 21.7 mm. Ketebalan yang hanya 21.7mm untuk ukuran laptop gaming entry-level sudah tergolong mewah. Apalagi dengan beratnya yang hanya 1.86Kg membuat laptop gaming ini mudah dibawa ke mana saja dan membuatmu siap untuk main bersama di rumah teman.

Kekuatan Gaming MSI GF63

Penggunaan prosesor Intel i7 Generasi kedelapan di dalam MSI GF63 sebenarnya cukup mengejutkan. Sebab, prosesor tersebut sudah cukup kuat untuk menjalankan game kelas menengah ke atas, termasuk game AAA. Sayangnya, MSI tidak memberikan secara pasti prosesor i7 apa yang digunakan pada laptop gaming ini.

Sedangkan untuk graphics card yang digunakan, kamu bisa menemukan adanya opsi untuk menggunakan NVIDIA GeForce GTX 1050 dan NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti yang memiliki VRAM 4GB DDR5. Game terbaru bisa dimainkan pada setting Medium hingga High pada resolusi 1080p dengan bantuan GPU tersebut. Laptop ini juga menyediakan chipset Intel® HM370 sebagai chip grafik discreet. Akan tetapi, bila kamu sudah bisa langsung menggunakan GTX 1050, rasanya sudah tidak ada gunanya lagi menggunakan chip discreet tersebut untuk menjalankan aplikasi berbasis grafis.

Untuk mendukung kelancaran loading gamenya, MSI GF63 dilengkapi oleh opsi memory hingga 32 GB. Bila kamu tidak ingin terganggu ketika bermain game, terutama game terbaru, maka menggunakan RAM yang besar adalah keharusan. Meskipun menggunakan 8 GB sudah cukup memadai, tetapi beberapa game AAA sudah tidak bisa lagi dijalankan dengan ukuran itu.

Ukuran storage yang bisa digunakan pada MSI GF63 terlihat cukup memadai. Kamu bisa menggunakan satu SSD NVMe PCIe Gen3 / SATA dan satu HDD SATA. Adanya SSD di dalam laptop ini tentunya akan sangat membantu ketika bermain game. Karena sudah terbukti bahwa adanya SSD dan game yang terpasang di dalamnya akan mempercepat waktu loading ketika bermain. Apalagi game terbaru saat ini semakin sadis saja ukurannya, dan itu pastinya akan sangat memengaruhi waktu loading bila hanya mengandalkan HDD.

Fitur Tambahan Lain

Sebagai laptop gaming, MSI GF63 tentunya harus memiliki sistem suara yang bagus. Untuk itu, laptop gaming ini dilengkapi dengan Audio Boost supaya detail suara bisa ditingkatkan hingga 30% dengan bantuan Audio Power Amplifier dan audio jack yang dilapisi emas. Kamu juga bisa mengatur sendiri beberapa opsi suara melalui Nahimic 3. Sistem tersebut membantumu untuk mengkalibrasi audio, mengatur frekuensi, virtual surround, menajamkan suara, dan mengubah suara.

MSI GF63 juga dilengkapi dengan Dragon Center 2.0, yang dapat digunakan untuk memonitor dan mengoptimalisasi beragam pengaturan sistem laptop. Beragam indikator dapat ditemui di sini, seperti melihat kondisi kerja CPU dan GPU, membersihkan memory dari aplikasi yang tidak digunakan, bahkan sampai ada mode gaming yang khusus untuk meningkatkan kinerja ketika main game.

Untuk baterainya sendiri, MSI GF63 dijanjikan mampu digunakan hingga 7 jam. Akan tetapi, rasanya akan sangat sulit untuk bisa mencapai waktu tersebut bila digunakan untuk main game. Oleh sebab itu, ketika bermain game jarang sekali laptop gaming yang tidak dihubungkan ke colokan listrik dan hanya bergantung pada baterai semata.

Port yang bisa ditemui pada MSI GF63 sendiri terasa cukup lengkap. Kamu bisa menemukan adanya 1x Type-C USB3.1 Gen1, 3x Type-A USB3.1 Gen1, 1x RJ45, 1x (4K @ 30Hz) HDMI, 1x Mic-in, dan 1x Headphone-out Audio Jack. Begitu banyaknya slot untuk USB 3.1, ditambah adanya USB Type-C, tentu akan sangat membantu ketika ingin memindahkan data berukuran besar, misalnya file back-up game dari dan ke laptop.

Harganya Cukup Terjangkau

Untuk ukuran laptop gaming yang dilengkapi oleh Intel i7 Gen-8 dan NVIDIA GTX 1050, harga yang ditawarkan oleh MSI cukup menggiurkan. Laptop gaming MSI GF63 dibandrol mulai dari $999 atau sekitar 14 jutaan. Harga tersebut bisa dikatakan masuk ke dalam kelas menengah dan entry-level untuk gaming. Bila kamu ingin mencari laptop gaming yang mudah dibawa dan menggunakan GTX 1050, tampaknya laptop gaming ini bisa menjadi pertimbanganmu.

[table]

Spesifikasi; MSI GF63
CPU;Up to 8th Gen. Intel® Core™ i7 Processor CPU, Up to 8th Gen
OS;Windows 10 Home OS
STORAGE;1x M.2 SSD Combo slot (NVMe PCIe Gen3 / SATA), 1x 2.5″ SATA HDD
COMMUNICATION;LAN, Wireless LAN, Bluetooth
AC ADAPTER;120W adapter
Dimensi;359 x 254 x 21.7 mm
DISPLAY;15.6 inci FHD 1920 x 1080, IPS-Level Display
CHIPSET;Intel® HM370 Chipset
GRAPHICS;GeForce® GTX 1050 with 4GB GDDR5, GeForce® GTX 1050Ti with Max-Q Design 4GB GDDR5
MEMORY;DDR4-2400, DDR4-2666. Memory Type 2 Slots DIMM. Max 32GB
WEBCAM;HD type (30fps@720p)
KEYBOARD;Backlight Keyboard (Single-Color, Red)
Berat dengan baterai;1.86 kg
AUDIO;2x 2W Speaker
Baterai;3-Cell Battery (Cell), Li-Polymer (Type), 51 (Whr)
Port;1x Mic-in, 1x Headphone-out Audio Jack, 1x Type-C USB3.1 Gen1, 3x Type-A USB3.1 Gen1, 1x RJ45, 1x (4K @ 30Hz) HDMI

[/table]
Back to top button