Acara LokalLiputanNews

Salon Foto Indonesia 39 – Jakarta 2018, Ajang Kompetisi Fotografi Berhadiah Wisata Foto Ke Ethiopia

Menjadi yang terbaik adalah hasrat manusia yang membuatnya kompetitif dan maju, baik dalam pekerjaan maupun hobinya. Apalagi untuk fotografer, dengan kemampuannya menangkap keindahan dan momen, memberikan hasil foto yang terbaik merupakan keharusan. Bagi fotografer dengan jiwa kompetitif, Federasi Perkumpulan Senifoto Indonesia (FPSI) kembali menyelenggarakan Salon Foto Indonesia 39 – Jakarta 2018, yang dilaksanakan oleh Jakarta Photo Club (JPC). JPC sendiri merupakan klub fotografi terbesar di Jakarta, berusia 13 tahun dan sampai saat ini masih terus aktif serta bertemu rutin di Gedung Datascript, yang bertempat di bilangan Kemayoran Jakarta.

FPSI kembali menyelenggarakan lomba fotografi tahunan yang ke 39.

Salon Foto Indonesia Sebagai Indikator Kualitas Fotografer

Setiap tahunnya, Salon Foto Indonesia selalu menjadi ajang pembuktian kemampuan fotografer. Melalui penjurian yang ketat oleh ahli fotografi yang kompeten, hasil foto para peserta akan diperlihatkan pada pameran, yang pada tahun ini bertempat di FX Mall Senayan, Jakarta. Setelah foto berhasil lolos ke dalam penilaian, Salon Foto Indonesia akan memberikan apresiasi berupa medali emas, perak, dan perunggu beserta beragam hadiah lain.

Tidak tanggung-tanggung, Salon Foto Indonesia didukung oleh banyak sponsor, dan sebagai sponsor utamanya adalah PT FUJIFILM Indonesia. Sponsor lain yang mendukung terselenggaranya acara ini adalah Kementrian Pariwisata, Indonesia Trip Advisor, fX Sudirman, Radio SONORA 92.0 FM, JNE – Paxel, Candranaya – Modernland, Focus Nusantara, Indoprima, APFI – JSP, dan KOMPAS.

Semua Kalangan Bisa Mengikuti

Melalui konfrensi pers yang dilaksanakan pada Rabu 9 Mei 2018 di fX Mall Jakarta, pihak penyelenggara Salon Foto Indonesia menegaskan bahwa acara ini untuk semua orang, terutama kaum muda. Itu sebabnya persyaratan untuk mengikuti acara ini adalah semua warga negara Indonesia (WNI) yang berdomisili baik di dalam maupun luar Indonesia. Warga negara asing yang memiliki KIMS juga diberbolehkan untuk mengikuti acara ini.

Daftarkan dirimu secara online di www.sfi39.com dan upload hasil foto terbaikmu.

Untuk mendaftarkan diri, kamu cukup masuk ke halaman web resminya di www.sfi39.com. Pengumpulan foto dimulai dari 1 Mei 2018 hingga 30 Juni 2018. Sedangkan masa penjurian akan dimulai dari 13 Juli hingga 15 Juli 2018. Sedangkan untuk pengumuman pemenangnya, akan dilaksanakan pada 2 September 2018. Untuk melihat pameran foto pemenang Salon Foto Indonesia – Jakarta 2018, kamu bisa mengunjungi fX Mall Sudirman pada 5 Oktober hingga 7 Oktober 2018.

Pada tahun ini, kategori perlombaan yang bisa kamu ikuti terbagi menjadi empat, yaitu:
1. Cetak Monokrom
Peserta diminta untuk memberikan hasil cetak foto monokrom, atau perpaduan antara putih dengan warna gelap. Perpaduannya bukan hanya terbatas pada warna gelap hitam saja, melainkan warna lain juga. Kategori ini diperbolehkan untuk menggeser, menambah, atau mengurangi elemen foto aslinya.

2. Cetak Warna
Hampir sama dengan Cetak Monokrom. Bedanya, foto di kategori ini adalah warna. Sama seperti Cetak Monokrom, kamu diperbolehkan untuk menggeser, menambah, atau mengurangi elemen dari foto aslinya.

3. Softcopy Travel
Foto yang ada di dalam kategori ini harus mengekspresikan waktu, tempat, dan budaya obyek foto dalam keadaan alaminya. Pada kategori ini tidak diperbolehkan untuk menggeser, menambah, atau mengurangi elemen dari foto aslinya, kecuali cropping. Koreksi warnanya harus terlihat natural, serta pada kategori ini foto monokrom dapat diterima, kecuali foto infrared.

4. Softcopy Digital Creative
Kategori ini untuk fotografer yang suka berkreasi dengan fotonya. Jadi kamu boleh menggabungkan beragam foto yang kamu miliki menjadi foto baru secara digital. Namun, kamu harus memotret sendiri semua sumber penggabungannya. Foto yang menjadi sumber tidak boleh berasal dari fotostock atau kreasi orang lain, juga nantinya sumber foto itu akan dibuktikan data exifnya.

Hadiah Untuk Pemenang Salon Foto Indonesia 39 – Jakarta 2018

Pemenang nantinya akan dibagi berdasarkan kategorinya, dan setiap kategori akan memiliki 1 pemenang medali emas, 2 pemenang medali perak, 5 pemenang medali perunggu, 10 piagam penghargaan, dan 1 medali emas untuk pasangan terbaik (Best Set). Untuk pemenang medali emas di setiap kategori, mereka akan mendapatkan hadiah tambahan dari sponsor utama berupa 1 unit kamera Mirrorless FUJIFILM XA-3 Kit.

Galeri Pemenang Medali Emas SFI 38 Solo:

Memenangkan Salon Foto Indonesia tidak harus menjadi peraih medali emas di satu kategori. Kamu juga bisa mengumpulkan nilai kumulatif dengan jumlah tertinggi. Setiap kategori diperbolehkan untuk mengirimkan foto hingga 3 buah, dan foto yang lolos seleksi untuk dinilai akan langsung mendapatkan nilai 1 point. Bila kamu mengirimkan 16 foto untuk semua kategori dan 5 di antaranya masuk seleksi, maka otomatis kamu akan langsung dapat 5 point, plus point tambahan bila kamu menjadi peraih medali.

Galeri Pemenang Medali Perak SFI 38 Solo:

Peserta dengan nilai kumulatif terbanyak akan mendapatkan penghargaan Adam Malik Memorial Award, dengan hadiah berupa 1 unit kamera Mirrorless FUJIFILM XA-3 Kit ditambah perjalanan trip fotografi “Ethiopia Expedition: Journey to The Land of Origin” dari sponsor Indonesia Trip Advisor (ITA). Hadiah ini juga sebagai perayaan dimulainya rute penerbangan ke Ethiopia dari Indonesia.

Galeri Pemenang Adam Malik Memorial Award SFI 38 Solo:

Selain semua hadiah tersebut, kamu juga bisa menemukan hadiah piala FPSI Best Photography Club. Piala tersebut akan diberikan kepada klub fotografi dengan nilai terbesar, yang nilainya berasal dari anggotanya yang berhasil masuk ke babak penilaian serta pemenang. Ada pula penghargaan khusus untuk:

    Cetak Monokrom: Best Street.
    Cetak Warna: Best Macro.
    Softcopy Travel: Best Culture & Best Aerial.

Komentar

Beri komentar

Close