AsteroidOS: Sistem Operasi Terbuka untuk Jam Tangan Pintar

Belakangan ini banyak kabar menarik mewarnai dunia jam tangan pintar atau smartwatch. Seperti misalnya kabar resmi ditutupnya Pebble, pabrikan Fitbit yang dulunya fokus di gelang kebugaran kini mulai fokus mengembangkan jam tangan pintar, dan Google yang akhirnya resmi mengganti nama sistem operasi untuk jam tangan pintarnya, Android Wear, menjadi Wear OS.

svg%3E

Hingga saat ini Wear OS memang masih mendominasi sebagai sistem operasi jam tangan pintar. Namun, kabar terbaru sebuah tim developer berhasil mengembangkan sistem operasi alternatif yang bisa untuk menggantikan Wear OS. Sistem operasi tersebut diberi nama AsteroidOS.

Dirancang terbuka, berbasis pada sistem operasi Linux

AsteroidOS adalah sistem operasi yang dikembangkan dari sistem operasi Linux. Sistem operasi ini dirancang dengan mengedepankan antar muka yang mudah dinavigasikan dengan sentuhan, serta dilengkapi sederetan fitur dan fungsi yang umum dijumpai di jam tangan pintar.

Fitur yang ditawarkan AsteroidOS mencakup notifikasi untuk smartphone, info cuaca, kalender/agenda, alarm/timer/stopwatch, kendali musik, watchface, dan pengaturan. Kedepannya, AsteroidOS juga direncanakan akan mendapat fungsi tambahan yang diantaranya mendukung tampilan always on, grup notifikasi, dan sikronisasi kalender.

svg%3E

Satu hal yang menarik dari AsteroidOS adalah sistem operasi ini dirancang terbuka atau open source. SDK AsteroidOS pun telah dirilis. Dengan demikian pengembang pihak ketiga bisa mengembangkan aplikasi untuk melengkapi AsteroidOS.

Sudah stabil dan siap untuk dicoba

AsteroidOS saat ini tidak lagi dalam tahap beta. Pengembang aplikasi ini telah meluncurkan versi stabilnya yang diklaim sudah sangat minim bug yakni AsteroidOS v1.0.

Jika penasaran ingin mencobanya, AsteroidOS v1.0 bisa dicoba di jam tangan pintar berbasis Wear OS. Beberapa jam tangan pintar yang kompatibel diantaranya Asus Zenwatch 1,2 dan 3, LG G Watch, LG G Watch R, LG G Watch Urbane, dan Sony Smartwatch 3.

Untuk mendapatkan AsteroidOS dan cara install ke jam tangan pintar Anda selengkapnya bisa di lihat di situs asteroidos.org.

Verified by MonsterInsights